alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d96e04ec820841473302cf5/inilah-makanan-khas-lamongan-salah-satunya-lebih-terkenal-di-kota-lain
Lapor Hansip
04-10-2019 13:01
Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain
Past Hot Thread
Lamongan. Apa sih yang pertama kali terlintas di benak Agan dan Sista ketika mendengar nama kabupaten di Jawa Timur itu? Pecel Lamongan? Persela? Ataukah Wisata Bahari Lamongan, wahana wisata yang mirip dengan Dufan di Ancol?

Sebagai seorang yang terlahir di kabupaten itu, tak ada salahnya jika ane menuliskan tentang makanan khasnya. Berikut ini makanan khas daerah lamongan yang endess banget:

1. Otak-otak bandeng
Agan dan Sista pastinya sudah tak asing lagi dengan makanan yang bernama otak-otak bukan? Makanan yang berbahan dasar menggunakan ikan ini di daerah lain dibuat dalam bentuk potongan-potongan kecil memanjang, digoreng dan dimakan dengan saus khusus. Namun, Gan, Sist, otak-otak bandeng khas Lamongan tidak demikian adanya. Otak-otak berbentuk ikan bandeng, tapi daging ikannya telah dipisahkan dari duri dan diberi bumbu-bumbu. Cara memasaknya cukup digoreng. Selain dijadikan kudapan, otak-otak bandeng ini bisa juga difungsikan sebagai lauk. Rasanya yang gurih, asin dan pedas. Awas, makanan ini bisa membuat kita gagal diet.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

2. Jongkong
Di daerah lain juga ada kudapan yang bernama jongkong. Namun, GanSist, ane pernah kecele, ternyata jongkong yang ane beli berwarna putih dari ketan, berisi unti (gula merah dan kelapa parut muda) dan dibungkus daun pisang. Jongkong khas Lamongan memiliki warna hitam. Pewarnaannya berasal dari abu pembakaran merang. Cara membuat pewarna hitam dengan membakar merang/ jerami. Abunya kita beri air. Biarkan sampai abu mengendap. Airnya yang berwarna hitam itulah yang kita pakai sebagai pewarna jongkong. Karenanya jongkong memiliki cita rasa yang khas. Kudapan ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

3. Nasi Boranan
Nasi yang penjualnya memakai tempat bernama boran, sejenis bakul besar berbahan dasar bambu. Nasi boranan memiliki aroma yang khas karena disajikan di pincuk daun jati.
Lauk yang disajikan cukup beragam, diantaranya tempe goreng, ayam goreng, telur, kuthuk (ikan gabus), bandeng, otak-otak, ikan sili dan lain-lain.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

4. Pecel Stasiun Babat
Sebenarnya, pecel dijual di mana-mana. Tapi pecel di stasiun Babat ini sangat melegenda. Penjualnya kebanyakan ibu-ibu yang sudah sepuh. Cita rasanya yang maknyus membuat pecel ini dikenang walaupun putra daerahnya telah melanglang buana. Ini salah satu makanan yang diburu ketika musim mudik.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

5. Pecel Lamongan
Siapa yang tak mengenal makanan ini? Warungnya tersebar di berbagai daerah. Biasanya warung Pecel lele Lamongan berupa warung tenda dengan spanduk warung bergambar ikan lele, ayam dan bebek. Makanan yang disajikan antara lain lele, ayam, bebek, tahu dan tempe goreng . Pecel Lamongan disajikan dengan sambalnya yang khas dan lalapan. Kepopulerannya membuat banyak orang membuka usaha yang dilabeli pecel Lamongan walaupun penjualnya bukan asli Lamongan

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

6. Wingko Babat
Kudapan ini berbahan dasar tepung ketan, kelapa parut muda dan gula pasir. Rasanya yang gurih dan legit membuat panganan ini disukai banyak orang. Kue ini merupakan kue tradisonal yang biasa dibuat oleh orang-orang di Kecamatan Babat sejak orang tua ane belum lahir. Dulu panganan ini dibuat dengan diameter besar dan merupakan salah satu kue hantaran pada upacara pernikahan. Namun, sejalan dengan berlalunya waktu, nama panganan yang namanya diembel-embeli dengan nama daerah asalnya menjadi jajanan oleh-oleh yang terkenal di Semarang. Pasti Agan Sista tak pernah melewatkan gerai jajanan oleh-oleh di sepanjang jalan Pandanaran jika berkunjung ke Semarang. Di gerai-gerai itu terdapat salah satu primadona.oleh-oleh adalah wingko babat.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

Kuy, berwisata kuliner di Lamongan!
Gimana, Gan Sist, apa kuliner termaknyus di daerah kalian?

Sumber foto: google
Diubah oleh cattleyaonly
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
07-10-2019 20:43
Quote:Original Posted By Indriaandrian
ane pernah sekalinya ngidam pingin banget otak2 bandeng, tapi ngga tau namanya. akhirnya ngga kesampaian sampai sekarang 😢


Ngeces engga anaknya wkwkwk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
Lapor Hansip
07-10-2019 20:56
Balasan post cattleyaonly
oalaaah jadi babat tu nama daerah awokwkwok, nice info gaan ane jadi tau!
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan alizazet memberi reputasi
2
07-10-2019 21:08
Quote:Original Posted By ningdidien
Ahahaa kirain mau nyari soto lamongan jugaemoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)


Iya soto lamongan.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ningdidien memberi reputasi
2
07-10-2019 21:16
Quote:Original Posted By nofivinovie
Iya soto lamongan.


Jalan" k Lamonganemoticon-Ngakak hehehe ujung"nya makan soto babatemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nofivinovie memberi reputasi
2
07-10-2019 21:20
Quote:Original Posted By ningdidien
Jalan" k Lamonganemoticon-Ngakak hehehe ujung"nya makan soto babatemoticon-Ngakak


Wkwkwk soto babat ini beneran babat apa soto khas babat?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ningdidien memberi reputasi
2
07-10-2019 21:33
Quote:Original Posted By nofivinovie
Wkwkwk soto babat ini beneran babat apa soto khas babat?


Ahaha yg pernah tk makan sih yg soto isi babat (jeroan usus) itu..

Tapi d Lamongan kan ada namanya daerah Babat jugaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nofivinovie memberi reputasi
2
07-10-2019 22:12
Baru pernah nyicipin nomer 6 aja. Jadi, itu asli Lamongan ya? Favorit tiap pergi ke Semarang, suka beli itu😁
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
07-10-2019 22:16
Quote:Original Posted By ajang.dee
Ngeces engga anaknya wkwkwk


Kagak, emaknya yg ngeces tiap liat post otak-otak bandeng
emoticon-Wakaka
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
08-10-2019 02:01
Quote:Original Posted By ningdidien
Ahaha yg pernah tk makan sih yg soto isi babat (jeroan usus) itu..

Tapi d Lamongan kan ada namanya daerah Babat jugaemoticon-Ngakak


Nah ya itu. Kl soto lamongan itu ayam kampung itu bukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
08-10-2019 03:14
Quote:Original Posted By cattleyaonly
Apa kuliner terendes di daerah GanSist?


Quote:Original Posted By cattleyaonly
Yuk, cintai kuliner asli Indonesia


Mbaknya asal Lamongan?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
08-10-2019 03:16
Quote:Original Posted By nofivinovie
Nah ya itu. Kl soto lamongan itu ayam kampung itu bukan?


Yang si Mie instan hihihiii
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
08-10-2019 03:18
Quote:Original Posted By sukuu04
oalaaah jadi babat tu nama daerah awokwkwok, nice info gaan ane jadi tau!


Jadi begini eh hem, babat itu istilah untuk sebuah organ dalam tubuh kambing atau sapi, juga sebuah nama daerah.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
08-10-2019 03:31
Quote:Original Posted By kakekane.cell
saya doyan semua... emoticon-Genit


Ea kakek semua enak ya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
08-10-2019 04:19
Quote:Original Posted By cattleyaonly
Apa kuliner terendes di daerah GanSist?


Sy suka banget soto lamongan loh. ..

Kolo di tempat sy, soto banjar ama ketupat kandangan adalah favorit syemoticon-Peluk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
08-10-2019 04:57
Quote:Original Posted By nofivinovie
Nah ya itu. Kl soto lamongan itu ayam kampung itu bukan?


Kalau yg biasa ane makan keknya bukan ayam kampung dehemoticon-Malu

Nda tau sejarahnya tuh soto.. taunya cuman makanemoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
08-10-2019 07:19
suka otak-otak. kalo dah makaj itu nggak nyadar dah habis berapa bungkus 😄
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1
09-10-2019 05:34
Quote:Original Posted By elvici
suka otak-otak. kalo dah makaj itu nggak nyadar dah habis berapa bungkus 😄


Emm otak-otak apa itu? Emm 🤭🤭🤭
Bisa buat sarapan tak?
profile-picture
elvici memberi reputasi
1
09-10-2019 11:20
jadiiii laper banget ya liatnya, saking ga bisa milih karna kayanya enak2 semua huhuhu
0
10-10-2019 02:17
Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Emm otak-otak apa itu? Emm 🤭🤭🤭
Bisa buat sarapan tak?


Bisa banget buat sarapan, bang.
0
10-10-2019 09:22
Makanan kesukaan ane pecel lamongan, otak-otak bandeng sama wingko nih.
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
1
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.