alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d96e4b1e83c726d5016ecc1/7-jajanan-khas-pemalang-yang-siap-menggoyang-lidah
Lapor Hansip
04-10-2019 13:20
7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah
Past Hot Thread
Jajanan Khas Pemalang

7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah

Sumber gambar : Google


Selamat datang di thread ane, Gansis

Semoga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat


emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss


Berbicara mengenai jajanan, siapa sih orang yang nggak suka dengan jajan? Baik anak-anak maupun dewasa hampir semua menyukainya bukan? Kali ini, ane ingin mengenalkan beberapa jajanan khas dari Pemalang.


Eits, tapi sebelumnya, sudah kenal dengan Kota Pemalang? Sebuah kota yang terletak di pesisir Utara Pulau Jawa. Diapit oleh dua kota yang cukup terkenal yaitu Kota Tegal dan Kota Pekalongan. Selain punya destinasi wisata yang menarik, seperti yang telah ane bahas di thread sebelumnya, Pemalang juga mempunyai jajanan khas sendiri, lho.


7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah

Sumber gambar : Google


Berikut beberapa jajanan khas Pemalang yang siap menggoyang lidah :

1. Ogel-ogel

Mungkin bagi sebagian orang, nama jajanan yang satu ini terdengar aneh. Namun, jangan salah, rasa jajanan yang ini gurih dan lezat. Ogel-ogel terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang kemudian digoreng. Jajanan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Pemalang. Rasa gurih jajanan ini akan membuat ketagihan siapapun penikmatnya.

7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah

Sumber gambar : Google


2. Jenang Sirsak Khas Moga

Sesuai namanya, jajanan yang satu ini berbentuk jenang, atau jika di daerah lain disebut dodol. Jajanan ini diproduksi di Moga, salah satu kecamatan yang ada di Kota Pemalang. Biasanya dibuat dengan resep turun temurun keluarga, dengan gula pasir, bahan dasar sirsak, dan bahan-bahan berkualitas lainnya. Seiring perkembangan zaman, jenang ini tak hanya memiliki satu varian rasa, tapi ada juga Jenang Tape, Jahe, dan Pepaya.

Bagi para pecinta makanan manis, cemilan ini sangat recommended. Rasanya manis dan gurih. Dijamin bakal membuat lidah ketagihan. Oh iya, jenang ini tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan ya.

7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah

Sumber gambar : DokPri


3. Kamir

Kue ini terkenal sebagai kue dorayakinya orang Pemalang. Tahu dorayaki kan? Itu lho, makanan kesukaan Doraemon. Nah, bentuk kue ini mirip sekali dengan dorayaki, makanya sering dijuluki Dorayakinya orang Pemalang. Kue yang satu ini diproduksi di sekitar Perkampungan Arab di Pemalang.

Jika dilihat dari bentuknya yang seperti kue gosong, maka banyak orang memandang sebelah mata pada kue ini. Tak tertarik untuk mencicipinya. Bahkan cenderung berpikir ulang untuk memakan kue ini. Namun, jangan salah. Rasa jajanan yang satu ini begitu nikmat dan gurih.

Lidah pasti akan ketagihan jika sudah mencicipinya. Cocok dijadikan pengganjal perut saat lapar. Kue ini terbuat dari mentega, terigu dan telur. Oh iya, jajanan yang satu ini juga tanpa bahan pengawet.

7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah

Sumber gambar : Google


4. Apem Comal

Kalau jajanan yang satu ini berbahan dasar tepung beras dan gula merah. Diproduksi di daerah Comal, salah satu daerah di Kota Pemalang. Pembuatannya masih menggunakan cara tradisional hingga sekarang. Oleh sebab itu, ciri khas dari makanan ini masih terus terjaga. Lidah tak akan dikecewakan oleh rasa gurih dan manis dari makanan ini.

7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah

Sumber gambar : Google


5. Tahu Pletok

Makanan yang satu ini berbahan dasar tahu. Cara membuatnya, tahu dibelah menggunakan tangan hingga keluar isinya, dimasukkan adonan isi, lalu digoreng hingga berwarna agak kecoklatan. Sangat nikmat jika dimakan dengan cocolan sambal kecap manis, saos, maupun dimakan langsung dengan cabe.

7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah
Sumber gambar : Google


6. Kerupuk Useg

Pasti Gansis tak asing lagi dengan kerupuk yang satu ini. Kerupuk useg khas Pemalang memiliki citarasa yang berbeda dengan kerupuk useg di daerah lainnya. Lebih gurih dan nikmat. Menurut sejarahnya, konon kerupuk yang satu ini memang asli berasal dari Pemalang.

Biasanya sangat cocok sebagai pendamping makanan seperti Soto, Bakso, dan sebagainya. Bisa juga untuk camilan biasa. Ada berbagai varian kerupuk useg ini. Selain rasa original, ada juga kerupuk useg yang ditaburi bubuk cabai atau bawang goreng di atasnya. Semakin membuat lidah ketagihan memakannya.

7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah

Sumber gambar : Google


7. Noga Jahe Khas Moga

Makanan yang satu ini juga diproduksi di daerah Moga, salah satu daerah di Kota Pemalang. Rasanya manis, gurih, pedas, dan renyah. Berbahan dasar jahe, kacang tanah, dan wijen. Pedas di sini pedas dari Jahe ya, Gansis. Jadi, sangat cocok untuk menemani aktivitas di daerah yang beriklim dingin. Di iklim panas pun masih bisa dinikmati. Tetap enak dan gurih.

7 Jajanan Khas Pemalang yang Siap Menggoyang Lidah

Sumber : DokPri


Nah, itulah tujuh jajanan khas Pemalang yang bisa membuat lidah ketagihan untuk memakannya. Mengenai harga, Gansis tak perlu khawatir. Harga dari ketujuh jajanan tersebut relatif ekonomis. Sangat terjangkau dan pastinya tidak membuat kantong bolong.

Tertarik untuk menikmatinya? Mari berkunjung ke Kota Pemalang, Gansis. Jajanan tersebut bisa juga dijadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah lho. Berkunjung ke Pemalang tak akan lengkap tanpa mencicipi jajanan-jajanan tersebut.

Sekian dulu dari ane. Terima kasih atas kunjungannya di thread ini.

Jangan lupa cendol dan rate-nya, Gansis.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Kiss


Sumber Tulisan
Di sini
Di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 11
09-10-2019 15:14
Quote:Original Posted By TaraAnggara
no.3 di tempatku namanya samir. No. 7 faforitku tuh


Wah, beda namanya ya. Itu di daerah mana, Gan?
0
09-10-2019 15:16
Quote:Original Posted By papapierlo
tahu pletoknya ko bentuknya sama kaya tahu aci ya?? ane sih penasaran banget sama yang noga jahe ayunya gan...


Iya, mirip, Gan. Ada yang bilang tahu pletok nama lainnya tahu aci juga. 😆

Noganya enak lho. Gurih. 😁
0
09-10-2019 15:16
Quote:Original Posted By Hargo Dumilah
tahunya enak tuh


Enak banget, Gan. Apalagi dicocol sambalemoticon-Jempol
0
09-10-2019 15:17
Quote:Original Posted By alibaba123
Apem sama jenang favorit tuh, tapi yg utama tetep gemblong


Gemblong juga enak itu emoticon-Jempol
0
10-10-2019 13:13
Quote:Original Posted By eni050885
Paling cuman nama panggilan ya


beneraann nama aslinya tauuu hehehe
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
10-10-2019 13:19
Quote:Original Posted By aqi3
sega grombyang
sega bumbu
ketan pencok
kupatdekem


wahhh apa ni gann. boleh tau itu makanan semacam apaa?
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
10-10-2019 13:40
Quote:Original Posted By christine57
wahhh apa ni gann. boleh tau itu makanan semacam apaa?


Kuliner khas Pemalang itu, Kak😆
0
10-10-2019 21:23
Tahu Pletok itu semacam tahu bakso kah?
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
10-10-2019 21:44
Quote:Original Posted By bendhot195
Tahu Pletok itu semacam tahu bakso kah?


Beda, Gan
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
10-10-2019 21:51
Balasan post haz0204
Trus isinya itu apaan gan?
0
10-10-2019 22:21
Quote:Original Posted By bendhot195
Trus isinya itu apaan gan?


Isinya aci, dikasih bumbu bawang putih sama garam, Gan. Biasanya ada campuran kocai atau daun bawangnya juga.
0
Lapor Hansip
10-10-2019 22:48
Balasan post haz0204
Quote:Original Posted By haz0204


Kamir sama apem beda, Gan. Dari bahan dan juga rasa, beda semua. 😁

Ditunggu kunjungannya ke Pemalang 😁


Iya ya gan, cuma mungkin bentuknya hampir sama dengan apem jawa. Kalau apem jama terbuat dari tepung beras, dan ada pakai ragi, sedangkan kamir terbuat dari tepung terigu.
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
13-10-2019 02:57
Tahu Pletok nak nan
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
13-10-2019 03:23
Quote:Original Posted By 20.12.2013
Tahu Pletok nak nan


Enak, Gan 😁
0
14-10-2019 01:02
kamir enak banget sihhh, ane suka banget. baru tau kalo itu makanan khas pemalang
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
14-10-2019 15:55
Quote:Original Posted By sagit30
kamir enak banget sihhh, ane suka banget. baru tau kalo itu makanan khas pemalang


Agan tinggal di mana emangnya?
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
15-10-2019 09:54
Balasan post kirito1506
@kirito1506 ooh, botekan. nek aku ulujamine paling lor gan, pesantren. Salam kenal gan emoticon-Big Grin
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
15-10-2019 10:12
mampir lagi di jajanan enak
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
15-10-2019 22:43


Quote:Original Posted By haz0204
Iya, mirip, Gan. Ada yang bilang tahu pletok nama lainnya tahu aci juga. 😆

Noganya enak lho. Gurih. 😁


wahhh iya mungkin mirip2 ya... beda di muatan acinya aja kaliya, pengen cobain sih gan hehehe
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1
16-10-2019 05:17
Quote:Original Posted By dell19
@kirito1506 ooh, botekan. nek aku ulujamine paling lor gan, pesantren. Salam kenal gan emoticon-Big Grin


Wah orang Pemalang juga, salam kenal, Gan.

Quote:Original Posted By trifatoyah
mampir lagi di jajanan enak


Hehehe, monggo, Bun 😆

Quote:Original Posted By papapierlo
wahhh iya mungkin mirip2 ya... beda di muatan acinya aja kaliya, pengen cobain sih gan hehehe


Kayaknya iya, Gan. 😁
0
Halaman 10 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.