• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • 5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa

n0404Avatar border
TS
n0404
5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa
Buah memang kudapan yang lezat dan punya manfaat tinggi untuk tubuh. Meski begitu, ternyata nggak semua buah itu sama, Gan. Ada buah yang baik dikonsumsi secara rutin setiap hari, ada pula yang tidak. Beberapa buah jauh lebih sehat dari yang lainnya, karena mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan rendah kalori dan gula. Sementara, beberapa buah lainnya punya kandungan kalori dan gula yang tinggi. Bila dikonsumsi berlebihan, malah bisa berbahaya buat kesehatan.



Nah, apa aja buah yang baik  untuk dimakan setiap hari? Ini 5 diantaranya!

1. Nanas



Nanas mengandung banyak vitamin C dan mangan. Buah tropis ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin karena mengandung enzim bromelain. Menurut studi yang dilakukan oleh Biotechnology Research International, bromelain  bisa memaksimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap antibiotik, menghentikan diare, mengatasi diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker. Bromelain juga dipercaya mampu mempercepat penyembuhan pascaoperasi dan mengobati inflamasi saat berolahraga.

2. Bluberi



Buah berjenis beri mengandung banyak banget vitamin C. Satu cangkir bluberi udah mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 24 persen, dan vitamin K sebesar 36 persen. Secanrkit buah beri ini juga mengandung 4 gram serat dan 15 gram karbohidrat.
Nggak hanya itu, bluberi juga mengandung lebih banyak antioksidan dibanding buah lain! Antioksidan bisa mengurangi tanda penuaan dan menangkal radikal bebas.

3. Semangka



Enak banget rasanya makan semangka saat cuaca lagi panas dan gerah. Semangka yang 92 persen terdiri dari air akan menjaga tubuh tetap terhidraasi. Selain itu, arginin dalam semangka bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Apel



An apple a day keeps the doctor away. Pernyataan ini bener banget, Gan. Selain mencegah penyakit, makan apel setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan. Apel berukuran sedang mengandung banyak air dan 4 gram serat. Makan apel sebelum makan bisa membuat kita kenyang tanpa harus mengisi perut dengan banyak kalori. Sebuah studi udah menemukan kalau makan apel sebelum makan bisa mengarungi asupan kalori hingga 200 kalori!

5. Jeruk bali

Bagi yang mau diet, selain makan apel, kalian juga bisa makan jeruk bali secara rutin nih. Jeruk bali disebut-sebut sebagai buah dengan kalori paling rendah. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2006 menemukan kalau mengonsumsi setengah jeruk bali aja sebelm makan bisa menurunkan berat badan 1,6 kilogram dalam 12 minggu. 



Selain membantu menurunkan berat badan, jeruk bali juga kaya akan vitamin C. Setengah buahnya aja udah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 64 persen!


Meskipun buah-buah di atas baik untuk dikonsumsi secara rutin, tetap aja nggak boleh dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan ya! Makan buah-buah di atas dengan porsi yang secukupnya aja.

Ini nih tandanya kalo Agan udah makan terlalu banyak buah :

1. Sering merasa kembung

Buah memang bisa memicu perasaan kembung karena kaya akan gula berjenis fruktosa. Ada sebagian orang yang nggak begitu bisa mencerna fruktosa dalam jumlah banyak. Bagi orang-orang ini, fruktosa yang terlalu banyak dan nggak tercerna akan tertinggal di perut, terfermentasi, dan menjadi gas.

2. Diare

Terlalu banyak makan buah dalam sehari bisa mengacaukan sistem pencernaan dan menyebabkan diare. Salah satu penyebabnya, ya karena gas yang tersimpan dalam perut, seperti yang dijelaskan di atas. Apalagi kalau buah yang dimakan rasanya asam, bisa bikin perut melilit!

3. Susah menurunkan berat badan

Buah memang alternatif yang lebih baik dibandingkan cemilan-cemilan manis. Tapi, sama aja kalau mengonsumsi buah dalam jumlah yang terlalu banyak, karbohidrat yang kita konsumsi juga akan berlebihan. Karbohidrat yang terlalu banyak bisa membuat kita kesulitan menurunkan berat badan.

4. Selalu ngidam gula

 Makan buah terlalu banyak bisa membuat kadar gula darah meningkat secara pesat. Namun, efek peningkatan gula darah ini cuma bertahan sementara. 30 menit setelah makan buah, kadar gula darah kita akan menurun drastis, dan kita bakal langsung ngidam yang manis-manis setelahnya.
 
Intinya, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, Gan. Jadi, buah-buah di atas bisa dimakan secara rutin, tapi jangan sampe terlalu banyak, ya!
 


Spoiler for sumber:



UriNami
bnoorraini
kudanil.la
kudanil.la dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.7K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.