alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d945c35a727683b3129ae91/ini-dia-5-motif-batik-dan-maknanya-udah-pada-tahu-belum
Lapor Hansip
02-10-2019 15:13
Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?
Past Hot Thread
Hari Batik Nasional memang dirayakan pada 2 Oktober setiap tahun, tetapi bukan berarti kita berhenti mengapresiasinya di luar waktu tersebut, bukan? Nah, karena sebenarnya kain batik ini sudah begitu akrab dengan kehidupan kita sehari-hari dari dulu, sebenarnya kita pun sudah akrab dengan motif-motif batik yang sering kita lihat. Namun, tahukah Anda soal nama dan makna di balik setiap motif batik yang paling populer tersebut? 

Yuk, kita kenali beberapa motif Batik paling populer dan makna di baliknya berikut ini!


Quote:Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?
Pasti banyak yang mengira motif parang ini berarti parang yang merupakan senjata tajam itu, lho. Namun ternyata, yang dimaksud parang ini adalah pereng dalam bahasa Jawa, yang berarti lereng dalam bahasa Indonesia. Landainya lanskap lereng terlukis lewat garis-garis lekuk berpola menurun yang tidak terputus pada motif ini. Motif batik parang ini menyimpan petuah bagi kita untuk tidak putus semangat dan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, maupun bentuk pertalian keluarga.


Quote:Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?
Motif Batik ini berasal dari buah kolang-kaling terbelah empat yang melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal usulnya. Motif batik kawung juga berarti sebagai simbol keadilan dan kesejahteraan. Dalam film pendek berjudul Sekar (2018) arahan sutradara Kamila Andini, motif batik kawung juga menyiratkan hati yang bersih.


Quote:Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?

Motif Batik ini adalah salah satu motif khas Solo, yang biasa dipakai saat acara lamaran oleh pihak calon pengantin pria. Makna motif batik satrio manah ini adalah doa agar lamaran dapat diterima oleh pihak calon pengantin wanita beserta keluarganya.


Quote:Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?

Motif Sekar Jagad ini mengandung makna kecantikan dan keindahan, sehingga motif batik Sekar Jagad ini cocok dipakai untuk menghadiri resepsi pernikahan. Bentuk motif batik Sekar Jagad ini menyerupai gugusan pulau pada peta (atau "kar" dalam bahasa Belanda), yang juga melambangkan keragaman yang ada di seluruh dunia (jagad).


Quote:Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?


Motif Sidomukti ini berbentuk seperti layang-layang yang dihiasi isen-isen dan ornamen hias lainnya seperti kupu-kupu, gunungan, dan bunga. Motif batik sidomukti yang biasa dipakai diacara resmi atau upacara adat seperti pernikahan ini sendiri menyimpan makna agar sang pemakai batik ini hidup makmur dan sejahtera.  



Tak kenal, maka tak sayang. Pepatah lama ini rasanya berlaku juga dalam hal melestarikan budaya batik, yang bisa kita mulai dengan mengenali motif-motif batik dari yang paling populer. Tidak sekadar tahu namanya, tetapi juga paham akan makna dan waktu yang tepat untuk memakainya, mengingat doa dan harapan yang juga terkandung di dalamnya. 

Motif mana nih yang jadi favorit kamu? Share yuk Gan Sis!


Sumber
Diubah oleh kudanil.la
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Batawati dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 10
09-10-2019 14:24
gitu ye gan
ga tau emoticon-Big Grin
0
09-10-2019 14:27
dulu udh pernah k ulen sentalu ktny parang itu ga boleh dpake k kimpoian
0
09-10-2019 14:35
sblmnya ga tau emoticon-Big Grin cendollss
0
09-10-2019 15:19
mau beli batik lagi
0
09-10-2019 15:19
sering ngeliat dikain jarik yang pakai perempuan atasnya kemben. emoticon-Malu
0
09-10-2019 15:19
Quote:Original Posted By andrebuana
sblmnya ga tau emoticon-Big Grin cendollss


Asiyap gan emoticon-terimakasih
0
09-10-2019 15:28
Sidomukti n sekarjagad paling banyak keknya....
0
09-10-2019 15:44
klo motif batik kayak gini maknanya apa ya, gan?
Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?
0
09-10-2019 22:40
Di jawa, setiap makna kehidupan memang bakal ditemuin dalam berbagai aspek gan
dari bentuk pintu rumah, tiang dan lain-lain punya filosofis sendiri yang berkaitan sama hidup
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
09-10-2019 23:10
Balasan post roeang15
Quote:Original Posted By roeang15
Di jawa, setiap makna kehidupan memang bakal ditemuin dalam berbagai aspek gan
dari bentuk pintu rumah, tiang dan lain-lain punya filosofis sendiri yang berkaitan sama hidup


Iya gan, hampir semua karya yang dibuat oleh orang jawa mengandung filosofi hidup atau harapan-harapan dalam kehidupan, bahkan motif batikpun ada filosofi atau makna dalam kehidupan.
0
10-10-2019 08:20
Quote:Original Posted By aisyifaaa
Mantapppp gannn. Terimakasih atas tambahan informasinyaaaahhhh
Ohhhh baru tau loh ane kalo ga bole sembarangan dipake gituuu


Iya sist, ane yang ngasih tau juga temen ane orang keraton hehehe emoticon-Nyepi
0
10-10-2019 08:21
Quote:Original Posted By ceweknyacuik
bener gan, kalo yang parang, atau batik modern ada motif parangnya ga boleh masuk keraton, soalnya motif parang cuma buat raja, hehehe CMIIW


Nah bener, setahu ane juga gitu sih gan emoticon-Shakehand2
0
10-10-2019 08:22
Quote:Original Posted By UriNami
Iya bener banget gan..
Sebenere kalau dipelajarin ntu, bagus banget lho
Soale motif-motif batik jawa ntu erat akan filosofi kehidupannya emoticon-Angel


Besok mau beli batik sidomukti aja emoticon-Malu
profile-picture
UriNami memberi reputasi
1
10-10-2019 08:24
Quote:Original Posted By bloodyslymer
ternyata, dari dulu ada juga ya yang namanya ujaran "jangan sampe salah kostum kalo ngga mau jadi cerita seumur-umur"

kata Uwak ane begitu gan emoticon-Cool


Termasuk salah kostum di sekolah gan emoticon-Ngakak
0
10-10-2019 08:39
wah bagus bagus ya maknanya gan, jadi nambah wawasan baru, makasih banget gan jadi nambah knowledge baru
0
Lapor Hansip
10-10-2019 12:51
Balasan post margareth23
Quote:Original Posted By margareth23
wah keren nih budaya indonesia memang sangat menarik dan perlu dilestarikan hingga sepanjang masa


betul banget gaaan, sayang bgt disini msh banyak org yg kurang cinta sm batik pdhl di luar negeri dihargain bgtt
0
Lapor Hansip
10-10-2019 12:51
Balasan post abellacitra
Quote:Original Posted By abellacitra
lgi bayangin pakek batik wewe


kebayang bakal secakep apaa yaa gan apalagi kl modelnya baguss wkwk
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1
Lapor Hansip
10-10-2019 12:52
Balasan post sukuu04
Quote:Original Posted By sukuu04
ane paling ngerti motif kawung sih karena dari sd smp sma jaman seni rupa kalo suruh gambar batik pasti diajarinnya ya motif kawung ini wkwkwk karena bikinnya gampang kaliyeee.


samaa gan!! wkwkw kl disuruh buat prakarya batik pasti bikinnya yg kawung lagi kawung lagiii
0
10-10-2019 12:53
Quote:Original Posted By UriNami


Iya gan... Setau ane motif-motif kain batik tu punya filosofi yang oke-oke banget...
Semacam petuah dari para leluhur
Setiap motif terdapat doa-doa yang baik..
Tapi jujur aja sih gan..ane nggak pati apal ama motif-motif jarik tersebut...soalnya banyak banget jenis motifnya 😆😆


wkwkwkw emang gann, bener bener banyak bgt motifnya, keren bgt memang batik ini!!

Quote:Original Posted By UriNami


Ahaha soalnya ya gan, motifnya tu banyak jenisnya
Ya walaupun keliatan sama, tapi namanya beda
Motif-motif tertentu juga ada filosofi nya sendiri kan, jadi buat ngapalin banyak gitu, duh suka lupa malahan 😆😆
Yang apal itu ya paling yang sering di cari orang buat acara nikahan ato ritual-ritual dalam budaya jawa lainnya


betulll bgt gan, yg ane sebutin diatas juga yg paling sering dipake orang aja biasanyaaa
profile-picture
UriNami memberi reputasi
1
Lapor Hansip
10-10-2019 12:54
Balasan post yanda506
Quote:Original Posted By yanda506
Nice info gan

emoticon-2 Jempol


thanks gann udah mampir ke trit ane yaa!! semoga tercerahkann emoticon-Toast
0
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.