silviaaa444
TS
silviaaa444
Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing

Agan Sista yang melihara kucing, sering ngerasa nggak sih kalau peliharaan kita ini udah kayak anak sendiri. Rasanya pengen selalu kasih apapun yang terbaik buat mereka, termasuk soal nutrisi makanan.

 

Biasanya makanan apa sih yang Agan Sista kasih buat mereka? Daging? Makanan kering? Atau susu? Hmmm, tapi ternyata kebiasaan memberikan kucing peliharaan susu sapi bisa memberikan dampak buruk lho buat kesehatan peliharaan kesayangan Agan Sista ini.

Dilansir dari Hai.com, menurut seorang ahli kesehatan hewan bernama Gary Richter, ternyata nggak semua kucing bisa mencerna gula susu atau yang kerap disebut dengan istilah laktosa ini. Beberapa dari hewan menggemaskan ini hanya bisa mencerna senyawa tersebut dengan baik pada tahun-tahun awal kehidupan ataupun saat mereka baru lahir.


Mungkin memang ada sih kucing yang bisa mentolerir susu dan mungkin ia juga menikmati rasanya. Namun susu sapi ini nggak baik untuk kucing Gan Sis. Karena masalah yang ditimbulkan akan lebih besar daripada manfaat memberikan susu ini pada anak bulu kesayangan Gan Sis ini.



Saat tumbuh menjadi dewasa, tubuh kucing akan memproduksi enzim laktase yang bisa menyebabkan komplikasi pencernaan jika mereka terus menerus mengkonsumsi susu sapi. Saat kucing minum susu, laktosa yang masuk nggak akan tercerna dan akan tetap berada di usus mereka sebelum akhirnya berfermentasi. Karenanya, susu sapi bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing.

Nggak hanya itu aja Gan Sis. Tidak adanya enzim untuk mencerna laktosa ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan buat si peliharaan kesayangan kalian ini. Kucing bisa muntah, kehilangan nafsu makan (yang bisa ngaruh ke berat badan), bahkan bisa menyebabkan perubahan perilaku.


Untuk menghindari masalah tersebut, Agan Sista lebih baik memberikan makanan basah untuk mereka, mengingat hewan yang satu ini kurang tertarik dengan air putih.

“Air sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi organ pada kucing. Cara memastikan kucing mendapatkan cukup air adalah dengan memberikannya makanan kaleng basah,” kata Leasa, Greer, Manajer Nutrisi dan Regulasi dari Soid Gold Pet, dilansir dari Hai.com

 

Jadi, usahakan agar kucing kesayangan kalian bisa mengkonsumsi air putih yang cukup dan jangan kasih mereka susu sapi ya Gan Sis, karena ini bisa membuat pencernaan mereka jadi terganggu.

Hmm, tapi kalau menurut pengalaman pribadi yang ane alami, saat itu ane menemukan bayi kucing yang terlantar di rumah. Kayaknya baru mau dipindah-pindahin sama induknya tapi dia nyangkut dan jatuh. Nah karena bingung mau kasih makan ataupun minum apaan (mengingat dia masih bayi dan biasanya bayi itu sangat sensitif), akhirnya ane berkonsultasi sama seorang dokter di sebuah petshop di Yogyakarta.


Ia juga menjelaskan kalau jangan ngasih kucing ini susu sapi sih. Selain itu dia juga menyarankan untuk memberikan bayi kucing ini susu bayi manusia tapi yang soya. Jadi ya habis itu ane belikan itu aja dan dimasukkan ke dalam dot yang memang khusus untuk kucing. 

Jadi ya gitu aja sih Gan Sis, kalau menurut kalian gimana nih? Pernah ada pengalaman ngasih kucing kalian susu nggak? Kalau iya, boleh banget nih share!


Spoiler for sumber:


slametsantos242Fey1985varokahh
varokahh dan 6 lainnya memberi reputasi
7
8.1K
85
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.