tir001
TS
tir001
Polwan Terpapar Radikalisme Terafiliasi Jaringan JAD Bekasi
Jakarta - Densus 88 Antiteror terus mendalami sejauh mana Polwan dari Polda Maluku Utara Bripda Nesti Ode Samili terpapar paham radikal. Sementara ini, Densus 88 menemukan hubungan Bripda Nesti dengan terduga teroris Abuzi, anggota kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi.

"Pertama, terpaparnya sudah juga begitu dalam, dilihat dari media sosial, ditandai dengan yang bersangkutan aktif terafiliasi dengan JAD. Ini jelas ada kaitan dengan Saudara Abuzi, jaringan teroris yang kita amankan dua minggu lalu di Bekasi," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Yang paling jadi kunci penting, jelas dia tersambung link-nya dengan JAD," sambung Asep.

Baca juga: Densus Dalami Kemungkinan Bripda Nesti Tularkan Paham Radikal ke Polisi Lain

Dia menyebut tim dari Densus masih mendalami kemungkinan-kemungkinan Bripda Nesti membocorkan informasi tentang kepolisian kepada JAD. Asep mengatakan, jika terbukti bersalah, nantinya Bripda Nesti bisa direkomendasikan untuk dipecat.

"Masih kita dalami (kemungkinan Bripda Nesti jadi informan teroris). Yang jelas, dia ini aktif bangun hubungan dengan JAD. Masih dalam pemeriksaan internal dan ada prosedur kode etik. Pastinya kita rekomendasikan diberhentikan," ujar Asep.

Dalam kasus ini, Bripda Nesti diamankan untuk kedua kali dengan dugaan yang sama. Nesti diduga menganut paham radikal.

Nesti pertama kali ditangkap oleh Polda Jawa Timur saat dia mendarat di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Mei 2019. Saat itu dia hendak ke Surabaya menggunakan identitas palsu.

Baca juga: BNPT Akan Koordinasi ke Polri soal Penanganan Polwan Terpapar Radikalisme


Terbaru, Bripda Nesti kembali ditangkap oleh Densus 88 Antiteror di Yogyakarta. Bripda Nesti ditangkap lantaran berada di bawah pengawasan Densus 88 dan diduga aktif dalam kegiatan-kegiatan bersama kelompok radikal.

https://m.detik.com/news/berita/d-47...ekasi?single=1

TNI terpapar radikal ada 3%, kalau POLRI ada berapa % ya? Aku yakin jumlahnya tidak sedikit
0
2.3K
58
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.