sinsin2806
TS
sinsin2806
Daerah Tidak Menentukan Sifat Seseorang, Percayalah !


Saya seorang perantau di Jakarta, datang dari kabupaten kecil yaitu Banjarnegara. 7 tahun di Jakarta membuat saya mempunyai banyak sekali teman dari berbagai daerah, sabang sampai merauke. Suku Jawa, Sunda, Betawi, Batak, Bali, Kalimantan.

Setiap saya pulang kampung, selalu ada pesan dari ibu "dek, jangan pacaran sama orang be**wi. nanti repot kalo udah nikah, orang be**wi kan malas-malas. Nanti bukanya kamu dinafkahi malah kamu yang menafkahi. Sama orang jawa saja ya dek !"

Ada sepupu juga yang nanya "pacar kamu orang mana? jangan sama orang s**** loh ya, sepengalaman mbak mu ini, orang s***a sama istri aja perhitungan"

Setiap pulang kampung, keluarga seperti mendoktrin untuk jangan sampai mempunyai hubungan khusus dengan suku-suku yang menurut mereka mempunyai riwayat "kurang baik".  Entah keluarga menilai "kurang baik" ini based on apa . saya sendiripun kurang paham. Entah dari pengalaman pribadi di masa lalu, ataukah hanya sekedar penularan omongan dari mulut ke mulut.

Atau mungkin ada maksud terselubung dari keluarga, strategi mungkin? agar saya memilih calon suami dari lingkungan saya sendiri, supaya kalau ibu bapak saya mau jenguk cucu nantinya ga kejauhan. hahaha. Entahlah.......

Tapi sepengalaman pribadi, banyak teman kampus saya orang be**wi  mereka justru sangat rajin. saya mengambil kelas malam jadi semua teman kampus saya merupakan pekerja. Mereka semua  mempunyai pekerjaan tetap, dan merekapun sama giatnya dalam belajar.

Ada juga teman satu kantor saya dia orang jawa dan mempunyai suami orang s***a , mereka telah  menikah kurang lebih 8 tahun, sudah dikaruniai 2 anak. Dari cerita teman saya ini, saya tau kalau keluarga mereka sangat harmonis, suaminya sangat bertanggung jawab kepada keluarga.

Apa yang dibicarakan keluarga saya, sangat berbeda dengan apa yang saya temukan sendiri dalam kehidupan nyata. Mungkin karena keluarga saya melihat ada satu kasus dan pelakunya adalah orang dari suku tsb.
Namun apakah perilaku dan sifat orang dalam satu suku itu sama ? TIdak kan ?
Misalnya dalam satu kolam ikan, ada satu ikan yang cacat. Apakah berarti semua ikan yang ada di kolam itu cacat ? Tidak kan ?

Perilaku, sifat dan sikap bukan berdasarkan Suku/Daerah. Perilaku merupakan cerminan watak dari seseorang dan kita tidak bisa menilai satu suku hanya dari satu orang saja.

Doktrin seperti ini mungkin tidak hanya terjadi di keluarga saya, banyak keluarga-keluarga lain diluar sana yang mungkin berpikir hal yang sama. Maka janganlah takut untuk memilih pasangan. Entah dia dari bangsa mana, dari suku mana. Ketika hati telah memilih . Kamu akan tau jawabanya. STOP RACISM and KEEP CALM !!

sumber : pengalaman pribadi
hvzalfbnoorrainiputranto1718
putranto1718 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
476
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.