• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Coba Bayangin Sebuas Apa Motor 2-Tak Bermesin 4 Silinder, Suzuki Dan Yamaha Punya

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Coba Bayangin Sebuas Apa Motor 2-Tak Bermesin 4 Silinder, Suzuki Dan Yamaha Punya

Suzuki RG500




Suzuki RG500 sebenarnya merupakan basic dari motor balap, yang diperkenalkan pada tahun 1974 bahkan sempat menjuarai ajang Grand Prix di kelas 500cc. Baru lah pada tahun 1985 Suzuki mengeluarkan replika dari RG500 unutuk model ''G'' yang disebut RG500 Gamma. Bisa dibilang bahwa RG500 Gamma merupakan versi street atau versi legal dari RG5000 yang digunakan pada ajang Grand Prix 500cc. Diproduksi masal mulai tahun 1985 sampai tutup produksi tahun 1987, motor ini juga terbilang limited. Dari segi desain bodi sama persis mengadopsi dari RG500, khas nuansa motor balap pun sangat kental. Desain yang diberikan masih sangat sederhana dan simpel hanya dibalut dengan fairing khas motor retro. Untuk spesifikasi motor ini sangat sederhana belum dibekali dengan teknologi-teknologi seperti ABS, Launch Control, Tracktion Control, mengingat motor ini merupakan motor tahun 80an jadi tidak memiliki segi fitur teknologi. Shock depan menggunakan model teleskopik 38mm dapat di adjustable spring preload dan drive valuing, untuk shock belakang menggunkan shock jenis monoshock dan dapat di adjustable spring preload. Untuk sektor pengereman Suzuki membekali dengan dual disc brake berukuran 260mm bagian depan dan single disc berukuran 210mm untuk belakang. Untuk sektor kaki-kaki dari RG500 Gamma cukup unik karena penggunaan velg depan lebih kecil satu inci berukuran ring 16 untuk velg belakang berukuran ring 17. Salah satu yang paling istimewa adalah penggunaan mesin 4 square 2 tak, seperti dilansir visordown.com(21/12/2011).

Kapasitas Mesin : 498cc
Konfigurasi : 4 Square
Pendingin : Cairan
Tenaga : 95hp @9000rpm
Torsi : 72Nm @9000rpm
Berat : 175 Kilogram
Top Speed : 236,4 km/jam

Yamaha RD500LC



Yamaha RD500LC atau dikenal dengan RZ500 di Canada dan di Australia, juga memiliki sebutan RZV500 untuk pasar otomotif di Jepang. Kehadiran Yamaha ini sebagai pesaing Suzuki RG500 Gamma dalam kelas motor 2 tak 500cc. Dan juga sama seperti Suzuki, RD500LC ini merupakan replika dari YZR500 yaitu motor Gand Prix pada tahun 1980. Bisa dibilang motor ini merupakan versi street atau versi legal dari motor YZR tersebut yang diproduksi pada tahun 1984 hingga 1986. Dalam segi performa mesin dan segi desain keduanya memiliki kesamaan, karena memang menggunakan basic motor yang sama, sama-sama mengadopsi aura motor balap. Jika disandingkan dengan Suzuki RG500 Gamma, keduanya memiliki desain pada bodi yang sama, balutan fairing yang simpel dan sederhana khas motor retro. Untuk fitur-fitur khusus jangan berharap ada pada motor ini, karena memang diproduksi pada tahun 80an untuk segi teknologi belum include pada motor ini. Hanya saja fitur keistimewaan terletak pada mesin yang memiliki konfigurasi mesin V4 yang dapat mengeluarkan tenaga luar biasa. Untuk bagian suspensi depan dibekali dengan suspensi model teleskopik berukuran 33mm adjustable spring preload dan anti dive vasiable untuk suspensi belakang menggunakan suspensi jenis monoshock adjustable spring preload dan rebound damping. Pada sektor pengereman Yamaha mempersenjatai dengan dual disc 267mm untuk bagian depan dan single disc 245mm untuk bagian belakang. Velg yang dipakai pun unik dengan ukuran ring 16 pada bagian depan dan velg belakang memiliki ukuran lebih besar 2 inci yaitu ring 18, dilansir classic-motorbikes.net(29/1/2012).
Kapasitas Mesin : 499cc

Konfigurasi : V4

Pendingin : Cairan

Tenaga : 88hp @9500rpm

Torsi : 67,7Nm @8500rpm

Berat : 198,6 Kilogram

Top Speed : 238,0 km/jam

0
4.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.