BeritagarID
TS
MOD
BeritagarID
Sri Mulyani sebut profesi keuangan bakal hilang karena teknologi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan paparan pada Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (23/9/2019) dihadapan 100 pelaku industri.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan perkembangan teknologi automasi menyebabkan profesi keuangan seperti jasa penilaian, akuntansi, maupun aktuaria berpotensi tergantikan oleh robot yang menggunakan sistem algoritma.

“Jika Anda tidak terus-menerus meningkatkan pengetahuan dan merespons cepat terhadap perubahan, maka Anda sekalian akan menjadi tertinggal,” ujar Sri Mulyani dalam pidatonya pada acara Expo Profesi Keuangan di Jakarta, Selasa (8/10/2019), seperti laporan detikcom.

Profesi keuangan tersebut termasuk dalam 23 juta pekerjaan yang diprediksi oleh konsultan McKinsey akan hilang pada 2030 mendatang. Hal itu diungkap laporan mereka keluaran 24 September 2019 lalu.

McKinsey menganalisis pekerjaan seperti administrator gaji, pengawas transaksi, operator mesin, buruh pabrik, rentenir, dan pekerja legal akan hilang karena 70-75 persen dari total jam kerja bakal tergantikan mesin. Pekerjaan tersebut termasuk dalam pekerjaan yang repetitif.

Sementara, jenis pekerjaan yang tidak mudah digantikan robot adalah perawat, sales, seniman, peneliti, CEO, dan manajer proyek. Hanya kurang dari 30 persen dari total jam kerja mereka akan tergantikan oleh robot.

Jenis pekerjaan yang tetap dibutuhkan meski ada robot adalah pekerjaan dengan aktivitas fisik yang tak terprediksi sebelumnya, kemampuan berinteraksi dengan para pihak, dan mengatur serta mengelola Sumber Daya Manusia (SDM).

Tantangan bagi Indonesia adalah automasi bisa menyebabkan angka pengangguran meningkat jika tidak dibarengi dengan pembekalan keterampilan berbeda.

Merujuk data Badan Pusat Statistik, jumlah pengangguran terbuka pada Februari 2019 mencapai 6,82 juta orang atau 5,01 persen dari total penduduk usia produktif.

Jumlah penduduk yang bekerja pada Februari 2019 sebesar 129,37 juta orang, bertambah 2,30 juta orang (1,81 persen) jika dibandingkan dengan Februari 2018 sebanyak 127,07 juta orang.


Lapangan kerja baru
Meski sejumlah pekerjaan bakal hilang, McKinsey memprediksi akan ada 27 juta hingga 46 juta pekerjaan baru yang tercipta, seperempatnya adalah jenis pekerjaan baru yang tak pernah ada sebelumnya.

Pekerjaan baru ini didorong oleh sejumlah faktor karena adanya peningkatan gaji dari para pekerja, biaya asuransi kesehatan yang meningkat, peningkatan investasi untuk pembangunan, infrastruktur, energi, dan teknologi, serta adanya pasar yang tercipta untuk childcare atau penampungan anak.

Infrastruktur berkontribusi terhadap 3,4 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2010 hingga 2015, dan akan meningkat hingga 4,5-5 persen pada 2017 sampai 2035. Alhasil, akan tercipta lapangan pekerjaan baru seperti arsitek, insinyur, insinyur listrik, tukang kayu, dan sales.

Perkembangan investasi di teknologi penjualan seperti layanan e-commerce juga bakal menciptakan lapangan kerja baru seperti progammer dan pekerja logistik di gudang perusahaan.

Pengusaha kecil dan menengah juga akan bermunculan karena kemudahan teknologi untuk menjual barang dagangan mereka. Misalnya, di Tokopedia tercatat 4 juta merchant yang banyak di antaranya adalah penjual pemula.

McKinsey memprediksi transaksi e-commerce akan melonjak hingga AS $65 miliar pada 2022 dengan 30 persen di antaranya adalah transaksi pembelian.

Dengan skenario penambahan pekerjaan baru, setidaknya AS $135 miliar akan bertambah saban tahun terhadap PDB Indonesia per 2025 sehingga Indonesia paling unggul di kawasan ASEAN.


Ekosistem baru
Dengan adanya pekerjaan baru, dibutuhkan pula ekosistem baru yang mendukung, dari institusi pendidikan, industri, NGO, dan pemerintah.

McKinsey menjelaskan, ekosistem yang tercipta mesti memprioritaskan enam poin. Pertama, perlu adanya dukungan kebijakan fiskal dan moneter yang mendukung bisnis, investasi, dan inovasi. Terlebih, untuk mendukung peningkatan investasi di sektor infrastruktur dan energi.

Kedua, perlu ada pelatihan dan pengembangan keterampilan di lingkungan kerja. Perusahaan bisa bekerja sama dengan para pihak termasuk institusi pendidikan dan pemerintah untuk memberikan pelatihan dan kesempatan baru bagi para pekerja atau calon pekerja.

Ketiga, perlu adanya fleksibiitas dalam perekrutan calon pekerja, bisa melalui platform yang menghubungkan perusahaan dengan pencari kerja agar tepat sasaran. Juga, melalui bootcamp yang diinisiasi oleh perusahaan untuk mahasiswa atau pelajar sekolah menengah.

Kemudian, pemberian gaji pada pengangguran dan pelatihan bagi mereka yang sedang memasuki tahap transisi pencarian pekerjaan atau butuh keterampilan baru.

Selanjutnya, pemerintah perlu menyokong investasi dan pengeluaran untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, layanan kesehatan, dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Kerja sama antara negara dengan pihak swasta dibutuhkan untuk merealisasikannya sehingga tercipta lapangan pekerjaan baru.

Terakhir, mempromosikan wirausaha. Dengan berwirausaha, maka akan tercipta lapangan pekerjaan baru. Negara seperti Indonesia dengan bonus demografi yang melimpah hingga 265 juta dan 60 persennya adalah anak muda, membutuhkan inisiatif baru untuk startup serta wirausaha skala menengah dan kecil.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rena-teknologi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tersangka kasus persekusi Ninoy jadi 13, termasuk Sekjen PA 212

- Lansia rawan kesepian, milenial cenderung emosional

- Bagaimana kualitas udara Jakarta dibanding kota dunia? (Rabu, 09/10/2019)

Diubah oleh KASKUS.HQ 09-10-2019 09:26
orgbekasi67tata604anasabila
anasabila dan 5 lainnya memberi reputasi
6
7.3K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.id
icon
13.4KThread723Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.