• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Pecahkan Rekor Dunia, Motor Kawasaki Bermesin 48 Silinder, Speechless Lihatnya Gan!

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Pecahkan Rekor Dunia, Motor Kawasaki Bermesin 48 Silinder, Speechless Lihatnya Gan!
Kawasaki membuat beberapa motor terkenal di tahun 1970an, seperti halnya Kawasaki Triple S1 2-Tak yang memiliki siklus perputaran mesin luar biasa. Rupanya Simon Whitlock melihat kendaraan tersebut dari sisi lain memiliki peluang besar untuk sebuah penciptaan karya, mencetuskan ide yang gokil akhirnya monster silinder ini tercipta.

Simon Whitlock sebagai builder itu sendiri bahwa sebenarnya dia tidak merupakan insinyur yang memiliki ahli dibidangnya, ia hanya mengawasi mengawasi pembangunan kawasan perbelanjaan dan lain-lain.



Menghasilkan maha karya terbesar ini merupakan hasil kerja keras dirinya dalam bertahun-tahun serta memecahkan beberapa kendala besar dalam proses pembangunannya. Suatu usaha kerja keras tersebut membuahkan hasil yang membanggakan, membuat namanya tercatat dalam Guinness World Record sebagai kendaraan bersilinder terbanyak didunia.

Mesin 48 silinder tersebut berbasis dari mesin Kawasaki S1 2-tak 3 silinder, yang masing-masing ia gabungkan ke dalam 6 baris blok mesin dan 8 silinder di setiap baris blok tersebut.



Sekedar bayangan saja, satu buah motor Kawasaki S1 punya mesin 249cc 2 tak 3 silinder, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebsar 32bhp pada putaran mesin 8000rpm dan torsi maksimal diangka 18.3 lb-ft di 7000rpm. Kalau sebanyak 48 silinder coba bayangin udah berapa motor yang dijadikan korban mutilasi oleh Simon Whitlock ini? 

Gambaran kasarnya jadi kira-kira Simon membutuhkan mesin Kawasaki S1 sebanyak 16 motor atau 16 mesin, dan kalau kita kalikan secara kasar total tenaga yang sudah dapat dihasilkan mencapai 512hp lebih. Yang bikin kita penasaran adalah, kira-kira konsumsi bahan bakar motor bermesin monster ini seboros apa ya? apalagi mesin yang dipakai mesin 2 tak...sudah sangat terbukti borosnya.



Mesin yang sekaligus memiliki enam crankshaft ini sendiri memiliki jumlah total kubikasi 4200cc 2-tak, mesin tersebut membutuhkan pendistribusian bahan bakar yang diambil milik dari Jaguar E-Type pada 6 titik tiap blok. Mesin 6 blok 8 silinder diikat dalam satu gigi dan disalurkan melalui transmisi milik BMW.

Namun fakta sebenarnya motor ini tidak memiliki 48 silinder bahkan lebih 1 silinder yang terletak di bawah jok pengemudi, meskipun tidak termasuk bagian dari mesin inti, tapi mesin pony motor 75cc berperan penting dalam menghidupkan mesin. Karena saking beratnya memutar 48 silinder sekaligus dengan electric stater maka jalan satu-satunya dengan menggunakan mesin tambahan untuk pengganti fungsi tersebut seperti dilansir jalopnik.com(17/6/2009).



nanadidi
indrastrid
feraldi2001
feraldi2001 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.