DeYudi69
TS
DeYudi69
Sejarah Perayaan Halloween Mitos dan Juga Faktanya



Kaskus DeYudi69 -Apa yang ada dalam benak Gan-Sist apabila mendengar kata Halloween?
Kostum horor kah? Atau orang-orangan sawah dengan kepala yang terbuat dari labu?



Yap, perayaan Halloween memang sangat identik dengan dua hal yang ane sebutkan di atas. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut memeriahkan perayaan Halloween, dengan menggunakan berbagai macam kostum dan riasan wajah yang menyeramkan, seperti kostum drakula, mummy, zombie, bahkan bila perayaannya di Indonesia, kostum pocong dan mbak kunti pun turut memeriahkan ... wkwkwk ...



Halloween adalah sebuah perayaan atau featival yang awalnya dirayakan setiap tanggal 31 Oktober oleh bangsa Celtic. Dan ternyata sudah dirayakan sejak 2000 tahun yang lalu. Wah sudah lama benget ya, Gan-Sist.



Bangsa Celtic sendiri merupakan nenek moyang dari bangsa Eropa, mereka percaya setiap tanggal 31 Oktober, gerbang antara dunia orang yang sudah mati dan yang masih hidup akan terbuka. Dihh ... serem juga ya, Gan-Sist ....

Dipercaya banyak roh jahat dari alam lain yang akan berkeliaran di alam manusia, serta dapat mengancam keselamatan dari manusia itu sendiri.

Agar terhindar dari ancaman roh jahat tersebut, Bangsa Celtic berinisiatif mengenakan kostum menyerupai para roh jahat tersebut, sehingga dikira para manusia yang merias wajah juga memakai kostum horor itu adalah teman mereka, manusia pun akhirnya selamat dari ancaman dan gangguan para roh jahat tersebut.

Wah ... jadi seperti sedang menyamar ya Gan-Sist, tapi suasananya pasti serem banget dah waktu itu, soalnya sejauh mata memandang yang terlihat adalah orang-orang yang memakai kostum menyerupai roh jahat dan kita nggak bisa membedakan antara roh jahat yang asli dan manusia yang sedang menyamar, dih ... nggak kebayang dah Gan-Sist.

Karena Bangsa Eropa adalah bangsa yang suka berkelana, maka perayaan Halloween ini pun sejak zaman dahulu sampai sekarang telah menyebar ke berbagai belahan dunia, seperti Amerika, Australia, bahkan Indonesia sendiri.

Namun, saat ini perayaan Halloween sudah menjadi salah satu perayaan yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak di seluruh dunia, karena pada saat tersebut mereka akan memperoleh banyak permen dan coklat dari rumah para tetangga.



Biasanya para anak yang mengenakan kostum menyerupai sosok menyeramkam seperti drakula, akan membawa wadah sebagai tempat permen atau coklat, kemudian mereka berkeliling dari rumah ke rumah, mengetuk pinu depan tuan rumah seraya meneriakkan kata "Trick or Treat?" Yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan "Beri kami coklat atau kami jahili?"

Dengan memakai kostum yang juga tidak kalah seramnya, para tuan rumah akan memberikan beberapa permen atau coklat kepada anak-anak tersebut. Dan apabila mereka tidak diberi permen, maka para anak kecil itu akan melakukan beberapa kejahilan, misalnya menghiasi halaman depan rumah orang yang pelit tersebut dengan tisu toilet. Wkwkw ...

Apa sih fakta dan mitos yang ada di balik perayaan Halloween?

Fakta

- Perayaan atau festival Halloween telah dirayakan sejak 2000 tahun yang lalu.

- Negara-negara yang merayakan Halloween antara lain Kanada, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Britania Raya, Jepang, Bahama, Amerika Serikat, Swedia dan negara-negara Amerika Latin dan masih banyak lagi negara-negara di seluruh dunia.

- Konsumsi gula pada perayaan Halloween di negara-negara tersebut lebih besar daripada saat perayaan Natal dan Valentine.

Mitos

- Konon katanya apabila kita melihat laba-laba pada malam Halloween, menandakan bahwa arwah orang yang kita sayangi datang dan sedang mengawasi kita.

- Membunyikan bel pada malam hari dapat mengusir roh jahat.

Agan dan Sista yang tahu mitos atau pun fakta lainnya tentang peraayaan Halloween, boleh menambahkan di kolom komentar ya ....

Halloween memang bukan perayaan atau festival asli orang Indonesia. Namun, sudah sepatutnya kita saling menghormati dan menghargai teman-teman kita yang merayakannya.

Salam kaskuser Gan-Sist, sampai jumpa lagi di thread ane selnjutnya. šŸ˜€

Penulis : DeYudi69


Sumber Referensi :

1 , 2
Diubah oleh DeYudi69 18-06-2020 03:33
ceuhettysebelahblogzafinsyurga
zafinsyurga dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.7K
36
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThreadā€¢81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.