alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9693b8408828427ce801/jokowi-terbitkan-perpres-berbahasa-indonesia-di-forum-dunia
Lapor Hansip
09-10-2019 15:13
Jokowi Terbitkan Perpres Berbahasa Indonesia di Forum Dunia
Past Hot Thread
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia pada 30 September 2019. Dalam aturan itu, pejabat negara termasuk presiden dan wakil presiden wajib menggunakan Bahasa Indonesia dalam pidato resmi di dalam atau di luar negeri.

“Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pidato resmi Presiden, Wakil Presiden, dan pejabat negara yang lain yang disampaikan di dalam atau di luar negeri,” bunyi Pasal 5 Perpres ini, dikutip dari laman setkab, Rabu (9/10).

Perpres tersebut diterbitkan dengan pertimbangan bahwa Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2010 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pidato Resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden serta Pejabat Negara Lainnya belum mengatur penggunaaan Bahasa Indonesia yang lain sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 40 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009.

Menurut Perpres tersebut, penggunaan Bahasa Indonesia harus memenuhi kriteria Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. Perpres itu juga menyebutkan, Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam dokumen resmi negara, paling sedikit meliputi surat keputusan, surat berharga, ijazah, surat keterangan, surat identitas diri, akta jual beli, surat perjanjian, dan putusan pengadilan.

Selain itu, dalam perpres ini juga ditegaskan penyampaian pidato resmi Presiden atau Wakil Presiden pada forum nasional dan forum internasional yang diselenggarakan di dalam negeri dilakukan dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

“Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia memberikan perlakuan yang sama dalam penggunaan bahasa terhadap kepala negara atau kepala pemerintahan, wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan, sekretaris jenderal Perserikatan BangsaBangsa, dan/atau pimpinan tertinggi organisasi internasional yang melakukan kunjungan resmi ke Indonesia berdasarkan asas kedaulatan negara, asas resiprositas, dan kebiasaan internasional,” bunyi Pasal 9 Perpres tersebut.

Sementara, bahasa asing dapat tetap digunakan untuk memperjelas pemahaman dalam pidato berbahasa Indonesia.

“Dalam hal diperlukan untuk memperjelas pemahaman tentang makna pidato, pidato resmi presiden dan atau wakil presiden, dan pejabat negara yang lain yang disampaikan dalam bahasa Indonesia dapat memuat bahasa asing,” bunyi Pasal 15 Perpres ini.

Untuk pidato resmi di luar negeri Perpres tersebut menyebutkan, penyampaian pidato resmi presiden dan atau wakil Presiden sebagaimana dimaksud dalam forum yang diselenggarakan di luar negeri dilakukan dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Pidato resmi sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, disampaikan dalam forum resmi yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), organisasi internasional, dan negara penerima.

“Penyampaian pidato resmi presiden dan atau wakil presiden sebagaimana dimaksud dapat disertai dengan atau didampingi oleh penerjemah,” Pasal 18 Perpres ini.

Dalam hal diperlukan untuk memperjelas dan mempertegas yang ingin disampaikan, menurut Perpres tersebut, presiden dan atau wakil presiden dapat menyampaikan isi pidato sebagaimana dimaksud secara lisan dalam bahasa asing dan diikuti dengan transkrip pidato dalam Bahasa Indonesia.

Menurut Perpres itu, pidato presiden dan atau wakil presiden yang tidak termasuk sebagai pidato resmi meliputi pidato yang disampaikan dalam forum ilmiah, sosial, budaya, ekonomi, dan forum sejenis lainnya. Acara itu diselenggarakan oleh lembaga akademi, lembaga ilmu pengetahuan dan teknologi, lembaga swadaya masyarakat, serta kelompok atau perseorangan yang termasuk dalam kategori masyarakat sipil.

Perpres tersebut juga menyebutkan, dalam hal diperlukan, presiden dan atau wakil presiden dapat menyampaikan pidato resmi dalam bahasa tertentu selain Bahasa Indonesia pada forum internasional. Bahasa tertentu sebagaimana dimaksud meliputi bahasa resmi Perserikatan BangsaBangsa yang terdiri atas bahasa Inggris, Prancis, Cina, Rusia, Spanyol, dan Arab, serta bahasa lain sesuai dengan hukum dan kebiasaan internasional.

“Ketentuan mengenai pidato resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden sebagaimana dimaksud berlaku secara mutatis mutandis terhadap pidato resmi pejabat negara yang lain sesuai dengan derajat jabatan dan/atau tata cara protokol yang berlaku bagi pejabat yang bersangkutan,” bunyi Pasal 22 Perpres ini.

Peraturan Presiden tersebut mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yaitu pada 30 September 2019 oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

https://www.google.com/amp/s/m.repub.../amp/pz3ae5382

Jokowi Terbitkan Perpres Berbahasa Indonesia di Forum Dunia

Ciee tahun depan sidang pbb pake bhs indonesia ne yeee..

I kall yuuu... Inpes in my kantri emoticon-Big Grin



emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 17 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 13
09-10-2019 23:56
Quote:Original Posted By ntapzzz
Loh, kan ente tim jilat pakdhe. Masa gak tau?

Ya sudah kalau gak tau. Makasih emoticon-Salaman


Loh ente tahu?

Kasih tau dong, kan ilmu yang bermanfaat itu amalan jariyah.

Apa emang ga tahu.
Makanya pas dijedotin pertanyaan kenapa SBY waktu jadi presiden pidatonya di luar juga pake bahasa Inggris, ente ngeles! emoticon-Ngakak
0
09-10-2019 23:58
Quote:Original Posted By merasukimu
Loh ente tahu?

Kasih tau dong, kan ilmu yang bermanfaat itu amalan jariyah.

Apa emang ga tahu.
Makanya pas dijedotin pertanyaan kenapa SBY waktu jadi presiden pidatonya di luar juga pake bahasa Inggris, ente ngeles! emoticon-Ngakak


Gak ada yang omongin sby disini. Ini ngomongin pakdhe. emoticon-Salaman

Ane gak tau makanya tanya sama tim jilatnya beliau emoticon-Salaman

Kenapa gak patuh terhadap uu yang ada? emoticon-Salaman
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
10-10-2019 00:00
Balasan post ntapzzz
Quote:Original Posted By ntapzzz


Coba dirunut lagi emoticon-Salaman

Loh ngapain bohong.

Hihi

Ane numpang taruh tautan, buat nanti kalau ente sudah gak jaka sembung bawa golok kita lanjut diskusinya.


loh ente ini mau bahas apanya ?

penerbitan perpresnya sudah paham ?? atau masih telmi ??

yang nyambung dengan tritnya gitu loh, jangan ngalor ngidul emoticon-Christmas
0
10-10-2019 00:01
Quote:Original Posted By kadalgurun19
loh ente ini mau bahas apanya ?

penerbitan perpresnya sudah paham ?? atau masih telmi ??

yang nyambung dengan tritnya gitu loh, jangan ngalor ngidul emoticon-Christmas


Ente yang terlalu kalap. emoticon-Salaman

Jakasembung bawa golok.
0
Lapor Hansip
10-10-2019 00:04
Balasan post ntapzzz
Quote:Original Posted By ntapzzz


Gak ada yang omongin sby disini. Ini ngomongin pakdhe. emoticon-Salaman

Ane gak tau makanya tanya sama tim jilatnya beliau emoticon-Salaman

Kenapa gak patuh terhadap uu yang ada? emoticon-Salaman


lafor polisi drun... emoticon-Christmas

kan gw sudah bilang otak ente lebih baik dijual aja.

alasannya : sebab tidak ada sanksinya !

sudah ya, meladeni kadal2 gurun goblok ini tidak ada gunanya. emoticon-Christmas
Diubah oleh kadalgurun19
0
10-10-2019 00:05
Quote:Original Posted By kadalgurun19
lafor polisi bre... emoticon-Christmas

kan gw sudah bilang otak ente lebih baik dijual aja.

alasannya : sebab tidak ada sanksinya !

sudah ya, meladeni kadal2 gurun goblok ini tidak ada gunanya. emoticon-Christmas


Pakai pembenaran bawa sby lagi. Haduuuh menjijikkan emoticon-Salaman
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
10-10-2019 00:08
Balasan post ntapzzz
Quote:Original Posted By ntapzzz


Pakai pembenaran bawa sby lagi. Haduuuh menjijikkan emoticon-Salaman


loh mana ada sby dalam jawabaan ane ?

kadal gurun ini rabun ternyata.

pantas dari tadi plintat plintut, sebentar bawa video mau nyinyiri jokowi, sebentar bawa video jokowi pidato pakai bahasa linggis.

dah ya kadal gurun level newbie emoticon-Christmas
0
10-10-2019 00:08
Quote:Original Posted By merasukimu


Quote:Original Posted By kadalgurun19


Smells fishy. emoticon-Marah

Otw molor
0
10-10-2019 00:35
AKHIRNYA ADA JUGA ALASAN YG BISA BANTU DOI..
EMG BENER HARUS GINI SIH, DARI PADA SO SOAN GAK PAKE PENERJEMAH DAN NGOMONG PAKE BAHASA INGGRIS. YANG AKHIRNYA MALAH JADI DAGELAN OVJ, MALU MALUIN COK.


BTW PINOKIO ITU TUKANG BOHONG, BONEKA LAGI..
0
10-10-2019 01:21
seru nih kayaknyaemoticon-Genit
0
10-10-2019 01:34
ini orang yg gak pernah datang ke sidang pbb kah


DISURUH KE PBB NEW YORK
MALAH KE PPB YUSRIL

Kasian gue sama buzzer pinokio.
dosa nya banyak
Diubah oleh curhatboleh
profile-picture
ntapzzz memberi reputasi
1
10-10-2019 01:35
wong mereka cinta indonesia,dan mau belajar mahasa indonesia kok orang bule. cuma lebay aja,apa apa kudu bhs inggris. toh negara kita maju juga kaya amerika cina mau ga mau mereka harus bisa bahasa indonesia. mengikuti budaya negara yang ada disini.
0
10-10-2019 02:27
ts nya masih terguncang kah?
itu perpres udah dari jaman pak beye kali....

"Perpres tersebut diterbitkan dengan pertimbangan bahwa Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2010 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pidato Resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden serta Pejabat Negara Lainnya belum mengatur penggunaaan Bahasa Indonesia yang lain sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 40 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009."

TS nya kok ga di bold juga pernyataan ini? atau cma mau nyari2 bahan aja? wkwkwkwkwk
dan juga perpres yg di keluarin itu membahas banyak banget bukan cma pidato aja,,, dan ini yg di bahas ts cma penggunaan bahasa indonesia di forum internasional?
ga bangga sama bahasa sendiri? apa perlu bahasa indonesia di ganti sama bahasa sobat gurun? apa makin ga puyeng tuh kapir2 di pbb dengernya
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1
10-10-2019 03:48
Wah pakde memang keren nih. " Sementara, bahasa asing dapat tetap digunakan untuk memperjelas pemahaman dalam pidato berbahasa Indonesia. Dengan begini bahasa Indonesia tetap eksis. emoticon-I Love Indonesia
0
10-10-2019 03:49
Quote:Original Posted By NueNegatif
ts nya masih terguncang kah?
itu perpres udah dari jaman pak beye kali....

"Perpres tersebut diterbitkan dengan pertimbangan bahwa Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2010 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pidato Resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden serta Pejabat Negara Lainnya belum mengatur penggunaaan Bahasa Indonesia yang lain sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 40 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009."

TS nya kok ga di bold juga pernyataan ini? atau cma mau nyari2 bahan aja? wkwkwkwkwk
dan juga perpres yg di keluarin itu membahas banyak banget bukan cma pidato aja,,, dan ini yg di bahas ts cma penggunaan bahasa indonesia di forum internasional?
ga bangga sama bahasa sendiri? apa perlu bahasa indonesia di ganti sama bahasa sobat gurun? apa makin ga puyeng tuh kapir2 di pbb dengernya


Oh begitu ya gan? Jadi perpes udah ada sejak jaman pemerintahan sebelumnya..
Yayayayaya
0
10-10-2019 03:50
Quote:Original Posted By sevenfiveseven
wong mereka cinta indonesia,dan mau belajar mahasa indonesia kok orang bule. cuma lebay aja,apa apa kudu bhs inggris. toh negara kita maju juga kaya amerika cina mau ga mau mereka harus bisa bahasa indonesia. mengikuti budaya negara yang ada disini.


Benar sekali gan, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. emoticon-I Love Indonesia
0
10-10-2019 03:51
Quote:Original Posted By lemuku
seru nih kayaknyaemoticon-Genit


Seseru dan seasik kita minum cendol dawet ya gan?? Hehehe emoticon-Cendol Gan
0
10-10-2019 03:52
Quote:Original Posted By SeTECH
Jangan terlalu memuja muja bahasa asing sampai lupa bahasa Indonesia. Sudah saatnya kita pupuk kecintaan terhadap bahasa kita sendiri. Cuma antek asing aseng yg bakal nyinyir


Toh seharusnya kita membanggakan apa yang sudah ditakdirkan untuk kita.. Harus lah kita lebih mencintai bahasa kita bahasa Indonesia ini. emoticon-Betty
0
10-10-2019 03:54
Quote:Original Posted By indrainiesta28
Kenapa ga bahasa inggris forum internasional emoticon-Stick Out Tongue


Hahaha, gimana tuh gan?? Bahasa Inggris forum internasional??
0
10-10-2019 05:12
Yang terbaik pak de
0
Halaman 10 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.