• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • SIM Baru Udah Launching, Gimana Nasib SIM Lama, Ini Penjelasannya, Gan

iskrimAvatar border
TS
iskrim
SIM Baru Udah Launching, Gimana Nasib SIM Lama, Ini Penjelasannya, Gan


[ HT# 553 ]


#simpintar #simbaru #caramudahperpanjangsim #simc #simcTeman-Teman pasti sudah tahu kalau SIM (Surat Izin Mengemudi) sekarang sudah memiliki model dan fitur lebih canggih dimana SIM baru ini telah dilengkapi dengan chip yag berisi identitas pemilik terdaftar e-ktp, lalu bagaimana nasib sim model lama, haruskah kita menggantinya?

SIM baru sebagai SIM pintar yang sudah resmi diluncurkan pada 22 September 2019 waktu lalu  yang bertepatan dengan hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 memang sedang hangat di bicarakan dan penggunaannya pun sudah mulai di distribusikan melalui masing-masing Satlantas daerah tempat tinggal kita. Disebut sebagai SIM pintar karena memiliki perbedaan karakteristik dengan SIM yang selama ini dikenal.



SIM Pintar



Ya, seperti yang saya dapatkan info dari sumber online fitur kemudahan yang terdapat di SIM pintar ini menurut Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Lampung  Irjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., merupakan realisasi dari program Promoter Polri untuk meningkatkan layanan publik yang lebih mudah yang berbasiskan IT. Dengan SIM pintar ini kita pun di berikan beberapa fitur kemudahan seperti sebagai alat pembayaran, terlihat modern dan kekinian, kan?

Hadirnya SIM pintar sebagai upaya Polri beserta jajarannya untuk terus memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada publik yang semakin modern dan praktis.

Beberapa fitur SIM pintar ini adalah


1. Sebagai uang elektronik
Ya, SIM pintar sekarang bisa sebagai alat pembayaran elektronik dimana saldo maksimum adalah Rp 2 juta dan bisa di gunakan di tempat-tempat yang telah di tentukan seperti belanja online, tiket pesawat, tol, kereta api dan lainnya.

2. Mempermudah pembayaran denda tilang

Kalau dulu kita harus bersusah payah membayar denda tilang ke kantor yang di tuju atau ke bank yang di tuju kini dengan SIM pintar akan lebih mudah dan cepat prosesnya. Jadi nanti SIM tidak perlu ditahan lagi, petugas hanya akan mencocokkan data di SIM pintar, menyediakan mesin EDC dan langsung memotong saldo sesuai besaran denda pelanggaran.

3. Chip pintar penyimpan data

Namanya SIM pintar maka tertanam chip yang berguna untuk merekam data forensik pemiliknya. Data forensik adalah identitas lengkap pemilik, sampai menyimpan data histori pelanggaran lalu lintas termasuk data pernah kecelakaan, kasus lain semua akan terdata, dan petugas akan dengan mudah mengevaluasi secara lebih baik tentang perilaku pengemudi lebih baik.

4. Panggilan darurat
maksudnya disini adalah SIM pintar akan menyimpan nomor telepon keluarga yang bisa di hubungi kapanpun apabila terjadi sesuatu hal yang bersifat urgensi. Jadi apabila ada sesuatu kasus di lapangan petugas akan dengan lebih cepat menginformasikan kepada keluarga melalui nomor telepon yang terdaftar pemilik SIM pintar tersebut.


Nah, begitu modern dan kekinian fitur yang ada pada SIM pintar ini tentu membuat kita sebagai pemilik kendaraan ingin segera menggantinya dengan yang baru. Tapi apakah kita wajib untuk segera menggantinya?

Menurut Baur SIM Satlantas Polres Sukoharjo, Aiptu Joko Priyanto mewakili Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni, SIM lama tetap bisa di gunakan sebagaimana mustinya. Jika masa pakai SIM akan habis segera urus dengan mengganti SIM pintar, jadi masyarakat tidak perlu terburu-buru untuk mengganti menukar dengan SIM pintar ini.

Satu hal yang patut di ingat oleh pemilik SIM pintar nanti adalah jika SIM pintar statusnya sudah aktif pemilik SIM agar tidak mengisi saldo terlalu banyak, karena jika SIM pintar ini hilang uang yang tersisa di saldo tidak dapat  dikembalikan.








Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: gridoto, kumparan | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 10-10-2019 00:08
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 44 lainnya memberi reputasi
45
26.9K
271
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.