carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Numpang Nostalgia! Tempat Makan Favorit Sekitaran ITS
Halo agan dan sista sekalian, semoga yang pada demo tetap aman dan terkendali. Gegara liat youtube dan ada review makanan di Surabaya dan kebetulan yang sering ane kunjungi waktu kuliah, ane jadi pingin bernostalgia. Kali ini ane akan membahas tempat makan sekitaran almamater ane, ITS yang sering ane kunjungi. Beberapa tempat merupakan tempat reguler ane untuk makan semasa kuliah. Ane jelasin dulu kalo ane angkatan tua dan ane udah lama gak ke tempat makan makan tersebut, jadi harap maklum ane gak tau harga sekarang emoticon-Hammer. Tempat makan akan ane bagi ke dalam tiga bagian, Reguler, Menengah dan Hedon. Yuk langsung aja disimak.



- REGULER (Maks. 5.000) -

Sebagai anak kost, ane gak bisa makan yang mahal - mahal mulu. Maka dari itu, makanan reguler ane adalah makanan yang sederhana. Hari - hari ane bakalan cari makan di tempat - tempat ini. Hargan di segmen makanan ini maksimal 5000 tidak termasuk minum. Tapi di jaman ane kuliah ya. emoticon-Stick Out Tongue

1. Pecel Mak Yem

Spoiler for Mulus:



Tempat makan yang satu ini favorit banget. Lokasi warungnya ada di Tegal Mulyosari Barudi pinggir kali TMB, ala - ala riverside gitu. Warung ini menyediakan pecel dengan lauk ayam atau telur. Selain pecel, warung ini juga menyediakan sayur lodeh. Kalau agan dan sista beruntung, pada hari - hari tertentu akan ada sayur bobor (daun ketela dengan santan). Duh enak banget sayur bobornya. Waktu ane kuliah, harga satu porsinya masih 5000 emoticon-Hammer, kalau sekarang mungkin 10.000. Di warung ini juga ada sambal merah yang bisa diambil sesuka hati kalau harga cabai masih murah. Kalau cabai masih mahal, sambal akan di keep dan diambilkan penjual. Sambelnya pedes banget gan, sist, setidaknya saat ane masih sering makan di sana.

Gak tau deh, yang jualin masih Mak Yem atau sudah secara total diganti sama anaknya, Mbak Tari. Tapi kalau ada nenek seksi pakai tanktop, nah itulah Mak Yem emoticon-Hammer. Ane pernah dikasih tahu Mak Yem filosofi berjualannya. Kata beliau yang penting mahasiswa kenyang, makanan enak, dan murah. Emang sih, jaman ane dulu porsinya banyak, rasanya nendang, dan harganya relatif murah.

2. Warung Mak Masjid

Spoiler for Mulus:



Moon maap, sampai sekarang ane gak tau nama yang punya. Tempat makan yang satu ini agak tersembunyi. Dulu sih tempatnya ada di depan Masjid depannya PENS, jalan tembusan ke TMB. Sebelum pembangunan Masjid, warungnya keliatan jelasa di depan Masjid. Tetapi setelah Masjid dibangun, warung nya pindah ke belakang Masjid. Samping Masjid, kalau jalannya dari PENS. Warung yang satu ini porsinya porsi kuli. Nasinya banyak banget dan lauknya juga gak tanggung - tanggung. Menu yang disediakan cukup sederhana, lauknya hanya ayam kecap. Selain nasi, warung ini juga menyediakan Indomie sebagai ganti karbohidrat. Sayurnya ganti - ganti, suka - suka mak nya mau masak apa emoticon-Hammer. Tidak lupa juga sambal bawang yang mantap banget buat teman makan. Waktu ane kuliah, harga seporsi cuma 4000 aja. Orangnya ramah dan yang pasti makanannya mahasiswa-friendly banget.

3. Penyetan Keputih

Spoiler for Mulus:



Agan dan sista bakal nemu banyak banget warung kalau berjalan sekitar Keputih dengan landmarknya yang khas, Sakinah (gak tau masih buka apa gak). Nah, tempat makan favorit ane adalah salah duapenyetan diantara yang banyak itu. Ane bingung kalau ngasih ancer - ancernya emoticon-Hammer . Pokonya yang jual dulu udah kenal sama ane. Menunya sih standar sama penyetan lainnya. Menu yang biasa ane pesen adalah tempe / tahu / ikan asin goreng dan telur ceplok. Jaman ane kuliah, satu kali makan cuma 3500 rupiah. Kayaknya ane paling sering makan di sini. Karena selain murah, tempatnya juga gak jauh sama kost - kostan.

4. Tahu Tek Gebang

Spoiler for Mulus:



Tahu tek yang satu ini fenomenal banget. Lebih fenomenal daripada tahu telur Pak Jayen yang melegenda. Tahu tek ini adalah tahu tek abang - abang yang mangkal di perbatasan Gebang dan Kertajaya. Kenapa ane suka makan di tahu tek sini ? karena yang jual ngasih bebas ambil kerupuk. Dibungkus atau makan di sana semua bebas ambil. Syaratnya cuma satu, kaleng kerupuknya jangan dibawa pulang emoticon-Hammer. Ane beli satu poris selalu bar - bar ambil kerupuk satu kresek penuh dan abangnya biasa aja. Harga tahu tek ini 5.000 rupiah selama ane kuliah.

Selain tempat - tempat itu, masih banyak juga sih tapi gak sesering ane makan di tempat tersebut. Giras - giras juga sering jadi tujuan ane kalau lagi pingin Indomie. Biasanya pesen Indomie doble sama es teh. Ada juga warung prasamanan di pasar keputih yang ane datengin kalau lagi butuh asupan karbohidrat tinggi (nasi ambil banyak, lauknya cuma tempe tepung goreng emoticon-Hammer).

MENENGAH (Maks. 5.001 - 10.000) -


Kadang - kadang juga bosen dong makan gitu - gitu aja. Sesekali ane makan di tempat yang agak mahal, harganya antara 5.000 - 10.000. Seringnya sih kalau lagi diajak temen - temen sambil ngumpul gitu.

1. Soto Cak Har

Spoiler for Mulus:



Mungkin sudah banyak yang tau soto yang satu ini. Saat ini soto ini sudah terkenal banget dan sudah buka tempat lagi yang bagus, gede, dan mewah di jalan Soekarno - Hatta. Jaman ane kuliah dulu, soto Cak Har masih berbentuk makanan pinggir jalan, kalo gak salah buka di depan dinas perairan. Kemudian Cak Har pindah ke Keputih di samping restoran Djimbaran. Terakhir ane mengunjungi tempat yang di Keputih. Salah satu yang ane suka dari soto ini adalah kita bisa ambil koya sepuasnya. Kadang juga ane suka gadoin tuh koya emoticon-Hammer. Harga waktu ane kulliah 8.000 yang reguler tidak termasuk minum.

Di akhir - akhir ane kuliah, harga soto Cak Har sudah naik. Tapi untungnya ada soto Cak Danu dengan format yang sama dan harga masih dipertahankan. Konon, Cak Danu adalah kakanya Cak Har.

2. Pecel Malam Keputih

Spoiler for Mulus:



Lagi - lagi ane gak tau namanya apa. Ane namain pecel malam aja karena bukanya hampir tengah malam. Pecel yang satu ini jadi opsi kalau lagi lapar tengah malam. Dari pada ke giras makan Indomie mulu, ada pililhan yang nasi pecel. Pecel ini dijual oleh ibu - ibu. Lauk yang disediakan lumayan bervariasi, mulai dari perkedel sampai ayam. Biasanya ane habis sekitar 6.000 - 8.000 rupiah sekali makan di tempat ini belum termasuk minum.

3. Warung Padang Gebang

Spoiler for Mulus:



Kalau lagi pingin makan nasi Padang, ane datangnya ke Gebang. Ane lupa namanya, tapi kalau ke sini ane selalu dapat porsi banyak. Tempatnya juga lumayan enak untuk makan. Harga satu porsi dengan lauk rendang ane kena 8.000. Baru sadar, jaman dahulu dengan 8.000 ane udah bisa kenyang dan bahagia lho ternyata. emoticon-Hammer

4. Bakaran Gebang

Spoiler for Mulus:



Warung yang satu ini di ujung Gebang dekat bunderan ITS. Kalau lewat situ dan abang - abangnya lagi bakar - bakar pasti kecium bau yang menggoda. Bukanya mulai dari sore hari. Bumbu bakaran dan sambelnya lumayan enak menurut ane. harganya variatif sih, mulai dari 2.000 sampai 10.000 kalau ane pesen. Sebenernya ane bingun mau naruh ini di regular atau menengah karena harganya bervariasi. Kalau lagi ada duit ane pesen ayam bakar dan kalau gak ada duit ane cuma pesen tempe atau tahu bakar. Kadang ane cuma beli tahu atau tempe bakar 2.000 dibawa pulang dan masak nasi sendiri di kos. emoticon-Hammer

HEDON (Lebih Dari 10.000) - 


Kalau makan di tempat - tempat hedon ane ngerasa keluar dari kodrat mahasiswa kost - kost an waktu itu. Jarang banget sih ane makan di tempat hedon. Kalau gak lagi traktiran ya lagi pengen nongkrong aja sama temen - temen. 

1. SAS Resto & Cafe

Spoiler for Mulus:



Tempat yang satu ini agak tersembunyi di Mulyosari, deket bunderan. SAS sendiri sebenernya kepanjangan dari Surabaya Automotive Service. Depannya sangat ambigu karena ada bengkel dan cuci mobil. Tapi begitu masuk, agan dan sista akan disuguhi saung - saung di atas rawa - rawa. Menunya beragam banget mulai dari ikan sampai ayam. Ikannya fresh karena ane tau pas pesen ikan gurame langsung diambilin dari kolam. Gak enaknya di sini cuma satu. Kadang kalau malam banyak nyamuk. Apalagi jaman itu ane jarang mandi emoticon-Hammer. Harganya variatif di sini, liat aja di google. emoticon-Ngakak (S)

2. Depot Pak Bas

Spoiler for Mulus:



Tempat yang satu ini menyediakan menu Chineese Food. Selain rasanya enak dan harganya gak terlalu mencekit urat mahasiswa, porsinya juga banyak banget. Harga di tempat ini kisaran 20.000 sampai 50.000 rupiah. Ane selalu rame - rame kalau datang ke sini karena gak bakal habis kalau makan sendirian. Kalau agan dan sista makan di lantai dua, makanan agan dan sista akan naik lift dulu sebelum sampai di lantai dua. emoticon-Ngakak (S)

3. Coffee Corner

Spoiler for Mulus:



Kalau di sini sih gak makan, tapi ngopi sambil nongkrong. Tempat yang di lantai 2 cozy banget buat nongkrong dan baristanya ada temen ane emoticon-Ngakak (S). Lokasi cafenya sendiri ada di jalan Kertajaya samping SMAK 2 kalo ga salah. Makan di sini paling ane pilih menu standar dan paling murah yaitu nasi goreng.

***

Warung hedon lain gak ane sebutin soalnya lumayan jauh dari ITS dan kalian paling sudah pada tau. Kalau mau liat yang bening - bening biasanya ane mepet ke Galaxy mall atau yang deket - deket UNAIR kampus C. emoticon-Hammer . Gimana dengan kantin jurusan atau kopma ? Ane ke situ cuma numpang ngopi sama ngudud doang. emoticon-Hammer


Udah sekian dulu thread dari ane yang numpang nostalgia. Kalau agan dan sista ada rekomendasi lain silahkan sampaikan di kolom komentar. Kalau ada update dari warung - warung tersebut juga kasih tau ane di kolom komntar. Kalau ada salah kata dan ucap tolong dimaafkan dan dikoreksi. Ane undur diri dan sampai jumpa di thread ane selanjutnya.

Quote:



secrettopsecret
naftalena007
ceuhetty
ceuhetty dan 15 lainnya memberi reputasi
16
10.2K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.