Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ff21610d2951bc038e020/freshgraduate-dan-pengangguran-jangan-ragu-mari-doakan-dan-tagih-janji-pak-jokowi
Halo Agan Sista, pemilu sudah lama berlalu, Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Bahkan, pelantikan beliau tinggal menghitung hari, dijadwalkan pada tanggal 20 Oktober 2019. Sebagai warga negara yang bijak dan cerdas, sembari mendoakan yang baik-baik untuk negeri ini, dan juga Pak Jokowi serta Pak Ma'ruf Amin, tentu
Lapor Hansip
11-10-2019 10:08

Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi

icon-verified-thread
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi

Halo Agan Sista, pemilu sudah lama berlalu, Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Bahkan, pelantikan beliau tinggal menghitung hari, dijadwalkan pada tanggal 20 Oktober 2019.

Sebagai warga negara yang bijak dan cerdas, sembari mendoakan yang baik-baik untuk negeri ini, dan juga Pak Jokowi serta Pak Ma'ruf Amin, tentu kita harus menolak lupa atas beberapa janji yang beliau utarakan pada saat kampanye pemilihan presiden waktu lalu, khususnya 'program terobosan' demi mengurangi problema pengangguran di Indonesia, yakni Kartu Pra Kerja.

Bukan Gaji Pengangguran! Ini Tujuan Program Kartu Pra Kerja

Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi

Program Kartu Pra Kerja bisa dibilang adalah program Pak Jokowi yang paling seksi, ketika beliau mencetuskannya pada saat kampanye pemilihan calon presiden. Semua mata, telinga dan mulut tertuju pada program tersebut. Rentetan pujian, kritik, dukungan dan hujatan dituai oleh program tersebut.

Tidak sedikit yang bilang itu program gila! Bagaimana tidak, ketika Indonesia sedang mengalami defisit terus menerus dari berbagai BUMN, dan honorer (khususnya guru) yang bekerja keras mendidik belum digaji dengan manusiawi, pengangguran justru akan digaji?

Namun, juga tidak sedikit yang mendukung program tersebut. Harapannya adalah dengan adanya program tersebut, para pencari kerja, korban PHK, dan freshgraduate mendapatkan fasilitas dan akomodasi dari negara untuk mendapatkan pekerjaan, melalui insentif dan juga pelatihan. Sederhananya, dari rakyat untuk rakyat, 'kan?

Mengetahui bahwa fokus masyarakat Indonesia (a.k.a Netijen) sedikit salah kaprah, Bpk Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Muhammaf Hanif Dhakiri mengatakan, 

Quote:"Insentif jangan ditulis gaji, nanti niat baik salah. Ini untuk memastikan agar angkatan kerja baru lulus SMA atau SMK yange nggak punya skill ketika dapat kartu kerja maka bisa ikut pelatihan vokasi sampai dapat sertifikasi kompetisi dalam waktu tertentu," ujar Hanif di Jakarta, Jumat (16/8/2019).




Lantas, timbul lagi pertanyaan dibenak kita, siapa, berapa banyak dan apa syarat penerima kartu pra kerja ini?  Bpk Menaker menjawab, 


Quote:Rencananya pemerintah akan memberikan Kartu Pra-Kerja kepada 2 juta orang penerima manfaat dengan nilai keseluruhan Rp10,3 triliun. “Pemerintah tidak memilih siapa saja 2 juta penerima itu, tapi hanya menentukan eligibilitasnya saja,” ujarnya.




Berdasarkan berbagai informasi, meski belum dapat dipastikan. Besaran insentif yang akan diberikan kepada para penerima kartu pra kerja, rencananya berkisar antara Rp 300,000 - Rp 500,000 / bulan, insentif ini diharapkan dapat membantu biaya akomodasi para pencari kerja. 

Adapun persyaratan penerima kartu pra kerja, diantaranya adalah tidak sedang mengemban pendidikan formal, sudah lulus SMA/SMK atau lulus perguruan tinggi, dan berusia minimal 18 tahun. Menariknya, tidak ada batas maksimal seseorang untuk mendapatkan kartu pra kerja ini.
Disampaikan oleh Bpk Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Muhammaf Hanif Dhakiri di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, (03/10/2019).



Quote:"Ya bisa saja kalau memang dia merasa masih butuh skill, why not? Lah kalau misalnya dia usianya 60 tahun, Tuhan kasih mati dia usia 90 tahun, 30 tahunnya dia nggak kerja gitu?" tuturnya.







Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi

Kesimpulannya yang TS dapatkan sementara adalah, bahwa atas program kartu pra kerja ini dianggarkan untuk 2 juta penerima, dengan syarat penerima adalah lulusan baru (SMK/SMA/Perguruan Tinggi), sudah berusia 18 tahun, ingin beralih pekerjaan, dan mungkin masih banyak lagi yang belum disebutkan. Tujuan program ini, adalah demi menurunkan angka pengangguran, dengan cara skilling dan upskilling para pencari kerja.

Sebagai warga negara baik yang mampu move on dan sungguh mendukung kemajuan Indonesia, sudah sepatutnya bahwa kita harus mendoakan agar setiap program yang sedang dibuat dan dikerjakan pemerintah adalah yang paling baik demi kebanyakan orang. Meski demikian, mengawal dengan cara mengkritisi program bukanlah hal yang salah. Justru ini sungguh bukti bahwa kita benar-benar peduli, dan tidak pasrah membiarkan "tikus bermain di lahan basah".

Finlandia misalnya, sebagai negara pertama di Eropa yang menjalankan program pemberian gaji kepada pengangguran adalah contoh, bahwa program ini dapat memberikan efek baik demi kemajuan suatu negara, khususnya dalam mengentaskan problema pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat menengah kebawah.

Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi 

Sekian dulu thread TS kali ini, jika ada yang berkenan mengoreksi adanya kekeliruan informasi, atau ingin menambahkan informasi yang paling aktual, TS ucapkan terima kasih

:terimakasih

Mari bersama-sama kita doakan, supaya program ini dapat bermanfaat dan tepat sasaran!

:welcome

Sumber foto : Google
Referensi : di sinidi maridi mari dan di mari


profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 45 lainnya memberi reputasi
46
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 12:47
Quote:Original Posted By ushirota


Ga hina kok jadi sopir grab/gojek, justru mereka membantu orang2 biar bisa sampai tujuan dengan selamat, pahlawan bagi pengguna grab/gojek
Jadi buang jauh2 gengsimu, ga usah malu jadi sopir, banyak lapangan kerja

Ga perlu kaya buruh yg dikit2 demo minta gaji naikemoticon-Leh Uga


Setuju, justru gk jarang loh Grab ama Gojek itu punya 2 kerjaan..
Trus penghasilannya jauh diatas UMR.



Quote:Original Posted By herrfraud


omong kosong lah yg ngomong lapangan kerja minim, apalagi di Jawa.. emoticon-Ngakak (S)
tapi tergantung juga bidang profesinya apa

kalo ane sih alhamdulilah pas dah dapet kerja setelah 1 bulanan lulus.. tapi itu ngirim CV ke semua kantor kecil di kota ane emoticon-Ngakak (S) ga tau kenapa ane ga terlalu tertarik ngelamar ke BUMN atau perusahaan gede.. ya walaupun gaji awal ane bener2 keterlaluan... wkwkwk emoticon-Ngakak (S)

Cuma sebaiknya kita ga usah bawa2 lagi viralnya "freshgrad gaji 8 jt dari univ ternama" itu.. karena itu info ga jelas, kita ga tau detail konteksnya kenapa dia nulis gitu dan kita seenaknya ngejudge dia dgn ga pantas.


Sepakat Gan, ane juga 2bulan stngh nyari kerja di Jakarta, datengin tiap bursa kerja, alhamdulillah dpet emoticon-Hansip
profile-picture
ushirota memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 12:48
Hayook kawal janji Presiden
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 12:49
yang pasti awal2 bakal banyak bolong, pelanggaran dan penyalahgunaan...setelah berapa lama..klo penindakan ke penyalahgunaan ini tegas, jelas dan lancar.....ya bakal stabil.....selain itu anggap aja proyek gagal...emoticon-Ngacir
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 12:50
Quote:Original Posted By noviepurwanti
Hayook kawal janji Presiden


Ayoklah :goyang

Quote:Original Posted By hhendryz
yang pasti awal2 bakal banyak bolong, pelanggaran dan penyalahgunaan...setelah berapa lama..klo penindakan ke penyalahgunaan ini tegas, jelas dan lancar.....ya bakal stabil.....selain itu anggap aja proyek gagal...emoticon-Ngacir


Mau coba optimis tp rasanya omongan agan mungkin juga emoticon-Cape d...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 12:54
Semoga bisa terwujud dan tepat sasaran
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 12:55
untungnya ane ga pengangguran banget jadi gausah nagih nagih janji.

bata donk gan
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
0 1
-1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 12:57
tujuannya adalah untuk memberikan bantuan dana selama proses mencari kerja. seperti ikuti pelatihan keterampilan, mengurus administrasi surat-surat, dll.

BUKAN UNTUK YANG MALAS-MALASAN DI RUMAH DAN TAK MAU KERJA.

emoticon-Traveller
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 13:06
Kalau mau lebih ya harus kerja. Dan kalau dapet duit bulanan walaupun sedikit, semoga angka kriminal bisa turun. Itu yang dikasi tau temen ane dari Oz
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 13:12
Pengen percaya lagi sih, tapi lelah juga kena php melulu..
Ekonomi meroket, mengatasi banjir dan macet, gak import2 lagi, 10jt lapangan kerja..
Itu janji 2014..
Sekarang, misal gak kejadian lagi pun udah gak kaget, udah biasa, da aku mah apa atuh rakyat biasa..
Kalaupun terlaksana...
Dana nya dari utang...
Peruntukannya belum jelas sekali..
Selalu ada celah buat korupsi/nepotisme...
Rujit we ah pokona mah negara ieu mah emoticon-Ngakak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 13:31
TS mau tanya mekanisme tunai-nya model BLT atau ada imbal balik? say kalau sudah dapet kerjaan harus balikin?

Makasih sebelumnya.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 13:32
Quote:Original Posted By Jazed
TS mau tanya mekanisme tunai-nya model BLT atau ada imbal balik? say kalau sudah dapet kerjaan harus balikin?

Makasih sebelumnya.


Nggak ada sepertinya Gan.
Ini lbh mirip beasiswa pendidikan gitu, tp rentangnya 3bulanan, dan targetnya para pencari kerja.
profile-picture
Jazed memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 13:34
Percayakan semua urusan negara Indonesia di tangan Presiden JOKO WIDODO
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 13:38
Semoga masalah pengangguran bisa segera teratasi
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 13:47
ada syarat2 lainnya dong,, mungkin ada batas waktunya juga,,
banyak yg ga kerja dapet duit enak dongg
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 14:14
Harusnya kmrn demo tuh ungkit juga janji-janji presiden yg blm terealisasikan trmsk yg lapangan pekerjaan ini, malah demo pake tulisan-tulisan lelucon yg dibuat sgelintir org/mahasiswa cringe bin alayers yg cmn mau eksis dgn ikut demo kmrn pdhl mah ga ngerti apa-apa yg penting ikut ramein, mana gitu ujungnya ricuh walaupun gw yakin itu bkn mahasiswa, bocah sekolahan cari tenar pake acara rusuhan segala
Diubah oleh cuangcoetz
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 14:32
Cuma secercah janji politikus. Pertanyaannya apakah politikus dapat dipercaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 14:38
Intinya ini program pelatihan dari balai pelatihan kerja yang dikemas ulang bukan sih?
Kayak kartu indonesia sehat dr BPJS gitu
emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 14:39
Doa terbaik untuk indonesia
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 14:44
agak ngeri sih ama yang satu ini. tapin semoga terwujud dah
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan nenk.fau memberi reputasi
2 0
2
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
11-10-2019 14:44
semoga kartu sakti diberikan kepada yang berhak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia