alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ff21610d2951bc038e020/freshgraduate-dan-pengangguran-jangan-ragu-mari-doakan-dan-tagih-janji-pak-jokowi
Halo Agan Sista, pemilu sudah lama berlalu, Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Bahkan, pelantikan beliau tinggal menghitung hari, dijadwalkan pada tanggal 20 Oktober 2019. Sebagai warga negara yang bijak dan cerdas, sembari mendoakan yang baik-baik untuk negeri ini, dan juga Pak Jokowi serta Pak Ma'ruf Amin, tentu
Lapor Hansip
11-10-2019 10:08

Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi

Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi

Halo Agan Sista, pemilu sudah lama berlalu, Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Bahkan, pelantikan beliau tinggal menghitung hari, dijadwalkan pada tanggal 20 Oktober 2019.

Sebagai warga negara yang bijak dan cerdas, sembari mendoakan yang baik-baik untuk negeri ini, dan juga Pak Jokowi serta Pak Ma'ruf Amin, tentu kita harus menolak lupa atas beberapa janji yang beliau utarakan pada saat kampanye pemilihan presiden waktu lalu, khususnya 'program terobosan' demi mengurangi problema pengangguran di Indonesia, yakni Kartu Pra Kerja.

Bukan Gaji Pengangguran! Ini Tujuan Program Kartu Pra Kerja

Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi

Program Kartu Pra Kerja bisa dibilang adalah program Pak Jokowi yang paling seksi, ketika beliau mencetuskannya pada saat kampanye pemilihan calon presiden. Semua mata, telinga dan mulut tertuju pada program tersebut. Rentetan pujian, kritik, dukungan dan hujatan dituai oleh program tersebut.

Tidak sedikit yang bilang itu program gila! Bagaimana tidak, ketika Indonesia sedang mengalami defisit terus menerus dari berbagai BUMN, dan honorer (khususnya guru) yang bekerja keras mendidik belum digaji dengan manusiawi, pengangguran justru akan digaji?

Namun, juga tidak sedikit yang mendukung program tersebut. Harapannya adalah dengan adanya program tersebut, para pencari kerja, korban PHK, dan freshgraduate mendapatkan fasilitas dan akomodasi dari negara untuk mendapatkan pekerjaan, melalui insentif dan juga pelatihan. Sederhananya, dari rakyat untuk rakyat, 'kan?

Mengetahui bahwa fokus masyarakat Indonesia (a.k.a Netijen) sedikit salah kaprah, Bpk Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Muhammaf Hanif Dhakiri mengatakan, 

Quote:"Insentif jangan ditulis gaji, nanti niat baik salah. Ini untuk memastikan agar angkatan kerja baru lulus SMA atau SMK yange nggak punya skill ketika dapat kartu kerja maka bisa ikut pelatihan vokasi sampai dapat sertifikasi kompetisi dalam waktu tertentu," ujar Hanif di Jakarta, Jumat (16/8/2019).




Lantas, timbul lagi pertanyaan dibenak kita, siapa, berapa banyak dan apa syarat penerima kartu pra kerja ini?  Bpk Menaker menjawab, 


Quote:Rencananya pemerintah akan memberikan Kartu Pra-Kerja kepada 2 juta orang penerima manfaat dengan nilai keseluruhan Rp10,3 triliun. “Pemerintah tidak memilih siapa saja 2 juta penerima itu, tapi hanya menentukan eligibilitasnya saja,” ujarnya.




Berdasarkan berbagai informasi, meski belum dapat dipastikan. Besaran insentif yang akan diberikan kepada para penerima kartu pra kerja, rencananya berkisar antara Rp 300,000 - Rp 500,000 / bulan, insentif ini diharapkan dapat membantu biaya akomodasi para pencari kerja. 

Adapun persyaratan penerima kartu pra kerja, diantaranya adalah tidak sedang mengemban pendidikan formal, sudah lulus SMA/SMK atau lulus perguruan tinggi, dan berusia minimal 18 tahun. Menariknya, tidak ada batas maksimal seseorang untuk mendapatkan kartu pra kerja ini.
Disampaikan oleh Bpk Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Muhammaf Hanif Dhakiri di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, (03/10/2019).



Quote:"Ya bisa saja kalau memang dia merasa masih butuh skill, why not? Lah kalau misalnya dia usianya 60 tahun, Tuhan kasih mati dia usia 90 tahun, 30 tahunnya dia nggak kerja gitu?" tuturnya.







Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi

Kesimpulannya yang TS dapatkan sementara adalah, bahwa atas program kartu pra kerja ini dianggarkan untuk 2 juta penerima, dengan syarat penerima adalah lulusan baru (SMK/SMA/Perguruan Tinggi), sudah berusia 18 tahun, ingin beralih pekerjaan, dan mungkin masih banyak lagi yang belum disebutkan. Tujuan program ini, adalah demi menurunkan angka pengangguran, dengan cara skilling dan upskilling para pencari kerja.

Sebagai warga negara baik yang mampu move on dan sungguh mendukung kemajuan Indonesia, sudah sepatutnya bahwa kita harus mendoakan agar setiap program yang sedang dibuat dan dikerjakan pemerintah adalah yang paling baik demi kebanyakan orang. Meski demikian, mengawal dengan cara mengkritisi program bukanlah hal yang salah. Justru ini sungguh bukti bahwa kita benar-benar peduli, dan tidak pasrah membiarkan "tikus bermain di lahan basah".

Finlandia misalnya, sebagai negara pertama di Eropa yang menjalankan program pemberian gaji kepada pengangguran adalah contoh, bahwa program ini dapat memberikan efek baik demi kemajuan suatu negara, khususnya dalam mengentaskan problema pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat menengah kebawah.

Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi 

Sekian dulu thread TS kali ini, jika ada yang berkenan mengoreksi adanya kekeliruan informasi, atau ingin menambahkan informasi yang paling aktual, TS ucapkan terima kasih

emoticon-terimakasih

Mari bersama-sama kita doakan, supaya program ini dapat bermanfaat dan tepat sasaran!

emoticon-welcome

Sumber foto : Google
Referensi : di sinidi maridi mari dan di mari


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Eto243 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 7
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 19:21
Semoga janji-janji pemilu bisa ditepati.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 19:23
masalahnya mentalitas orang finlandia sama indonesia beda bro
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 19:39
Semoga janji bukanlah hanya sekedar janji, tapi bisa terealisasi jugaemoticon-Angel
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 19:40
semoga terwujud apa yang menjadi program beliau, tapi tentunya butuh waktu
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 19:40
gw pengen daftar ah, btw pendaftarannya belum dibuka ya

nih ada yg mikirnya / ngarep nganggur ongkang2 kaki modal tidur doang tapi dapet duit ga ya ? kalo ada yg mikir begitu gw nitip salam cuman mau bilang "mending mati ajalah sana, ngabisin beras di negara doang" emoticon-Big Grin
Diubah oleh motorage
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 19:43
Tapi ya jangan terus ngejagain janji ini, sebagai fresgrad harus tetep usaha buat nyari kerja hehehe
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 20:28
Sebelum menagih ke Jokowi alangkah baiknya ngaca dulu, kita layak ngga mendapat pekerjaan.
Lowongan pekerjaan segudang, mau bisnis mudah bahkan tanpa modal bisa, mau jadi artis bisa sekarang lg banyak audisi ajang pencarian bakat.

Sekarang jaman & teknologi sudah maju, mencari uang tidak sulit, jangan mau disuapin melulu.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 21:39
Oo gitu yak...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 22:32
Genjot dana APBN
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 22:46
semoga bisa membawa indonesia lebih baik dari sebelumnya
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
12-10-2019 07:13
sasarannya SMA & SMK?
Yakin ini? Ada batas minimal usia? Jadi ragu ini program bisa berjalan.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
12-10-2019 11:25
Kartu pengangguran ini juga pernah jd pemicu keributan. Gara-gara ucapan Pak Jokowi yang pertama dan klarifikasinya berbeda.

Jadi ada baiknya, sebelum beliau bicara di depan publik dirembukkan dulu, atau dipikirkan kembali dampak yang akan ditimbulkan.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
12-10-2019 12:44
Buat D3 ada gak pakdhe????
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
13-10-2019 22:48
Quote:Original Posted By agungdar2494
Selain meratakan perekonomian supaya tidak semakin kapitalis.

dan juga mempercepat koneksi internet.

Boleh tidak, jika TS berharap agar kuota dibuat murah?

#Becanda tapi kalo diseriusin juga gak menolak


Murah kok gan, tp midnight emoticon-Ngakak

Kartu TK pemborosan tidak sih gan?

Quote:Original Posted By agungdar2494
Reserved


Quote:Original Posted By indahmami
Oke, baiklah,,
aku mengerti.
yg terbaik aja..
emoticon-nyantai


Ok siap

Quote:Original Posted By masnukho
terus untuk mendapatkan kartu itu ada daftarnya atau gimana?


Mau agan gimana nihemoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan indahmami memberi reputasi
2 0
2
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
14-10-2019 09:44
Numpang liiwaaatt
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
15-10-2019 10:22
dulu sewaktu masa kampanye banyak yang salah sangka dengan program gaji bagi pengangguran 😅
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
15-10-2019 12:11
Semoga program beliau berjalan lancar. Kalau bisa utamain menggenjot SDM dan ekonomi dulu sih.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
15-10-2019 14:28
Quote:Original Posted By iissuwandi
Numpang liiwaaatt


Asiap emoticon-Goyang

Quote:Original Posted By mbak.far
dulu sewaktu masa kampanye banyak yang salah sangka dengan program gaji bagi pengangguran 😅


Wkwkwk lain kali kita minta penjabaran kampanye lengkap2 supaya gk salah sangka lagi emoticon-Cool

Quote:Original Posted By AdelineNordica
Semoga program beliau berjalan lancar. Kalau bisa utamain menggenjot SDM dan ekonomi dulu sih.


Iya bener banget
0 0
0
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
15-10-2019 18:18
Nagih janji
0 0
0
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
15-10-2019 19:48
Quote:Original Posted By agungdar2494
Reserved


Mampir om..tridnya makin maju nih kayaknya dah ah
profile-picture
profile-picture
istijabah dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.