• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Harapan Ane Tentang Pelantikan Presiden : Saat, Pasca, dan Akhir Periodenya

solehikhsanudin
TS
solehikhsanudin
Harapan Ane Tentang Pelantikan Presiden : Saat, Pasca, dan Akhir Periodenya


Tak terasa, periode pemerintahan Presiden Jokowi untuk periode pertama sudah akan berakhir, gansis.
Dan momentum Pilpres lalu yang kembali menempatkan Pakde Jokowi sebagai pemenang kompetisi, tak terasa pula akan segera ditindaklanjuti dengan prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024 ke depan.
Bagi ane sebagai rakyat jelata ini, setidaknya ada terbersit secercah doa dan pengharapan untuk masa kepemimpinan periode beliau yang kedua mendatang : pada saat pelantikan, pasca pelantikan hingga 5 tahun ke depan, sampai akhir masa pemerintahannya.

SAAT PELANTIKAN : ANE BERHARAP SITUASI YANG AMAN

Spoiler for timesmedia.co.id:


Seperti kita ketahui bersama bahwa kontestasi perhelatan perebutan tampuk kekuasaan di negeri ini pada momentum bulan April yang lalu sungguh menyisakan sekian banyak imbas kontestasi dengan sejumlah efek negatif di belakangnya.
Alhamdulillahnya, proses rekonsiliasi politik lambat laun mulai mencair secara bertahap dengan isu-isu pemecah-belah rakyat yang mulai tersegregasikan, yang kemudian diiringi dengan semakin pahamnya para pembesar di negeri ini akan pentingnya sebuah arti persatuan dan kesatuan bagi keberlangsungan sebuah nation-state bernama Indonesia ke depannya.
Meskipun situasi nasional sempat kembali memanas kemarin dengan menyeruaknya isu revisi UU KPK dan RUU KUHP, namun sejatinya ane dan tentunya seluruh warga bangsa senantiasa optimis sekaligus berharap akan berlangsungnya prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang dalam keadaan yang serba aman.

PASCA PELANTIKAN : ANE BERHARAP INDONESIA SEMAKIN BAIK

Spoiler for Detik:


Periode pertama pemerintahan Pakde kemarin ane kira sudah cukup bagus dalam meletakkan dasar-dasar pembangunan untuk perkembangan Indonesia yang semakin baik secara komprehensif dan berkelanjutan, salah satunya melalui pembangunan sisi infrastruktur yang begitu massifnya yang tidak hanya tersentralistik di kawasan Pulau Jawa semata.
Di periode yang kedua nantinya, ane dan seluruh rakyat Indonesia tentunya berharap kondisi Indonesia akan semakin membaik, dengan mengikutsertakan pembangunan di sisi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk kualitas bonus demografis yang semakin baik pula.
Selain itu, janji-janji Pakde Jokowi dan Mbah Kyai Ma’ruf lainnya yang perlu kita kawal selalu untuk realisasi yang membumi, di antaranya menyangkut sektor investasi (mengingat investasi menjadi salah satu faktor penentu dalam pembangunan nasional), reformasi birokrasi (menuju birokrasi Indonesia yang bersih dengan imbal gaji yang mumpuni), dan penggunaan APBN yang tepat sasaran (hal ini untuk menghindari penyalahgunaan penggelontoran APBN sehingga hasil pembangunan yang terjadi benar-benar dapar dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat).

AKHIR PERIODE : ANE BERHARAP TRANSISI YANG MULUS

Spoiler for otakcerdasblog.blogspot.com:


Tidak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini tidak atau setidaknya belum ada munculnya figur prominen di negara kita yang mampu menyaingi tingkat kepopuleran Presiden Jokowi, dimana pernyataan ini dengan mengenyampingkan popularitas Pak Prabowo yang dalam gelaran Pilpres lalu mampu meraih elektabilitas di atas angka perolehan 40 persen.
Dengan akan berakhirnya kepemimpinan Pakde Jokowi pada tahun 2024 nanti dan sikap Pak Prabowo yang tidak akan kembali mengajukan diri sebagai Capres, maka ane perkirakan bahwa periode 2019 sampai 2024 ini akan jadi ladang bagi berbagai potensi pemimpin nasional untuk menunjukkan diri.
Dan…, meskipun situasi tersebut mengarah pada prediksi tingginya intensitas tingkat kompetisi antar kontestan secara terbuka pada Pilpres 2024, namun sejujurnya ane dari hati yang paling dalam terus mendambakan berlangsungnya transisi kepemimpinan nasional selalu dan selalu dengan baik, aman, kondusif, demokratis, dan jauh dari rasa kebencian.

Demikian 3 hal yang menjadi sedikit harapan ane terkait momentum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024 mendatang, yang tentunya masih akan sangat banyak penjabaran pengharapan lainnya jika ada tambahan dari Kaskuser sekalian…
Mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan ini!
Wassalam!!!

Sumber :
Narasi : pemikiran pribadi.
Ilustrasi : Google Images.
Diubah oleh solehikhsanudin 14-10-2019 06:46
4iinchzafinsyurgaswiitdebby
swiitdebby dan 22 lainnya memberi reputasi
21
8.3K
175
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.