benben1404
TS
benben1404
Kebiasaan-Kebiasaan Unik yang Dilakukan Saat Membaca Buku
Yang hobi baca buku, mana suaranyaa?



Setiap orang punya kebiasaan-kebiasaan tersendiri dalam membaca buku. Ada yang biasa membaca pada malam hari, ada pula yang terbiasa membaca di pagi hari. Ada yang nggak bisa baca  di dalam mobil, ada yang fine-fine aja membaca di kendaraan apapun. Ada yang bisa membaca cepat, ada juga yang butuh waktu lama untuk menyelesaikan satu buku.

Nah, selain kebiasaan-kebiasaan tadi, ada juga nih beberapa kebiasaan unik  yang dilakukan saat membaca buku. Mungkin kebiasaan-kebiasaan ini dianggap aneh, tapi nggak sedikit loh orang yang melakukannya. Bahkan, beberapa diantaranya bisa dijelaskan secara ilmiah! Kebiasaan apa aja tuh?

1. Menggerakan bibir saat membaca



Membaca kata demi kata di luar kepala bukan cuma dilakukan sama anak-anak yang belajar membaca. Sebagian orang dewasa masih melakukan ini, entah dengan bersuara atau cuma dengan mulut yang komat-kamit. Menurut Pusat Kesuksesan Akademis dari University of Alabama, kebiasaan membaca ini bisa memperlambat kecepatan membaca seseorang, dan bisa dihilangkan dengan cara meletakkan jari kalian ke bibir setiap kali lagi membaca.

Tapi memang, bagi sebagian orang, membaca dengan bersuara atau menggerakan bibir bisa membantu mereka lebih memahami apa yang mereka baca. Jadi, sebenarnya oke-oke aja sih membaca dengan cara seperti ini, asal jangan sampai mengganggu orang lain, ya.


2. Membaca halaman terakhir terlebih dulu



Percaya nggak percaya, ada loh orang kaya gini!  Kalo orang-orang biasanya menghindari spoiler, mereka  malah sengaja memberi spoiler ke diri mereka sendiri. Salah satu temen ane punya kebiasaan ini nih, dan ane sempet shock waktu pertama kali ngeliat dia langsung membalik ke halaman terakhir sebuah novel sebelum dia mulai baca.



Menurut dia, dia bakal lebih tertarik sama sebuah cerita kalo udah tau endingnya bakal kaya apa. Kalo ending yang dia baca nggak memuaskan, dia bakal balikin dan nggak jadi baca buku itu. Ngapain buang-buang waktu buat baca kalo ujung-ujungnya endingnya jelek? Kira-kira begitulah menurut dia. Gan Sis ada yang punya kebiasaan ini nggak?


3. Mencium aroma buku

Para kutu buku pasti udah familiar deh dengan aroma kertas yang tercium, baik dari buku baru, maupun buku yang udah tua. 



Sebagian pembaca suka, bahkan ‘menikmati’ aroma kayu yang khas pada buku, dan suka secara nggak sadar mencium buku mereka sambil membalik halaman demi halaman.  Secara ilmiah, kecintaan seseorang terhadap bau ini  disebabkan karena aroma kayu dan tanah yang dihasilkan sama kertas bisa memicu ingatan-ingatan seseorang akan masa lampau dan menghasilkan efek yang menenangkan. Hayoo ngaku, siapa nih yang suka cium-cium bau buku?


4. Menelusuri kata-kata di buku dengan jari

Membaca dengan panduan jari juga kebiasaan yang bisa terbawa dari anak-anak saat kita baru mulai membaca sendiri. 



Kebiasaan ini memang bisa membantu seseorang untuk fokus sama posisi mereka dalam satu halaman, terutama pada buku yang tulisannya kecil dan padat, dan saat lagi membaca di ruangan yang bising yang bisa membuat pikiran teralihkan. Meski begitu, kebiasaan ini juga bisa memperlambat kecepatan membaca seseorang dan menyelesaikan buku jadi memakan waktu yang lebih lama.


5. Membaca lebih dari satu buku



Bagi sebagian orang yang kapasitas otaknya memadai, mereka nggak akan kesulitan untuk lompat dari satu buku ke buku lain dalam satu waktu. Belum rampung membaca satu buku, mereka bakal memulai buku yang baru. Alhasil, mereka bisa baca dua—bahkan lebih—buku sekaligus. Entah karena punya mood yang berganti-ganti, cepet bosan, atau karena nggak bisa milih mana yang mau dibaca duluan. 

Kalo ane sih nggak bisa ngelakuin ini ya, karena cerita kedua buku bakal bercampur di otak, dan jadinya bikin bingung! Bagi kalian yang biasa ngelakuin ini, bisa niih bagi-bagi tipsnya. emoticon-Big Grin

 
Nah, itu dia, Gan Sis, beberapa kebiasaan ‘aneh’ yang dilakukan orang saat membaca buku. Adakah kebiasaan Gan Sis di atas? Atau Gan Sis punya kebiasaan unik lainnya?



sumber
nyimak92hugomaranred.wangyi
red.wangyi dan 14 lainnya memberi reputasi
15
10K
116
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.