sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
Taukah Kamu Sejarah Halloween ?


Jika kita  membuka Instagram, Facebook, Line, ataupun Media Berita lainnya pada tanggal 31  Oktober. Sudah pasti akan terpampang hiasan Jack O'Latern dan aneka atribut Halloween lainnya. Hari Halloween selalu dirayakan dengan kostum seram seperti zombie, dracula, vampir, nenek sihir dan beberapa tokoh seram lainnya. Tidak hanya orang dewasa yang merayakanya, bahkan anak-anak kecil memakai kostum berkeliling komplek dengan mengatakan "Trick or Treat" di setiap rumah yang mereka kunjungi, agar bisa mendapatkan hadiah manis seperti permen, coklat.



Sebenarnya apa sih arti slogan  "Trick or Treat" ini?
Jika pemilik rumah yang anak-anak ini datangi tidak memberikan "treat" maka anak-anak ini akan melakukan "trick". Ada sedikit nada mengancam dalam kalimat ini. sumber

Lalu sebenarnya dari manakah datangnya budaya Halloween ? Mari kita sama-sama belajar tentang sejarahnya

Quote:



Jika dilihat dari sejarahnya, perayaan ini dulu dikenal dengan perayaan "Samhain" lalu kenapa sekarang menjadi peryaan Halloween?

Dulu pada tanggal yang sama Gereja Kristian merayakan peringatan hari "All-Saints" atau "All-Hallows-Eve" pada siang hari 31 Oktober, dan pada malamnya mereka merayakan "Hallows-Eve" (Malam Suci/Keramat) atau "Halloween". Bangsa Nasrani mencoba menghentikan penduduk melakukan perayaan Samhain karena bertentangan dengan perayaan nasrani ini. Akhirnya gereja mengadopsi perayaan samhain menjadi Halloween. Umat kristen tetap meyakini bahwa pada malam tersebut, orang-orang mati berjalan diantara mereka dan para penyihir terbang bersliweran di tengah-tengah mereka. sumber

Perayaan Halloween sendiri sangat identik dengan warna Oranye dan Hitam, hampir semua dekorasi memiliki dua warna tersebut. Adakah makna dibalik dua warna tersebut?



Oranye adalah nuansa musim gugur, yang tidak hanya direpresentasikan lewat warna daun layu, tetapi juga buah labu yang sudah matang. Selain itu oranye juga memandakan kekuatan, daya tahan, dan keberanian di budaya orang Celtic yang dikaitkan dengan persiapan menghadapi musim dingin.  Hitam ikut mendominasi Halloween sebagai lambang untuk memperingati orang meningal. Kematian biasanya dikaitkan dengan kegelapan dan tidak adanya cahaya ditandai dengan warna hitam, yang kemudian di era modern ini dilambangkan lewat kucing hitam, penyihir bertopi tinggi, sapu dan laba-laba. sumber

Pada tanggal 31 Oktober banyak warga Indonesia yang turut merayakan Hari Haloween, terutama artis-artis Tanah Air dengan memposting foto ketika memakai kostum khas Hallowen di akun Sosial Medianya.





Untuk kalian yang telah mengetahui sejarah perayaan hari Hallowen dan segala atributnya apakah masih berniat merayakan Hari Halloween tersebut?

ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.