alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
187
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da0880bfacb9579f670d3dc/apa-dasar-jenderal-andika-copot-dandim-kendari-gegara-postingan-istri
Jakarta - KSAD Jenderal Andika Perkasa mencopot Komandan Kodim Kendari Kolonel HS karena postingan sang istri yang bernada nyinyir atas insiden penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto. Apa dasar Jenderal Andika mencopot Kolonel HS? Berdasarkan keterangan Andika, Kolonel HS disebut telah memenuhi pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014, yaitu hukum disiplin militer. Meski istri Kol
Lapor Hansip
11-10-2019 20:47

Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?

Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?

Jakarta - KSAD Jenderal Andika Perkasa mencopot Komandan Kodim Kendari Kolonel HS karena postingan sang istri yang bernada nyinyir atas insiden penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto. Apa dasar Jenderal Andika mencopot Kolonel HS?

Berdasarkan keterangan Andika, Kolonel HS disebut telah memenuhi pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014, yaitu hukum disiplin militer. Meski istri Kolonel HS yang membuat masalah, anggota Komisi Pertahanan atau Komisi I DPR 2014-2019 Mayjen (Purn) Supiadin Aries menyebut tetap ada pelanggaran disiplin yang berimbas ke HS.

Baca juga: Istri Posting Nyinyir soal Wiranto, Dandim Kendari Dicopot dan Ditahan

"Keluarga tanggung jawabnya. Kan keluarganya itu kan anggota Persit (Persatuan Istri Tentara). Dia kan bukan orang umum istrinya itu, dia kan terikat dalam Persatuan Istri Tentara, Persit itu, apalagi dia Dandim, dia itu ketua cabang. Otomatis sebagai istri Dandim, dia itu Ketua Cabang Persit Kodim Kendari," kata Supiadin saat dihubungi, Jumat (11/10/2019).

"Nah kemudian suaminya sebagai Komandan Kodim adalah Pembina Persatuan Istri Tentara, ya kan. Jadi kaitannya jelas," imbuh Supiadin.

Supiadin menyebut istri Kolonel HS yakni IPDN harusnya menjaga diri karena menyandang status Ketua Persit setempat. Mengolok-olok seseorang, termasuk Wiranto dalam kasus ini, disebut melanggar disiplin.

"Sebagai Ketua Persit cabang Kodim, sebagai istri prajurit, dia harus memberi contoh dong. Jadi otomatis karena dia Ketua Persit, pembinanya adalah Komandan Kodim, maka Komandan Kodimnya kena karena tidak mampu membina istrinya," jelas Supiadin.

Supiadin tak memerinci pasal berapa di Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer yang dilanggar Kolonel HS. Namun, ancaman pencopotan dari jabatan memang ada di aturan tersebut.

"Saya nggak ingat pasalnya ya tapi itu disiplin di situ kan pertama dia ancamannya itu kan, satu, dicopot dari jabatan. Dia boleh saja ngajukan keberatan Dandimnya boleh. Selama 8 hari dia boleh ngajukan keberatan. Yang kedua, itu kan dia kena kalau nggak salah tahanan ringan atau tahanan berat, itu lamanya 14 hari," sebut Supiadin.

Baca juga: [/b]Profil Kolonel Hendi, Dandim Kendari yang Dicopot Gegara Postingan Istri

Untuk diketahui, Kolonel HS juga dikenakan sanksi penahanan ringan. Supiadin menyebut penahanan ringan selama 14 hari tak mewajibkan Kolonel HS dikurung di ruangan atau sel.

Lalu, bagaimana bunyi norma disiplin yang dilanggar Kolonel HS terkait postingan sang istri yang terkesan menyinyiri Wiranto? 

"Ya secara umum disiplin antara lain misalnya berjudi, itu sudah melanggar disiplin selain pidana juga. Kemudian dia tidak menegakkan aturan dengan benar. Itu kan dia melakukan, sudah tahu istrinya begitu dia melakukan pembiaran. Saya tidak tahu istrinya itu sepengetahuan suaminya atau tidak itu, itu yang saya tidak tahu karena yang saya lihat berita KSAD itu secara umum aja, 'saya sudah jatuhkan sanksi, serah terima jabatan'. Nanti yang mengganti dia kan Pangdam Makassar," jelas Supiadin.

Supiadin mengatakan KSAD merupakan atasan tertinggi yang berhak menghukum di lingkungan TNI AD.

"KSAD merupakan Ankum (Atasan Yang Berhak Menghukum) tertinggi di lingkungan TNI AD berhak menjatuhkan hukuman disiplin kepada Dandim Kendari karena dianggap telah melanggar disiplin," kata Supiadin.

(gbr/tor)

sumber: https://news.detik.com/berita/d-4743...tingan-istri/3

link UU 25: https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/us...%20MILITER.pdf

Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?

Buat yang butuh pendalaman tentang poin 5. silahkan hubungi Babinsa atau Koramil terdekat !

Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?

Buat yg masih butuh keterangan lebih lanjut atau berminat mengajukan pembelaan atau keberatan terproses itu ada alamat Mabes TNI AD
TNI itu kuat karena komandonya TEGAK LURUS !!!!
Diubah oleh BeritaFlash
profile-picture
profile-picture
profile-picture
superbalung dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 10
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 11:46
gw tambahin cendol gan karena udah memberi pencerahan ke kadrun meski yg gw tau kadrun adalah mahluk terdungu semalam semesta yang ga mungkin bisa paham dengan penjelasan TS


0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 12:07
inimah laki bini memang sdh tercemar paham radikal, ditambah istrinya caper lebay pemburu like di medsos, alhamdulillah jd viral emoticon-Selamat
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 12:14
mungki cuma iseng breee emoticon-Ngakak
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 12:21
Efek jempol menari liar diatas touch screen
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 12:21
trus yg menghina anies baswedan kenapa tak di proses..apalagi di forum kaskus..banyak tuh.
profile-picture
anemon36 memberi reputasi
0 1
-1
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 12:25
Quote:Original Posted By ry1987
trus yg menghina anies baswedan kenapa tak di proses..apalagi di forum kaskus..banyak tuh.

Tahu bedanya sipil dan militer ga om??? Yang dibahas militer om, masak gini aja ga paham??? emoticon-Cape d...
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 12:27
Quote:Original Posted By londo.046
Tahu bedanya sipil dan militer ga om??? Yang dibahas militer om, masak gini aja ga paham??? emoticon-Cape d...


yg menghina pejabat pemerintah perlu di basmi seperti oknum di forum kaskus ne...
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 12:28
Quote:Original Posted By ry1987
yg menghina pejabat pemerintah perlu di basmi seperti oknum di forum kaskus ne...

Ya silahkan lapor lewat mekanisme peradilan sipil... Lha yang menghina Jokowi, Puan, ga sekalian om??? emoticon-Big Grin
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 12:32
Quote:Original Posted By ry1987
trus yg menghina anies baswedan kenapa tak di proses..apalagi di forum kaskus..banyak tuh.


Anus siapa emoticon-Leh Uga
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 13:23
SeeAne kira agan2 dimari memang gampang diadu domba. Ini media udah mengadu domba kita dengan kalimat dandim dicopot dan ditahan 14 hari gara2 postingan nyinyir isteri..
Tega bener media mengadu domba demi rating, menggunakan kalimat provokatif. Mumpung masyarakat lagi terbelah dua.
Jadi viralkan? Karena memang ga masuk akal kalau istrinya yg berbuat, lakinya yg dihukum. Uu no 25 tahun 2014 juga hanya berlaku buat militer. Siapa militer itu? Militer tituler dan siswa militer. Istrinya bukan militer.
Gara2 kalimat media yg ga bener, mulai terjadi cacian cacian antar cebong dan kampret.. bukannya mendamaikan

Harusnya yang bener itu. Pak dandim dicopot dan ditahan 14 hari gara2 tidak mengikuti instruksi pimpinan. Bukan gara2 postingan nyinyir bininya..walaupun itu terlihat berhubungan, tapi jelas itu berbeda.

Pimpinan militer menginstruksikan kalau setiap militer harus mengingatkan dan menjaga keluarga untuk bersikap netral. Nah pak dandim ga menjalankan instruksi ini. Makanya dia dihukum. Jadi bukan karena postingan nyinyir istri. Mudah2an agan semua paham dan berdamai..

Diubah oleh Ujang1911
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deferclown dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 16:03
giliran kena gini aja mewek dasarnya apa.....
coba tuh istri kena maslah di jalan pasti bawa bawa nama suami...

Smua harus berimbang ada min dan plusnya..
Kalau ngaku istri aparat jaga nama baik suami dengan kelakuannya...
Diubah oleh dcp1968
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 16:06
Quote:Original Posted By londo.046
Ya silahkan lapor lewat mekanisme peradilan sipil... Lha yang menghina Jokowi, Puan, ga sekalian om??? emoticon-Big Grin


Mendadak pulsa habis bray...emoticon-Ngakak
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 16:13
Quote:Original Posted By Ujang1911
SeeAne kira agan2 dimari memang gampang diadu domba. Ini media udah mengadu domba kita dengan kalimat dandim dicopot dan ditahan 14 hari gara2 postingan nyinyir isteri..
Tega bener media mengadu domba demi rating, menggunakan kalimat provokatif. Mumpung masyarakat lagi terbelah dua.
Jadi viralkan? Karena memang ga masuk akal kalau istrinya yg berbuat, lakinya yg dihukum. Uu no 25 tahun 2014 juga hanya berlaku buat militer. Siapa militer itu? Militer tituler dan siswa militer. Istrinya bukan militer.
Gara2 kalimat media yg ga bener, mulai terjadi cacian cacian antar cebong dan kampret.. bukannya mendamaikan

Harusnya yang bener itu. Pak dandim dicopot dan ditahan 14 hari gara2 tidak mengikuti instruksi pimpinan. Bukan gara2 postingan nyinyir bininya..walaupun itu terlihat berhubungan, tapi jelas itu berbeda.

Pimpinan militer menginstruksikan kalau setiap militer harus mengingatkan dan menjaga keluarga untuk bersikap netral. Nah pak dandim ga menjalankan instruksi ini. Makanya dia dihukum. Jadi bukan karena postingan nyinyir istri. Mudah2an agan semua paham dan berdamai..


Bacot u panjang lebar disini ibarat kentut, angin doank

Klu u laki, ke markas TNI sana tanyain knp bisa dicopot

Kalau u LAKI ya ngoahahahaa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 17:04
Quote:Original Posted By dcp1968
giliran kena gini aja mewek dasarnya apa.....
coba tuh istri kena maslah di jalan pasti bawa bawa nama suami...

Smua harus berimbang ada min dan plusnya..
Kalau ngaku istri aparat jaga nama baik suami dengan kelakuannya...


Setuju nih.... dan sebenernya gak cuma istri aparat... istri rakyat jelata pun harusnya juga jaga nama baik suami, keluarga, terutama diri sendiri... para suami juga gitu
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
Lapor Hansip
12-10-2019 17:46
Balasan post akamamichi
Quote:Original Posted By akamamichi


Bacot u panjang lebar disini ibarat kentut, angin doank

Klu u laki, ke markas TNI sana tanyain knp bisa dicopot

Kalau u LAKI ya ngoahahahaa


Kalo ga paham ga usah kegedean bacot om.coba kau baca berita terakhir, ga disebutin lagi kan karena postingan nyinyir istri. Tapi karena melanggar perintah atasan...
https://m.detik.com/news/berita/d-4743698/kolonel-hs-eks-dandim-kendari-ditahan-14-hari?tag_from=wpm_featuredArtikel_5

Entah kenapa manusia2 sinis nyinyir macam ente ini terlahir ke dunia indonesia.
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 18:28
Quote:Original Posted By putrie.tidoer
cari istri yg bener lur..
dikasi kerjaan ngurus anak ngurus suami malah jadi sosialita krg kerjaan
hajar aja tuh mulut bau

Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri? kicep syariah... sekali kena getok langsung mangap


puji tuhan ya akhi, ada aparat yang ternyata berpihak pada cebong. emoticon-Christmas
Diubah oleh djoekondelongop
0 0
0
Lihat 1 balasan
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
Lapor Hansip
12-10-2019 18:36
Balasan post djoekondelongop
siapa?
0 0
0
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 18:36


Quote:Original Posted By Ujang1911
Kalo ga paham ga usah kegedean bacot om.coba kau baca berita terakhir, ga disebutin lagi kan karena postingan nyinyir istri. Tapi karena melanggar perintah atasan...
https://m.detik.com/news/berita/d-47...turedArtikel_5

Entah kenapa manusia2 sinis nyinyir macam ente ini terlahir ke dunia indonesia.


Kapan ke kodim buat protes njing emoticon-Ngakak

Sini alamat u, ta kirimin rok sama lipstik
0 0
0
Lihat 2 balasan
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 18:38
Quote:Original Posted By putrie.tidoer
siapa?


Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?

emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Apa Dasar Jenderal Andika Copot Dandim Kendari Gegara Postingan Istri?
12-10-2019 18:40
Quote:Original Posted By ry1987
trus yg menghina anies baswedan kenapa tak di proses..apalagi di forum kaskus..banyak tuh.


Untung gw ga pernah menghina anies baswedan.. emoticon-Malu (S)

Cukup wan abud aja yg gw hina2.. emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Halaman 7 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.