rangga.adie
TS
rangga.adie
Salut, Penyebar Hoaks Penyerangan dan Pembakaran Tempat Ibadah di Papua Ditangkap
Diakui atau tidak, saat ini banyak informasi hoaks yang beredar di media sosial terkait dengan Papua. Yang pasti, tujuan dari aksi ini adalah untuk menyebarkan provokasi agar situasi keamanan di Papua tidak kondusif.

Baru-baru ini, Ditreskrimsus Polda Papua menangkap pelaku penyebaran hoaks dan ujaran kebencian terkait adanya kelompok etnis tertentu yang melakukan pembakaran tempat ibadah di sana.

Pelaku itu berinisial AD (52) yang menyebarkan video berisikan berita bohong, bahwa seolah-olah telah terjadi pembakaran tempat ibadah dan penyerangan yang dilakukan kelompok masyarakat tertentu.

Hal ini seperti dijelaskan oleh Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, beberapa waktu lalu.

Dalam hal ini, pelaku berperan sebagai kreator atau pembuat serta penyebar video hoaks, provokasi, SARA, dan penghinaan terhadap institusi pemerintah, TNI, dan Polri terkait kejadian demo di Jayapura beberapa waktu lalu.

Atas perkara ini, pelaku akan dijerat dengan ITE yaitu penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian di media sosial.

Tepatnya, pasal 45A Ayat (2) Jo Pasal 28 Ayat (2) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan Pasal 14 Ayat (2) dan/atau pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946.

Dengan fakta tersebut, kita harus berhati-hati dalam menerima informasi di media sosial. Setiap kabar perlu dicek kembali agar tidak termakan dengan berita bohong.

Inilah saatnya kita perang dengan hoaks. Karena kita sudah tahu sendiri, betapa mengerikannya dampak negatif dari penyebaran informasi sesat ini.
Diubah oleh rangga.adie 11-10-2019 11:37
G.Sagaraceo.amigroupabau.
abau. dan 2 lainnya memberi reputasi
1
1.5K
7
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.