codename.isal
TS
codename.isal
Mengenal 8chan, Forum Online Sarat Kontroversi

Gambar

Bagi kalian yang aktif berselancar di internet mungkin pernah samar-samar mendengar nama 8chan. 8chan adalah salah satu dari sekian banyak forum internet berbasis imageboard (papan pesan). 8chan didirikan oleh seorang programmer yang memiliki kelainan genetik bernama Fredrick Brennanpada tahun 2013.

Sekilas nama 8chan mengingatkan pada 4chan yang lebih dulu populer. Walau namanya mirip, tapi ada perbedaan yang cukup mencolok. 4chan cenderung membahas seputar anime, manga, atau hal-hal berbau otaku (4chan terinspirasi forum 2chan dari Jepang), sementara di 8chan bahasannya lebih luas dan bebas.


Fredrick Brennan

Brennan sebelumnya juga adalah user 4chan yang kemudian terinspirasi membuat forumnya sendiri. Brennan menciptakan 8chan karena dia merasa kebebasan berbicara di internet mulai terbatasi.

Dia mendeskripsikan 8chan sebagai forum alternatif dimana user bisa bebas membicarakan apapun. Di 8chan tidak perlu membuat akun, sehingga user bisa leluasa 'bersuara' tanpa khawatir identitasnya ketahuan.

Namun "kebebasan" yang sebebas-bebasnya ini malah jadi pisau bermata dua. Kebebasan di 8chan malah digunakan usernya untuk mengunggah banyak postingan-postingan yang kelewat batas dan memicu kontroversi.
emoticon-No Hope


Gambar

Beberapa diantaranya yang heboh seperti konten foto/video pornografi anak yang bisa secara bebas diunggah dan diperbincangkan. 8chan juga sarat konten kejahatan rasial, pelecehan, ujaran kebencian, supremasi kulit putih, serta jadi tempat ngumpulnya para ekstremis kanan untuk menyebarkan ideologi-ideologi mereka.

Dan yang paling kontroversial adalah terkait 3 kasus penembakan massal (di Selandia Baru, California, dan El Paso) yang menggemparkan dunia sepanjang tahun 2019 ini, dimana semua pelaku penembakan tersebut diketahui memposting rencana aksi kriminal mereka di 8chan beberapa saat sebelum eksekusi.
emoticon-Takut


Gambar

Pada akhirnya Cloudflare dan BitMitigate, penyedia infrastruktur jaringan (CDN) 8chan berhenti menyediakan layanan mereka karena menganggap 8chan telah melanggar ToS (Terms of Service). Dan sejak awal Agustus 2019, 8chan sudah tidak bisa lagi di akses publik (clearnet).

Belum ada kejelasan apakah 8chan akan kembali aktif atau tidak. Tapi sebenarnya sudah sejak lama 8chan 'disembunyikan' dari Google Search karena maraknya kontroversi yang menyelimuti forum tersebut.


Gambar

Sebelumnya 8chan juga sudah sering mendapat laporan pengaduan terkait konten-konten yang sudah melewati batas. Dan Brennan juga sadar bahwa beberapa konten di 8chan memang 'tercela'.

Brennan yang awalnya mentolerir karena merasa itu adalah bagian dari kebebasan bereksperesi orang-orang, setelah ada kejadian penembakan massal itu malah dia sendiri yang meminta 8chan untuk di shutdown. emoticon-Hammer (S)

Menurut ane, baik di dunia nyata maupun dunia maya yang namanya aturan (hukum) itu harus tetap ada. Kalo tidak, akan makin banyak kita lihat orang-orang (netizen) yang merasa dirinya paling benar.

Coba bayangkan kalo kita ini hidup bebas bertindak sesuka hati tanpa ada aturan (hukum)? Yang ada malah bisa-bisa dunia CHAOS Gan! emoticon-army

Bebas sih bebas...
Tapi mesti tau batasnya...
Jangan kebablasan...
emoticon-Hammer2


Referensi:
1 . 2
zafinsyurga4iinchnona212
nona212 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
33.7K
174
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.