alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
274
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d985eaef0bdb2651a50d8fa/hewan-hewan-ini-semakin-sulit-ditemukan-akankah-berakhir-sebagai-dongeng
Ilustrasi Assalamualaikum Halo Agan dan Sista, bagaimana kabarnya? Ane doakan semoga selalu dalam keadaan yang terbaik. Generasi 90-an memang penuh kenangan yang tidak ada habisnya untuk dibahas. Di mana teknologi belum berkembang sepesat sekarang. Zaman ane kecil dulu belum mengenal adanya gadget, bahkan TV masih hitam putih. Kebanyakan bermain di alam bebas. Salah satunya mencari hewan-hewan kec
Lapor Hansip
05-10-2019 16:13

Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?

Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Ilustrasi

Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, bagaimana kabarnya? Ane doakan semoga selalu dalam keadaan yang terbaik. Generasi 90-an memang penuh kenangan yang tidak ada habisnya untuk dibahas. Di mana teknologi belum berkembang sepesat sekarang. Zaman ane kecil dulu belum mengenal adanya gadget, bahkan TV masih hitam putih. Kebanyakan bermain di alam bebas. Salah satunya mencari hewan-hewan kecil yang nantinya ditaruh di dalam toples atau bekas botol minuman. Seiring pembangunan yang terjadi, ane semakin sulit atau tidak pernah melihat lagi hewan-hewan teman bermain ane dulu. Berikut hewan yang keberadaannya sulit untuk ditemukan.

1. Kunang-kunang
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Sumber gambar

Dulu pas ane masih unyu-unyu, kegiatan mencari kunang-kunang selepas mengaji bersama teman-teman menjadi agenda rutin. Kunang-kunang ini muncul ketika matahari terbenam, GanSist alias malam hari. Hewan yang mengeluarkan cahaya ini, masih banyak dan mudah sekali ditemukan.

2. Kumbang Kura-kura Emas
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Sumber gambar

Bentuknya yang mirip seperti cangkang kura-kura dan berwarna emas menjadikan kumbang ini bernama demikian. Biasanya kumbang ini hinggap di daun bunga terompet. Anak-anak zaman dulu menamakan hewan ini hewan emas-emasan. Cukup di letakkan di telapak tangan, melihat hewan ini bergerak di telapak tangan, ane udah seneng banget, GanSist.

3. Capung
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Sumber gambar

Mungkin di tempat Agan dan Sista ada nama lain untuk hewan ini. Capung adalah salah satu hewan buruan ane, GanSist. Capung mempunyai warna dan corak yang beraneka ragam, ya, GanSist. Mitos yang beredar dari zaman dulu adalah jika ada seseorang yang suka ngompol, pusar anak tersebut akan di gigit capung supaya sembuh. Ada-ada aja, ya, GanSist. Mungkin niat orang tua zaman dulu hanya untuk menakut-nakuti saja. Entah cara itu ampuh atau tidak, ane belum pernah praktek.

4. Undur-undur
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Sumber gambar

Hewan ini pasti tidak asing, ya, buat GanSist generasi 90-an. Biasanya muncul di tempat berpasir. Keberadaan mereka bisa dilihat dari lobang yang muncul di atas tanah berpasir. Cara memancingnya agar keluar dengan menggunakan gelang karet. Nah, setelah keluar, undur-undur akan segera diletakkan di atas telapak tangan. Jalan hewan ini tidak maju ke depan, ya, GanSist, melainkan mundur ke belakang. Makanya hewan ini disebut dengan undur-undur, karena ciri khasnya berjalan mundur.

5. Ikan Cenang
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Sumber gambar

Ikan ini dulu sering ditemukan di sawah-sawah atau di got atau selokan. Sekarang sudah sulit ditemukan. Tempat tinggal mereka sudah tercemar oleh limbah sampah rumah tangga. Cukup menggunakan serokan kecil yang ane bawa dari rumah, ane sudah bisa menangkap ikan ini. Biasanya anak-anak zaman old akan menaruh hasil tangkapannya di dalam toples kaca.

Bagaimana kabar hewan-hewan ini sekarang? Ane sudah tidak pernah lagi melihatnya. Kalo capung, seh, ane masih pernah liat, itu juga sudah jarang banget. Padahal ane tinggal di kampung, loh, apa kabar Agan dan Sista yang tinggal di kota besar?

Ane pamit undur diri, sampai ketemu di thread ane selanjutnya. Maaf jika ada salah kata. Jangan lupa tinggalkan jejak cendol, rate, dan subscribe-nya. Jika berkenan, monggo di-follow. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber : Link
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vasbungaku1985 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 14
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Lapor Hansip
07-10-2019 20:50
Balasan post iissuwandi
saksi yang melihat ada 7 orang om
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
07-10-2019 21:20
Quote:Original Posted By Arleneoctav
Hmmm sebenernya sedih ketika ada suatu kabar yang menyatakan punahnya kehidupan hewan ini itu, asli deh itu bener bener ngerasa berdosa banget gabisa jaga ekosistem yang tuhan kasih ... hmmm semuanya berkesinambungan soalnya dan kita manusia juga hutuh rantai makanan dan ekosistem berputar dengan semestinya ...


Mereka sudah jarang terlihat karena ulah manusia sih emang

Quote:Original Posted By perihbanget
udeh banyak bener ye gan berarti umur ente? emoticon-Rusia


Satu tambah satu ganemoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By perihbanget
bener tuh, lene.
trus gimana biar kita bisa saling berkesinambungan dan berputar dengan semestinya?
emoticon-Rusia


Gimana Ganemoticon-Mewek
0 0
0
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
07-10-2019 21:21
Quote:Original Posted By neoslack
saksi yang melihat ada 7 orang om


Dimanaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Lapor Hansip
08-10-2019 12:50
Balasan post iissuwandi
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?Quote:Original Posted By iissuwandi


Waaah terima kasih Gan:terimakasih


Sesuai janji, tapi maaf hasilnya agak burem
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
08-10-2019 12:52
Quote:Original Posted By 3daigo
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?

Sesuai janji, tapi maaf hasilnya agak burem


Ya Allah, beneran adaemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek, terima kasih Ganemoticon-terimakasih

Bisa dipelihara gak seh Gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Lapor Hansip
08-10-2019 12:58
Balasan post iissuwandi
Quote:Original Posted By iissuwandi


Ya Allah, beneran adaemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek, terima kasih Gan:terimakasih

Bisa dipelihara gak seh Gan


Jangan, biarkan mereka bebas. Tapi yang capung jarum emang udah langka banget di tempat ane. Kalo kumbang emas masih banyak...
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
08-10-2019 13:01
Quote:Original Posted By 3daigo
Jangan, biarkan mereka bebas. Tapi yang capung jarum emang udah langka banget di tempat ane. Kalo kumbang emas masih banyak...


Abis udah kagak ada tempat ane Gan, asli. Ane juga suka nangkp capung, terus ekornya diiket benang, kalo sekarang inget jadi kasianemoticon-Leh Uga
0 0
0
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 08:19
Semua itu, ditempat ane masih banyak...
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 08:40
Quote:Original Posted By yanker
Semua itu, ditempat ane masih banyak...


Kerren Gan, daerah mana Gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 09:38
Kumbang kura-kura emas itu dulu sering gw cari waktu masih bocah. Di tumbuhan yang daunnya bentuk kayak hati dan bunganya ungu. Kalau beruntung bisa dapet warna emas yang berkilau dan warna lain yang gak kalah cantik. Sekarang tumbuhannya udh pada di babatin, gak yakin masih ada. Capung2 yg biasa terbang kalau sore juga udh gak ada. Sedih, gan. Semakin berkembang tempat tinggal gw, semakin jarang gw lihat hewan di atas. Ikan kecil yang dulu masih berenang di kali yang warnanya masih bening udh gak ada. Kali pada item dan bau semua.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 10:45
semoga saja tdk emoticon-Nyepi
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 10:49
itu undur2 sumpah udah langka bgt gan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 10:51
Di desa masih banyak, kecuali semua desa berubah jadi kota baru punah tu hewan hewan.
emoticon-Betty
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 11:02
Kerasanya si kunang2 dan capung. Dulu msh bocah pasti ada. Skrg sm skali gada. emoticon-Frown klo kt org tua capung gada soalnya udaranya gabagus, makanya kalo ke tmpt yga da cspungnya brrti bagus udaranya. Tau dah bener atau tdk
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Lapor Hansip
09-10-2019 11:20
Balasan post iissuwandi
Lampung Timur gan, cuman ya musiman...
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 11:33
Quote:Original Posted By Justika1118
Kumbang kura-kura emas itu dulu sering gw cari waktu masih bocah. Di tumbuhan yang daunnya bentuk kayak hati dan bunganya ungu. Kalau beruntung bisa dapet warna emas yang berkilau dan warna lain yang gak kalah cantik. Sekarang tumbuhannya udh pada di babatin, gak yakin masih ada. Capung2 yg biasa terbang kalau sore juga udh gak ada. Sedih, gan. Semakin berkembang tempat tinggal gw, semakin jarang gw lihat hewan di atas. Ikan kecil yang dulu masih berenang di kali yang warnanya masih bening udh gak ada. Kali pada item dan bau semua.


Padahaal hewan2 kecil di atas penuh kenangan banget ya Ganemoticon-Mewek
profile-picture
Justika1118 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 11:35
Quote:Original Posted By Qri.Ab
semoga saja tdk emoticon-Nyepi


Jangan sampe deh Ganemoticon-Mewek

Quote:Original Posted By afterdeath
itu undur2 sumpah udah langka bgt gan


Ane juga udah lama banget kagak liat

Quote:Original Posted By ora.w4r45
Di desa masih banyak, kecuali semua desa berubah jadi kota baru punah tu hewan hewan.
emoticon-Betty


Iya katanya desa daerah gunung masih ada, ane di desa juga deket laut tapi, udah gak ada

Quote:Original Posted By Gdeokasaputra
Kerasanya si kunang2 dan capung. Dulu msh bocah pasti ada. Skrg sm skali gada. emoticon-Frown klo kt org tua capung gada soalnya udaranya gabagus, makanya kalo ke tmpt yga da cspungnya brrti bagus udaranya. Tau dah bener atau tdk


Bener kayaknya Gan, buktinya sekarang emang banyak polusinya

Quote:Original Posted By yanker
Lampung Timur gan, cuman ya musiman...


Keeren Ganemoticon-Mewek
Diubah oleh iissuwandi
0 0
0
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
Lapor Hansip
09-10-2019 12:50
Balasan post iissuwandi
Quote:Original Posted By iissuwandi


Padahaal hewan2 kecil di atas penuh kenangan banget ya Ganemoticon-Mewek


Banget gaan.. gua tinggal di pinggiran kota Tangerang tapi masih berasa di desa yang dimana kali tempat pembuangan air aja masih jernih dan kalau musim kemarau bisa masuk ke bawah liat ikan2 kecil secara langsung. Tapi itu dulu. Ketika pembangunan rumah menyerang.. semua lenyap. Hewan-hewan yang ada di atas udah gak ada lagi. Nemu capung aja dah girang banget.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 13:41
Ikan cenang, klo d daerah Jawa Barat di sebut ikan impun kali ya gan, ane sering nangkepin nih d sawah sama got waktu jamannya aer nya masih bersih
Sekarang udah ga ada lagi emoticon-Turut Berduka
Nais trit gan, membawa kenangan masa lalu yang indah emoticon-Toast
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Hewan-hewan Ini Semakin Sulit Ditemukan! Akankah Berakhir Sebagai Dongeng?
09-10-2019 15:30
Quote:Original Posted By Justika1118
Banget gaan.. gua tinggal di pinggiran kota Tangerang tapi masih berasa di desa yang dimana kali tempat pembuangan air aja masih jernih dan kalau musim kemarau bisa masuk ke bawah liat ikan2 kecil secara langsung. Tapi itu dulu. Ketika pembangunan rumah menyerang.. semua lenyap. Hewan-hewan yang ada di atas udah gak ada lagi. Nemu capung aja dah girang banget.


Karena pembangunan habitat asli mereka tergusur, jadi sedih ane Ganemoticon-Mewek
profile-picture
Justika1118 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 12 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.