hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Benarkah Pelaku Penusukan Wiranto adalah Dukun Pribadi Jokowi?
Kamis, 11 Oktober 2019 terjadi insiden penusukan terhadap Menkopolhukam Wiranto dari orang yang tak dikenal di kawasan Pandeglang, Banten. Diketahui bahwa pelaku penusukan tersebut bernama Syahrial Alamsyah alias Abu Rara.

Insiden ini langsung cepat menyebar dan menjadi pembahasan masyarakat. Di media sosial pun juga tak kalah ramai yang membahas insiden penusukan Wiranto tersebut. Bahkan ada pula netizen yang mencoba menginvestigasi siapakah sebenarnya Abu Rara. Pengguna Facebook bernama Andrie Greend juga mencoba membandingkan foto Abu Rara saat ditangkap oleh kepolisan dengan foto yang menurutnya mirip dengan orang lain yang disebutnya adalah dukun pribadi dari Jokowi.



Unggahan dengan foto serupa juga banyak ditemui di berbagai platform media sosial lainnya, seperti Twitter, Instagram, hingga Kaskus.

Lantas benarkah foto antara kedua orang yang viral tersebut adalah orang yang sama?


PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran Hansip Hoax, ditemukan fakta bahwa dua orang pria yang berada dalam gambar yang viral tersebut adalah orang yang berbeda.

Melansir dari situs TurnBackHoax.id, didapatkan keterangan bahwa pria berbaju putih tersebut bernama Abdi Setiawan yang merupakan menantu dari Wiranto. Foto tersebut diambil dari ketika keluarga Wiranto berkumpul di pemakaman putra Abdi Setiawan dan Lia Wiranto pada Jumat, 16 November 2018.

Sementara itu foto pria berbaju hitam merupakan pelaku penusukan terhadap Wiranto yang bernama Syahril Amansyah alias Abu Rara. Abu Rara adalah pria kelahiran Desa Tanjung Mulia Hilir, Kota Medan.

Foto Abu Rara tersebut diambil saat ia dan istrinya yang berinisial FA ditangkap oleh Kepolisian. Abu Rara merupakan warga dari luar Banten yang belum lama mengontrak di Kampung Sawah, Pandeglang, Banten.

Abu Rara diduga terpapar oleh ajaran radikal ISIS, sehingga membuatnya bertindak menusuk Wiranto. Namun ada juga dugaan bahwa Abu Rara adalah jaringan dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD).


KESIMPULAN
Jadi berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax, dapat disimpulkan bahwa foto orang yang mirip dengan pelaku penusukan Wiranto tersebut adalah orang yang berbeda. Jadi dapat dikatakan bahwa informasi liar tersebut adalah salah alias hoax.

Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.


SUMBER
TurnBackHoax
Suara
junleon
nona212
tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
40.5K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.