alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9847062f568d33da049aa3/kampung-topeng-destinasi-wisata-hemat-biaya-dan-mengedukasi-di-kota-malang
Lapor Hansip
05-10-2019 14:32
Kampung Topeng, Destinasi Wisata Hemat Biaya dan Mengedukasi di Kota Malang
Past Hot Thread

Kampung Topeng, Destinasi Wisata Hemat Biaya dan Mengedukasi di Kota Malang

Berwisata cenderung identik dengan kegiatan yang sifatnya senang-senang. Hal ini karena berwisata adalah sebuah cara untuk melepaskan penat setelah menjalani rutinitas harian yang padat. Tapi berwisata sendiri sebenarnya tak melulu soal senang-senang. Jika kamu pintar memilih alternatif wisata, kamu bisa menikmati liburan yang tidak hanya membuat penatmu hilang, tapi juga membuatmu lebih pintar. 

Salah satu jenis wisata yang menawarkan dua hal ini adalah wisata edukasi.Wisata edukasi atau bisa disebut juga dengan anjangkarya adalah salah satu alternatif wisata, dimana kamu tidak hanya sekedar berwisata, melainkan juga menambah nilai-nilai edukasi dalam wisatamu. Ada banyak jenis wisata edukasi yang ditawarkan pengelola wisata. Tapi kamu harus mengunjungi yang satu ini, Wisata Kampung Topeng Malang.   

Tentang Wisata Kampung Topeng di Kota Malang 

Kampung Topeng, Destinasi Wisata Hemat Biaya dan Mengedukasi di Kota Malang

Kota Malang memang semakin gencar menawarkan aneka inovasi wisata, salah satunya adalah Kampung Topeng. Terletak di Desa Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Kampung Topeng baru diresmikan oleh walikota Malang yang memerintah saat itu, yaitu  Abah Anton pada 14 Februari 2017. Kampung ini memiliki luas lima ribu hektar persegi dan berisi ratusan  topeng aneka warna dan karakter, yang dipasang berselang-seling. Tak hanya itu, di Kampung Topeng juga terdapat aneka bunga cantik serta topeng raksasa yang tingginya mencapai 7,5 meter dan tingginya 5 meter. Topeng raksasa ini menggambarkan dua tokoh wayang yang dekat dengan masyarakat Malang, yaitu Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji. 

Jika berkunjung ke Kampung Topeng, kamu akan menemukan banyak sekali lokasi foto yang instagramable. Kamu juga akan mendapatkan pengetahuan baru soal aneka jenis topeng, juga kesempatan untuk membuat dan mewarnai topeng oleh-olehmu sendiri! Menyenangkan bukan?

Untuk pergi kesana kamu cukup mengetik lokasinya di google maps, lantas mengikuti petunjuk arahnya. Hanya perlu setengah jam dan kamu akan sampai disana. Tiket masuk ke tempat ini juga tidak mahal. Kamu hanya perlu membayar sebesar lima rupiah, dan kamu sudah bisa puas berkeliling dan menikmati keindahan Kampung Topeng.

Kamu juga tak perlu khawatir akan mati gaya atau mengerutkan dahi sebab tak tahu sejarah atau karakter-karakter dari topeng yang kamu lihat. Sebab, akan ada warga setempat yang dengan lihai memberimu panduan mengenai aneka hal di tempat wisata ini. Mereka sudah terlatih untuk memandu para wisatawan karena rutin diberikan pembinaan.

Fasilitas di Kampung Topeng Malang 

Kampung Topeng, Destinasi Wisata Hemat Biaya dan Mengedukasi di Kota Malang

Kampung Topeng sendiri terdiri dari empat puluh rumah. Kampung ini sebenarnya menjadi bentuk pemberdayaan pemerintah kepada penduduk setempat. Dimana, penduduk Kampung Topeng ini dulunya adalah gelandangan dan pengemis di Kota Malang. Mereka lantas difasilitasi dengan hunian seluas 3 x 4 meter, sekaligus usaha topeng agar tidak mengemis lagi. Selain itu, penduduk juga dibekali dengan pembinaan selama tiga bulan, serta modal usaha. Karena itu, tidak mengherankan jika di Kampung Topeng akan banyak kamu temui penjual makanan sebagai bentuk usaha masyarakat. Mulai dari mie ayam, tempura, dan bakso. Fasilitas di tempat ini juga sudah lengkap. Mulai dari toko souvenir, toilet, juga bank BNI di sekitar kamu. Bahkan, di Kampung Topeng juga tersedia wahana wisata seperti flying fox!

Bagaimana sudah tertarik untuk berkunjung kesana? Yang pasti, selain bergembira menikmati aneka ragam topeng warna-warni, dapat banyak foto bagus, serta bisa belajar tentang sejarah dan aneka jenis topeng khas Malang, tentunya kamu juga bisa semakin meningkatkan rasa simpati mu terhadap sesama. Caranya? Dengan berbaur dengan warga Kampung Topeng pastinya!


0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
05-10-2019 14:35
Selalu penasaran ane tuh sama Malang, destinasi wisatanya banyak banget. Adem dan murah lagi, tp blm pernah sempet main kesono emoticon-Frown ntr kalo ada rejeki ane masukin wishlist dah ni tempat
profile-picture
profile-picture
junleon dan thezahilda memberi reputasi
2
06-10-2019 13:24
wow... keren banget gan, kok ane belum tau ya kalo ada kampoeng topeng ini?? boleh sih kayanya kemari kapan2
profile-picture
thezahilda memberi reputasi
1
10-10-2019 05:28
wah menarik juga neh
0
10-10-2019 05:28
Quote:Original Posted By mamabraddox
wow... keren banget gan, kok ane belum tau ya kalo ada kampoeng topeng ini?? boleh sih kayanya kemari kapan2


Yuk cuzz deh gan emoticon-Goyang
0
Lihat 1 balasan
10-10-2019 15:05
wahhh unik juga nihhh bisa buat hunting foto uhuuy
0
Lihat 2 balasan
10-10-2019 23:29
Setuju banget gan bahwa Kota Malang semakin gencar menawarkan aneka inovasi wisata, selain kampung topeng, ada juga kampung warna warni, dan mungkin masih ada lagi yang lainnya.. Btw, salut pada pemerintah di kota malang yang sangat peduli dengan nasih para gelandangan dan pengemis dengan memfasilitasi hunian juga memberikan modal untuk usaha.
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
11-10-2019 02:31
kereeen, wisata di malang makin banyak dah sekaraaang.
0
Lapor Hansip
11-10-2019 02:31
Balasan post christine57
iyanihhh pasti bakalan rame anak anak gaul buat foto foto demi kepentingan konten awkakwk.
0
11-10-2019 07:28
Keren siiihhh tapi kayanya agak sedikit spooky buat aku hehehe tbank you gann rekomendasinyaaa ...
0
11-10-2019 22:04
Semakin banyak wisata edukasi yg instagramable di kota Malang emoticon-Traveller
0
Lapor Hansip
14-10-2019 12:58
Balasan post pabloo
info dong gan, bukanya dari jam berapa sampe jam berapa ya wisata ini?
0
14-10-2019 14:24
malang emang enggak ada habis nya kalau mslh wisata, mantab lah
0
Lapor Hansip
18-10-2019 18:18
Balasan post christine57
@hasya429 dari banyaknya yang foto-foto bisa jadi nge-brandig kampung tersebut tuuuhhh.. mungkin nantinya bisa jd sumber penghasilan juga bagi warga setempat
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.