• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Serupa Tapi Tak Sama, 5 Perbandingan Warung Khas Indonesia VS Luar Negeri

kucingkencingAvatar border
TS
kucingkencing
Serupa Tapi Tak Sama, 5 Perbandingan Warung Khas Indonesia VS Luar Negeri

Mungkin bagi masyarakat kota, kita udah terbiasa makan restoran franchise dari luar negeri. Mulai dari ayam goreng krispi, sushi-sushian, teppanyaki, all you can eat dan masih banyak lagi. Harga pun bervariatif, namun ya rata-rata harganya lebih mahal kalau dibandingin sama warteg atau pecel lele. 
 
Tapi, tahukah kamu kalau restoran-restoran dari luar itu memiliki kemiripan dengan warung khas Indonesia! Bahkan, beberapa jenis warung di Indonesia lebih futuristik dibanding dengan restoran sana! Penasaran? Yuk kita bedah satu-persatu di bawah ini.
 
1. Restoran Teppanyaki VS Warung Sate

 

Teppanyaki, restoran Jepang yang satu ini coba nunjukin kebolehannya memasak daging di depan konsumen yang ingin menyantapnya. Terkadang, mereka memamerkan gaya memasaknya dan langsung menyajikan masakan tersebut ke pengunjung.
Tapi jangan salah, di Indonesia hal ini udah dilakuin sejak lama. Mungkin udah pada tau dong gimana warung sate menjual makanannya. Ya, mereka mayoritas nunjukin proses pembakarannya di depan warung, hingga asapnya mengebul. Kita sebagai pengunjung bisa melihat langsung bagaimana prosesnya. 
 
2. Ayam Goreng Krispi VS Pecel Lele
 


Semua orang kalo mau makan mekdi atau ke ef ci, pasti ingat dengan logonya. Misalnya aja nih, Mekdi, terkenal dengan logo M, trus kalo ke ef ci, terkenal dengan logo si kakek yang senyum-senyum sendiri.
Gimana dengan Indonesia? Eits, ada satu logo yang nggak kalah dengan restoran franchise di atas. Yaitu, warung pecel lele. Hampir semua warung pecel lele di Indonesia punya logo yang identik, yang nunjukin kalo itu emang warung pecel lele. Ya, dengan logo ayam hidup, lele hidup, atau bebek hidup, sudah dapat dipastikan kalo itu warung pecel lele.
 
3. Restoran Sushi VS Restoran Padang
 

 
Kalo ada yang suka makan sushi, pasti nyadar kalo beberapa di antaranya restoran tersebut menyajikannya dengan sushi bar, yaitu mesin yang mengantar makanan sushi ke meja pengunjung. Dan, kita membayar makanan sesuai dengan jumlah sushi yang kita ambil.
Sama seperti restoran sushi, restoran Padang juga menerapkan hal yang sama, di mana kita akan disajikan semua menu restoran tersebut di atas meja dan membayar sesuai makanan yang ingin kita makan. Hmm…serupa tapi tak sama kan?
 
4. Vending Machine VS Warteg
 


Kalo yang pernah ke Jepang, mungkin sering nemuin vending machine di mana kita hanya perlu menyentuh makanan yang kita pilih ke layar dan otomatis makanan/minuman keluar dari mesin tersebut.
Di Indonesia? Kita juga bakal menemukan hal yang serupa, di mana lagi kalo bukan di warteg alias warung tegal. Ya, di sini kita bisa mendapatkan makanan hanya dengan menyentuh kaca. Meski masih manual, tapi apa yang kita lakukan benar-benar mirip dengan apa yang ada di Jepang, loh!
 
5. Warung Ramen VS Warung Kopi
 

 
Tahukah kamu kalo di Jepang terdapat warung ramen yang menyediakan makanan dan minuman di malam hari, di mana yang masaknya berada di tengah-tengah pengunjung warung. Di sini orang Jepang terbiasa makan sambal ngobrol mengenai apapun.
Hal serupa juga dimiliki orang Indonesia, di mana kita bisa menemukan hal seperti ini di warung kopi atau indomi. Ya, di sini kita bisa menyantap apapun sambal berbincang, ngobrol, mau ngomong soal percintaan, politik, pokoknya apa pun deh, sambal ditemani mi instan panas dan nikmat. Uniknya lagi, beberapa warung indomi ini penjualnya juga berada di tengah-tengah pengunjung!
 
Nah, siapa yang menginspirasi siapa nih! Tapi, apa yang kita punya nggak kalah kok dengan restoran di luar sana. Setuju gak?



Nah buat kalian yang kepngen nyoba kayak mereka, kalian bisa ikutan #JelajahKuliner2 yang diselenggarakan oleh TikTok dan ngedapetin diskon 20%! Caranya gampang kok, kamu tinggal bikin review makanan ala vlogger dengan aplikasi Tik-Tok. Trus, share video kamu di social media dengan hashtag #JelajahKuliner2. Abis itu, kamu berpeluang dapetin voucher makan gratis selama setahun dan juga iPhone 11, loh!
Diubah oleh kucingkencing 16-10-2019 07:36
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 35 lainnya memberi reputasi
36
15.4K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.