alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c65212f568d57083da01f/tak-bayar-iuran-peserta-bpjs-bakal-dipersulit-ajukan-kredit
Lapor Hansip
08-10-2019 17:29
Tak Bayar Iuran, Peserta BPJS Bakal Dipersulit Ajukan Kredit
Past Hot Thread
Tak Bayar Iuran, Peserta BPJS Bakal Dipersulit Ajukan Kredit

Pemerintah tengah menyiapkan sanksi bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan yang menunggak membayar iuran. Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan sanksi itu akan diatur dalam Instruksi Presiden atau Inpres yang tengah digodok di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
"Soal sanksi, kami sedang siapkan proses teknis selanjutnya yang diatur dalam Inpres. Penyusunan ini dikoordinasikan oleh Kemenko PMK," ujar Fachmi di kantor Kementerian Konunikasi dan Informatika, Senin, 7 Oktober 2019.
Menurut Fachmi, peserta yang terdata menunggak iuran akan memperoleh kesulitan dalam berbagai proses pengurusan administrasi. Di antaranya memperpanjang surat izin mengemudi atau SIM dan paspor. Dari sisi perbankan, peserta juga akan terhambat saat mengajukan kredit.

ADVERTISING


Kepala Pusat Pemberdayaan dan Jaminan Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalsum Komaryani mengatakan pemerintah sedang menyiapkan bauran kebijakan yang ditengarai akan berdampak bagi keberlangsungan operasional BPJS Kesehatan. Selain Inpres, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan pun menerbitkan beleid yang mengatur review kelas bagi peserta untuk meningkatkan kualitas layanan.

"Kami juga sedang menyiapkan peraturan untuk perbaikan sistem manajemen, administrasi klaimnya. Terus ada sistem rujukan, ada juga strategyc purcasing, ada pencegahan fraud, ada sinergisme dengan badan penyelenggara lainnya," tuturnya.
Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mencatat, 50 persen peserta bukan penerima upah (PBPU) atau peserta mandiri penerima Jaminan Kesehatan Nasional saat ini menunggak iuran. Dari 32 juta total peserta mandiri yang ada saat ini, 16 juta di antaranya tercatat tidak tertib membayar premi.
ADVERTISEMENT


"Jadi sampai saat ini masih 50 persen yang bayar. (Setengahnya) Dia mendaftar pada saat sakit dan setelah dapat layanan kesehatan dia berhenti tidak bayar premi lagi," kata Mardiasmo.
Mardiasmo mengatakan tunggakan peserta mandiri menyebabkan defisit yang ditanggung BPJS Kesehatan terus membengkak. Pada 2018, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan mencatat BPJS Kesehatan telah mengalami gagal bayar sebesar Rp 9,1 triliun. Sedangkan tahun ini, defisit tersebut diduga akan meyentuh Rp 32,84 triliun.


https://bisnis.tempo.co/read/1257051.../full&view=ok

DI REZIM INI..

URUSAN BAKAL LANCAR KALO ADA FULUS

GA ADA FULUS, URUSAN GAK BAKAL MULUS
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 19 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 9
Lapor Hansip
10-10-2019 08:04
Balasan post suromenggolo
@Kelthuzad.lich @suromenggolo lucu gan, kesehatan mah tanggung jawab masing2 individu atuh, situ ngerokok, sakit,tapi minta negara yang bayarin pengobatan situ gw ga nangkep cara pikir ente gan mohon maap... kalo ente mau bandingin sama asuransi swasta, mending gini aja, cabut itu bpjs/ nonaktifin aja,pindah ke asuransi swasta xixixi
0
Lapor Hansip
10-10-2019 08:11
Balasan post amikurnia
@suromenggolo mau menanya mendasar soal kesehatan :

kesehatan itu kewajiban diri sendiri atau kewajiban negara buat jaga kesehatan situ?


and btw pelayanan kesehatan ya,bukan pelayanan kesehatan "cuma-cuma" perlu di note
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
1
10-10-2019 08:52
kalau miskin daftar jadi PBI, nggak usah ribut.
0
10-10-2019 10:25
waduhhhh
0
Lapor Hansip
10-10-2019 12:13
Balasan post jihans.am8
@Kelthuzad.lich @jihans.am8

Sayangnya bpjs itu wajib.. kalo gak punya bpjs, malah dipersulit hidup gwa.

Gwa sendiri pake asuransi swasta. Walaupun sampe saat ini gwa belum pernah klaim, setidaknya nanti uang gwa balik
0
10-10-2019 13:27
Quote:Original Posted By raise.up
Pengelola dan para petinggi di bpjs itu manusia" hedon dan korup, duit" ente itu hilang 1T ntah kemana, sekali rapat di hotel bintang 5, padahal mereka yg bobrok tpi ujung"nya peserta yg ditekan, kenapa mereka berani begitu? Karna byk org mabok terlalu membela rezim ini apapun alasannya, padahal kebijakan ini mmg harus diprotes emoticon-Leh Uga


selama kita memenuhi kewajiban,kita bisa meminta hak.
namun kalo kita cuma meminta hak tanpa memenuhi kewajiban ya gmn gan?
disemua rezim emg belum ada yg bisa dibilang bersih.sampai sekarang ane masih punya angan2 punya presiden independent
0
10-10-2019 15:34
Quote:Original Posted By jihans.am8
@suromenggolo mau menanya mendasar soal kesehatan :

kesehatan itu kewajiban diri sendiri atau kewajiban negara buat jaga kesehatan situ?


and btw pelayanan kesehatan ya,bukan pelayanan kesehatan "cuma-cuma" perlu di note


Kewajiban diri gan emoticon-Embarrassment
0
10-10-2019 15:58


Quote:Original Posted By AlmarhumKera
Coba dibuka jg gaji dan tunjangan pejabat dan pegawai BPJS dr level paling tinggi sampe level paling rendah, biar bs di analisa kebocoran paling parahnya dari mana. Btw, denger" pegawai BPJS sendiri pake asuransinya swasta ya bukan BPJS? CMIIW


Gak ada hubunganya gan sama gaji wong dana nya beda, yg defisit itu djs nya yg nampung iuran sama pengeluaran, kalau gaji dan operasional nya ada dana sendiri, bukan dr iutan itu trus dibuat operasional, operasional y ada sendiri, kalau ini badan hukum dibawah presiden ya bwrarti tau sendiri darimana opwrasionalnya, terkait ada asuransi yg lain untuk pegawainya sih itu sah2 saja malah itung2 meraka bantu iurannya tp umpama sakit gk dipake atau bisa milih, toh mereke juga kepotong dua iurannya, sama seperti perusahaan2 yg doble proteksi bagi pegawainya.

0
10-10-2019 16:11
sekarang udah mantul nihhh... main sanksi2 lain... yg buat warga jeraaa... mantul nih infonyaaaa... update dan terbaru... bisa jd bahan bacaan dan refleksi diiriii... jugaaa isinyaaa menarik dan berbobottttttt... mantul dehhhh... lanjutkan share info2 menarik lainnyaaa gannnn... ditunggu jugaaaa... biar makin banyak bacaan2 okok di kasku yeeeee kannnnn... ntappsss dehhhhhh....ditungguuu....
0
10-10-2019 19:36
Seinget ane dulu juga sudah ada hukumannya ketika tidak melakukan pembayaran iuran BPJS, bagi perusahaan akan dipersulit ketika mau melakukan pengurusan perpanjangan ijin-ijin usahanya dan bagi pribadi akan dipersulit ketika melakukan perpanjangan SIM dan yang lainnya. Namun ternyata itu hanya sebatas wacana dan akan sulit untuk dilaksanakan.
0
11-10-2019 08:42
Semoga ada solusi yang bisa saling menguntungkan aja Gan, initinya sih tetep di negara demokrasi siapa yang punya vote paling banyak pasti lebih unggul. Hahaha
0
14-10-2019 00:48
semakin banyak yaa peraturannya, semoga aja dananya emang di kelola dengan benar
0
Halaman 9 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.