• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Hati-Hati, 5 Kebiasaan ini bisa Bikin Botol Minum Agan Penuh Bakteri

n0404Avatar border
TS
n0404
Hati-Hati, 5 Kebiasaan ini bisa Bikin Botol Minum Agan Penuh Bakteri
Sebagian dari kita lebih memilih minum air dari botol sendiri dibandingkan dari botol plastik kemasan. Minum dari botol minum sendiri emang cenderung lebih baik buat kesehatan, karena bakal menjauhkan kita dari bakteri dan bahaya mikroplastik yang ada pada botol kemasan yang diisi ulang. Selain itu, menggunakan botol minum sendiri tentunya juga lebih ramah lingkungan. 



Tapi jangan salah, Gan, kita juga tetap harus berhati-hati saat memakai botol minum sendiri. Kalau kita ceroboh dalam menggunakannya bisa-bisa bakteri juga bersarang pada botol minum kita ini. Kebiasaan ceroboh apa aja sih yang bisa memicu bersarangnya bakteri?

1. Terlalu lama membiarkan botol minum terbuka



Bakteri bisa ada di mana aja, dan tentunya bisa masuk ke dalam botol minum kita kalo kita terlalu lama membukanya. Jadi, setelah minum, segera tutup botol minum Agan, ya, supaya nggak terlalu banyak bakteri, mikroorganisme dan kotoran yang masuk.

2.Menyimpan botol di tempat yang panas



Nggak hanya botol air minuman kemasan aja, botol minum pribadi, terutama yang terbuat dari plastik, juga nggak boleh disimpan di tempat yang bersuhu hangat atau panas, Gan. Keadaan yang hangat akan membuat bakteri mudah tumbuh. Suhu ideal bakteri untuk berkembang biak adalah sekitar 37 derajat selsius. Jadi, jangan simpan botol minum Agan dalam tempat yang bersuhu lebih dari itu, ya, apalagi di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung.

3. Minum bergantian dengan orang lain



Kita seringkali membiarkan teman kita yang lagi kehausan minum dari botol yang sama dengan kita. Kita tentu nggak bakal mikir yang aneh-aneh, karena ya namanya juga temen sendiri.  Tapi, sebenarnya hal ini nggak dianjurkan, Gan, karena kita nggak tahu bakteri apa yang bisa ikut terbawa dari mulut teman kita ke botol minum. Belum lagi kalau temen Agan punya riwayat penyakit tertentu atau lagi sakit.

4. Nggak membuang minuman sisa



Kadang kita menyisakan air minum yang nggak sempat kita habiskan dalam sehari. Sisa air ini seringkali nggak kita buang, dan besoknya malah kita tambahin sama air yang baru sampe penuh lagi. Kebiasaan ini tentu aja salah, Gan. Air sisa seharusnya dibuang karena bakteri patogen, atau bakteri penyebab penyakit bisa aja bersarang dari air sisa yang udah didiamkan semalaman.

5. Nggak mencuci botol sebelum digunakan



Botol harus dicuci bersih sebelum dan sesudah digunakan meskipun masih terlihat bersih. Nggak hanya di bagian mulut aja, bagian leher hingga bawah botol juga harus dibersihkan secara menyeluruh, karena bakteri patogen dan virus-virus bisa aja bersarang dalam botol air minum kita. Botol minum yang jarang dicuci tentu bakal dipenuhi sama bakteri dan mikroorganisme yang menumpuk. Nyucinya juga harus bener, ya, jangan asal dibilas aja dengan air.

Nahh, kebiasaan di atas jangan diulangi ya, Gan.



sumber
TaraAnggara
arya333
nona212
nona212 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.4K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.4KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.