Eto243Avatar border
TS
Eto243
Wisuda, Ini 3 Fakta Pendidikan Kaesang di Singapura
Rabu, 9 Oktober 2019 | 21:00 WIB



KOMPAS.com - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep lulus dari Singapore University of Social Sciences (SUSS). Kelulusan Kaesang ini ditandai dengan prosesi wisuda yang digelar pada Rabu (9/10/2019).

Sebelumnya, Kaesang telah menempuh pendidikan di Anglo-Chinese School (ACS) International atau setara SMA yang juga berada di Singapura.

Selama menempuh pendidikan di negeri Singa tersebut, Kaesang diketahui merintis sejumlah bisnis dan melaksanakan beberapa hal selama kuliah. Berikut faktanya:

Merintis bisnis sebelum lulus hingga dapat penghargaan bidang wirausaha
Kaesang tercatat sudah memulai usaha di beberapa selama masih berada di tingkat menengah dan pendidikan tinggi.

Sejumlah usaha ia rintis baik pribadi maupun kerja sama dengan pihak lain seperti, Sang Javas, Sang Pisang, Ternakopi, Mangkok Ku bersama dengan Gibran Rakabuming dan Chef Arnold, serta Kedai Rakyat bersama dengan Gibran dan Bobby Nasution.

Baca juga: Raih Penghargaan Wirausaha saat Wisuda, Ini Deretan Bisnis Kaesang

Kemudian ia juga memulai usaha di bidang lain seperti board games dengan merek Hompipa! Games bersama dengan Gibran dan Erwin J. Skripsiadi.

Selain itu, kolaborasi kakak beradik Gibran dan Kaesang juga melahirkan bisnis jas hujan dengan nama Tugas Negara Bos!. Tak hanya itu, Kaesang juga mengembangkan aplikasi Madhang.id.

Kegigihan Kaesang merintis bisnis sejak bangku kuliah ini mengantarkannya sebagai salah satu wisudawan yang dianggap berprestasi dalam bidang wirausaha. Penghargaan ini diberikan kepada Kaesang pada prosesi wisuda hari ini.

Selain memang punya usaha di berbagai bidang, Kaesang memang menempuh pendidikan dengan Jurusan Marketing dengan peminatan komunikasi.

Presiden Joko Widodo dan Istrinya Iriana Joko Widodo memberikan selamat kepada, Kaesang Pangarep, saat acara kelulusan Program International Baccalaureate di Anglo-Chinese School (International) Singapura, Jumat (21/11/2014). Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir dalam acara tersebut.
Sejak SMA, tak mengaku anak pejabat
Laman Strait Times menyatakan, selama menempuh studi, Kaesang tidak menyatakan diri sebagai putra orang nomor 1 di Indonesia.

Selama empat tahun ia menempuh pendidikan di SUSS, para mahasiswa tidak mengetahui bahwa Kaesang adalah pua bungsu Presiden Indonesia.

Namun, kabar tentang hal ini segera menyebar saat salah seorang mahasiswa membaca berita yang meyebutkan bahwa Kaesang merupakan putra dari Presiden Joko Widodo.

Identitas pribadinya sebagai anggota keluarga pejabat nomor wahid Indonesia juga ditegaskan saat upacara wisuda.

Baca juga: Status Kaesang sebagai Putra Presiden Jokowi Terungkap Saat Wisuda, Wisudawan di Singapura Terkejut

Hal serupa juga ia lakukan saat masih di tingkat sekolah menengah. Guru Fisika Kaesang, Ho Wee Kwong mengatakan, Kaesang mengaku sebagai anak pengusaha.

KKN di Mojokerto
Meski menempuh studi di negeri tetangga, Kaesang ternyata menjalani Kuliah kerja Nyata (KKN) di Desa Gumeng, Kecamatyan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Selama menjalani fase ini, Kaesang beserta mahasiswa lain melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk fisik maupun non-fisik.

Seperti tahapan KKN pada umumnya, putra Jokowi itu juga melaksanakan kegiatan seperti pembangunan fasilitas desa, fasilitas pendidikan, dan sebagainya.

Adapun untuk aktivitas non-fisik yang dilakukan meliputi mengajar, kampanye kebersihan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

####
Selamat atas wisudanya semoga ilmu dan gelar yang di peroleh menjadi bermanfaat untuk masyarakat.

3 fakta pendidikan Kaesang di Singapura
Diubah oleh Eto243 12-10-2019 06:58
betiatina
betiatina memberi reputasi
1
2.1K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.