alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d33d5018e0d5d9a46521b/protes-uang-saku-masih-ingat-nggak-gan-berapa-uang-sakumu
Lapor Hansip
09-10-2019 08:11
Protes Uang Saku. Masih Ingat Nggak Gan, Berapa Uang Sakumu?
Past Hot Thread
Berapa uang sakumu?
Protes Uang Saku. Masih Ingat Nggak Gan, Berapa Uang Sakumu?


Apa kabar Agan Sista di seluruh Nusantara, semoga hari ini tetap semangat, sehat walafiat, bahagia selamanya.

Jumpa kembali dengan Ane, penulis yang ingin tetap Istiqamah menulis. Kali ini Ane ingin tanya:


Berapa uang saku Agan Sista semua ketika sekolah?
Masih ingat nggak, atau pura-pura lupa.


Protes Uang Saku. Masih Ingat Nggak Gan, Berapa Uang Sakumu?


Ceritanya gini nih anak Ane yang kelas 4 SD ngiri sama Kakaknya yang udah SMP dan SMA. Karena uang saku mereka jelas-jelas beda. Masa iya anak SD uang sakunya mau disamakan dengan anak SMP sama SMA?

Terus nih anak sering sekali bilang kalau teman-teman di sekolahnya uang sakunya itu pada banyak-banyak, sambil pasang muka sedih.
Oh Anakku Zulfikar, kamu mau sekolah apa mau jajan? Itu pertanyaan yang sering Ane tanyakan, kadang sambil memeluknya, kadang juga sambil mengacak rambutnya.

Protes Uang Saku. Masih Ingat Nggak Gan, Berapa Uang Sakumu?


Ane pikir apa iya anak Ane yang uang sakunya paling sedikit? Empat Ribu Rupiah menurut Ane gak sedikit, kalau beli jajannya yang seribuan juga dapat empat, yang dua ribuan dapat dua, jajan permen juga masih dapat banyak.


Protes Uang Saku. Masih Ingat Nggak Gan, Berapa Uang Sakumu?

Apalagi kalau untuk anak PAUD nggak usah deh dikasih uang saku, karena bisanya di sekolah sudah dikasih jajan. Jadi melatih juga anak untuk hidup berhemat.


Berikut ini tips ngasih uang saku sama anak :

1. Tidak usah berlebihan.
2. Beri uang saku seperlunya saja.
3. Usahakan masih ada sisa yang bisa dimasukan dalam celengan.
4. Kalau dapat nilai bagus sekali-kali kasih reward, tambahin uang sakunya.


Nah Ane tidak pernah berlebihan ngasih uang saku pada anak, ngasih uang saku juga sesuai tingkatan sekolah, atau umur. Tidak membiasakan hidup boros. Apalagi kalau dari rumah sudah dibawain bekal, pasti di sekolah juga jajanya gak banyak.

Berikutnya kenapa Ane gak ngasih uang saku anak berlebih, supaya dia gak pacaran waktu sekolah, ini merupakan solusi juga lho Gan, gimana mau pacaran uang saku aja ngepas, kalau pacaran berarti kudu ntraktir- traktir pacarnya dong, nah untuk yang ini aman.

Bagaimana untuk adiknya yang selalu protes dan ngatain ibunya pelit? Biarkan saja dia bebas berpendapat, karena kalau kita jemput sekolah pun sebenarnya dia jajan lagi. Tapi karena ada ibunya jajannya jadi terkontrol.
Karena kita juga kadang ngeri dengan jajanan yang ada di sekolah yang bisa dikata jauh dari kata Aman. Nah biasanya bawain bekal aja.

Kalau udah dikasih pengertian biasanya sih nurut, tapi ntar bisa protes lagi. Untung aja kagak demo.
Demikianlah Thread Ane seputar uang saku. Jadi intinya nggak usah banyak-banyak lah ngasih uang saku. Emang mau belanja atsu menuntut ilmu.
Oke cukup sekian, semoga bermanfaat.
Jangan lupa cendol dan bintangnya ya.


sumber: opini pribadi foto: doc.pribadi
Diubah oleh trifatoyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 14 dari 18
10-10-2019 10:49
anak sd kalo demo uang jajan, habis sudah negara ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 10:50
Jaman sekolah ga pernah yg namanya di kasih uang saku..
Yg penting biaya sekolah ga sampe nunggak udah syukur.
Diubah oleh adirembang
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 10:53
Sd kls 1 cepek, kls 4 nopek, kls 6 sapek...
Harga anakmas masi cepek..

Smp kls 1 gopek, kls 3 seceng...
Nasi bungkus sapek, es teh cepek, gorengan gocap..

Smu noceng...
Nasi bungkus seceng, es teh gopek..


Isitirahat ke dua udah puasa jajan...
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 10:57
Uang saku ane :
Tahun 98: 50rupiah sampe 100rupiah itupun gak tiap hari dikasih, sekitar tahun 98-2002. Sekolah kudu jalan 2kiloan.
Tahun 2003/4 masuk smp. Saku ane sekitar 5000-6000/ minggu.
Bawa beras dari rumah sama sayur2an, seminggu sekali pulang, gw ikut kepala sekolah waktu itu.
Ongkos sekali jalan dari rumah sampe sekolahan 1000rupiah, tetep masih harus jalan sekiloan juga.
Seminggu sekali kalo berangkat dari rumah nebeng om ane yg kerja buat kerumah kepsek.
Pas pulang kudu nyisain 1000 dari 6000 tadi buat ongkos, gw masih milih naik transport setengah jalan aja, kudu bayar 300rp, sisanya gw buat jajan es sembari jalan 9kilo sampe rumah, saking emanya gan 1000buat transport dan gak jajan
profile-picture
profile-picture
j1a107202 dan trifatoyah memberi reputasi
2
10-10-2019 11:07
Yg penting cukup buat makan bakso, es teh manis, dan kuota emoticon-Gotta catch 'em all!
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:11
Quote:Original Posted By Gludin
Didikan Alm. ayah ane gan. Awalnya ane iri banget sama kakak perempuan. Setiap kali minta dibeliin sesuatu, selalu dituruti. Ane sebagai anak bungsu, ngeliatnya iri banget, dan ngomong ke alm.
"Kamu itu anak laki-laki. Kalo mau punya sesuatu ya usaha sendiri!" Balasnya.
Walaupun sewaktu menjalani rasanya bete banget. Kakak selalu dapat instan, sedangkan ane mesti usaha dulu, atau nunggu lungsuran (misalnya alm. mau ganti hp, yg lama dikasih ane). Tapi sekarang emang berasa banget manfaatnya. Ane berniat akan melakukan hal yang sama jika suatu hari nanti punya anak laki-laki. Tapi ya ga kejam-kejam banget kayak alm. Mosok iya, kalo mau pulang lebaran ga dibeliin tiket. Ane dulu kuliah di Malang, sedangkan orang tua tinggal di JKT. 😅
Atau kalo lagi jalan-jalan bareng dengan keluarga dan naik pesawat, orang tua duduk di kelas bisnis, sedangkan anak-anaknya naik di kelas ekonomi 😂


Mungkin itu pembelajaran yang bermanfaat buat anak-anak. Tapi sejujurnya Orang tua pasti sayang banget dengan anaknya.
0
10-10-2019 11:12
sd 100 perak, dapat bakwan 4 biji
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:14
Quote:Original Posted By exsistandria
Uang saku ane :
Tahun 98: 50rupiah sampe 100rupiah itupun gak tiap hari dikasih, sekitar tahun 98-2002. Sekolah kudu jalan 2kiloan.
Tahun 2003/4 masuk smp. Saku ane sekitar 5000-6000/ minggu.
Bawa beras dari rumah sama sayur2an, seminggu sekali pulang, gw ikut kepala sekolah waktu itu.
Ongkos sekali jalan dari rumah sampe sekolahan 1000rupiah, tetep masih harus jalan sekiloan juga.
Seminggu sekali kalo berangkat dari rumah nebeng om ane yg kerja buat kerumah kepsek.
Pas pulang kudu nyisain 1000 dari 6000 tadi buat ongkos, gw masih milih naik transport setengah jalan aja, kudu bayar 300rp, sisanya gw buat jajan es sembari jalan 9kilo sampe rumah, saking emanya gan 1000buat transport dan gak jajan


Luar biasa pengorbanannya, jalan kaki, gak jajan. 9 kilo. Mantaps dah
0
10-10-2019 11:19
jaman sekolah ane 1993.uang saku, Rp 1000/minggu atau setara nasi pecel 3 bungkus( perbungkusRp350.)
sekarang nasi pecel Rp 11.000
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:20
Kebetulan anak ane masih TK dan di sekolahan dia sudah dapat makan atau snack jadi ane nggak pernah kasih uang saku dan diapun belum ngerti minta uang saku, kalau pulang sekolah kepengen jajan di pedagang keliling yang mangkal di sekolah ya minta emaknya buat beliin. Tapi ane sebisa mungkin tidak mengabulkan permintaannya jajan sembarangan, kadang dia ngerti tapi kadang juga sampai nangis.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:22
inget, tahun 1997 pas SD kelas 1, dapet uang saku 350 rupiaah dong.. hahaha gak nyangka.. zaman itu uang segitu masi cukup buat apa2.
terakhir SMA dapet 4000 per harinya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:22
Quote:Original Posted By cahmlg123456
jaman sekolah ane 1993.uang saku, Rp 1000/minggu atau setara nasi pecel 3 bungkus( perbungkusRp350.)
sekarang nasi pecel Rp 11.000


Uang segitu jaman semono udah buanyak banget gan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:25
Quote:Original Posted By balapbekicot
Uang segitu jaman semono udah buanyak banget gan


Sekarang ane kalau masih sekolah dikasih uang saku Rp 11.000 x 3 = 33.000 / perminggu 😁😁😁
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
Lapor Hansip
10-10-2019 11:26
Balasan post ilafit
paling urunan bensin doang sih kadang 2.500 kadang 3.000 urunan nya
profile-picture
profile-picture
ilafit dan trifatoyah memberi reputasi
2
10-10-2019 11:27
Quote:Original Posted By cahmlg123456
Sekarang ane kalau masih sekolah dikasih uang saku Rp 11.000 x 3 = 33.000 / perminggu 😁😁😁


Asal gak buat beli kuota ama skinker aja
Cukuplah haha
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:38
SD : 100 : Jalan kaki
SMP : 500 : Naik sepeda
SMA : 1500 : Naik Angkot

tebak tahun berape aje tuh emoticon-Big Grin
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
10-10-2019 11:39
ane kelahiran 1988 akhir

SD - g ada uang saku
SMP - g ada uang saku, tp menjelang ujian akhir ada bimbel, di ksh 5000/hari, bisa buat beli mi gelas 1 mangkok 1300 dan es teh 500, sisa nya buat komik

SMA - krn nge kos sdh di ksh banyakan tp ane ga jajan org nya, jd cm beli buat belanja makan sehari-hari

beda bngt sama adek gua yg ke 4 bontot bngt kelahiran 2003

sebulan ngutang ama kantin 500rb...gua marahin abis itu ibu kantin
bego bener ngajarin anak ngutang
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:46
Inspiratif gan, semoga bisa buat thread lainnya yang bermanfaat
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:55
Quote:Original Posted By Gludin
SD
sekitar 500 rupiah, kadang 1000. Seinget ane setiap hari masih ada sisa. Ane celengin di celengan bebek. Setiap mau lebaran, uangnya ane pake buat beli mainan 😂

SMP
Sepuluh ribu. Tiga ribu untuk naik angkot. Ane jarang banget jajan. Lebih milih bawa makan siang dari rumah. Pastinya uang sisa karena tiap bulan ane pake buat beli komik naruto, one piece, conan. Kalo engga ya buat main di timezone 😂

SMA
100 ribu seminggu.
Bisa sisa 50-75 seminggu. Akhir bulan biasanya sih ane gunain beli komik dan novel. Kadang juga buat nonton, dan segala macam.

Kuliah
1.5 jt/bulan dari orang tua. Ane juga kuliah sembari cari-cari penghasilan sih. Misalnya nyales, bikin artikel, dan lain sebagainya. Bisa dapet minimal 2-3 juta.

Dipake buat bawar kosan 300rb,
bayar listrik (ane bayar kosan belom termasuk listrik) paling gede sekitar 30rebu
Bayar internet 100rebu/bln
Buat beli peralatan perang sebulan (sabun, beras, mie, pulsa, dkk) sekitar 300rb.
Setiap bulan, ane biasa beli buku tiga buah; satu buku penunjang kuliah, sisanya ane beliin novel. Sekitar 300-400 rebuan lah.
Sisanya ya ane pake buat beli lauk, nongkrong-nongkrong dengan teman kuliah atau anak kosan dan segala macam.
Sebulan sekali, biasanya ane traktir anak-anak kosan sih untuk makan bareng gitu. Makannya di kamar ane (karena kamar ane yg paling gede), biar lebih akrab.
Dan tiap bulan ada sisa sejutaan seinget ane. Pokoknya ane kelar kuliah, udah ada tabungan 50 jutaan.

Sekarang ya udah punya penghasilan sendiri, gantian ane yg ngasih duit 😂😂


Waw hebat emoticon-Wow
Nikahi aku bang emoticon-Malu (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
10-10-2019 11:58
Gak ada uang saku gan ane dr SD sampe SMA, tp ortu ane selalu lebihin uang spp bulanan. Tetap sih kalo misal dibagi perharinya ya gak masuk disebut uang jajan emoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
Halaman 14 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.