alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9aa36f65b24d208b1ed8f0/windows-64-bit-lebih-aman-ketimbang-windows-32-bit-benarkah
Lapor Hansip
07-10-2019 09:31
Windows 64-bit Lebih Aman Ketimbang Windows 32-bit, Benarkah ?
Past Hot Thread
emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News

Saat menggunakan komputer desktop atau laptop dengan kapasitas RAM 4 GB (atau lebih), maka agan/sista dianjurkan memasang sistem operasi (Windows misalnya) dengan versi 64-bit. Jika RAM kurang dari 4 GB, sebaiknya menggunakan sistem operasi 32-bit.
Secara teori, sistem operasi 64-bit mampu mengalamati memori hingga 16 Exabyte (2^64).  OS Windows 64-bit sendiri mampu mengakses RAM berkapasitas hingga 6TB. Selain kemampuan pengalamatan memori, Windows 64-bit juga punya kemampuan keamanan yang lebih baik. Benarkah ? 
emoticon-Matabelo
Windows 64-bit Lebih Aman Ketimbang Windows 32-bit, Benarkah ?

Berikut ini ada beberapa fitur proteksi dasar dari Windows 64-bit
Address Space Layout Randomization (ASLR)
Merupakan salah satu fitur keamanan yang mampu mengacak lokasi data/program dalam memori. Fitur ASLR akan memaksa virus/malware untuk menebak lokasi data yang akan diserang. Jika lokasi yang ditebak salah, maka virus/malware tersebut akan crash sehingga tidak akan mampu mengancam data/program.
Dulu sebelum ada fitur ASLR, lokasi data/program dalam memori dapat diprediksi sehingga memudahkan virus/malware menyerangnya.

Fitur ASLR telah digunakan sejak era sistem operasi Windows Vista hingga sekarang. ASLR sebenarnya juga digunakan dalam Windows versi 32-bit. Namun pada Windows 64-bit, ASLR lebih efektif karena mampu mengacak data/program pada lokasi yang jauh lebih luas mengingat dukungan akses kapasitas memori yang lebih besar.
Mandatory Driver Signing
Windows 64-bit mewajibkan semua driver yang terpasang pada sistem memiliki kode tanda verifikasi digital termasuk driver perangkat. Tujuannya agar sistem terhindar dari driver palsu dari virus/malware untuk yang mencoba mengancam sistem komputer. Malware yang berusaha menginfeksi sistem tentu harus bersusah payah mendapatkan kode tanda verifikasi digital tersebut agar dapat dikenali oleh Windows 64-bit.

Inilah yang menyebabkan driver versi 64-bit tidak bisa dijalankan pada Windows 32-bit. Begitu pula sebaliknya, driver 32-bit juga tidak dapat dijalankan pada Windows 64-bit. Apalagi, banyak driver 32-bit lama yang belum memiliki kode tanda verifikasi digital.
Kernel Patch Protection (KPP)

Adalah fitur keamanan yang hanya ada dalam Windows 64-bit. KPP akan mencegah virus atau malware yang akan menginfeksi sistem dengan cara "menumpangi" kernel Windows. Jika ada malware atau bahkan driver palsu yang berusaha "menempel" pada kernel, secara otomatis Windows akan mengalami error/BSOD (Blue Scree of Death) atau melakukan restart komputer.
Agan mungkin pernah mengalami BSOD setelah menginstal driver atau aplikasi tertentu pada Windows 64-bit. Salah satu penyebabnya adalah fitur KPP ini yang berusaha memproteksi sistem Windows. Oleh karena itu, pastikan driver dan aplikasi yang dipasang benar-benar cocok dengan versi Windows yang digunakan.

Data Execution Prevention (DEP)
Fitur ini mengijinkan sistem operasi untuk tidak mengeksekusi suatu kode perintah yang dianggap berbahaya. Jika ada kode malware yang tertulis pada suatu ruang dalam memori, maka ruang memori tersebut akan ditandai dengan label "no execute". Kode tersebut akhirnya tidak akan dieksekusi. DEP akan selalu aktif pada Windows 64-bit.
Untuk dapat menjalankan fitur DEP, Windows 64-bit mengharuskan penggunaan processor 64-bit yang telah mendukung instruksi XD bit pada processor Intel atau NX bit pada processor AMD. Instruksi semacam itu sudah umum tersedia pada processor modern saat ini.
Windows 64-bit Lebih Aman Ketimbang Windows 32-bit, Benarkah ?

Windows on Windows 64 (WOW64)
Salah satu kelebihan Windows 64-bit diantaranya mampu menjalankan aplikasi yang berbasis 32-bit. Hal ini dikarenakan Windows 64-bit memiliki fitur unik yang dinamakan Windows on Windows 64 atau dikenal WOW64.
Fitur ini mengijinkan sistem operasi Windows 64-bit memproses kode program yang masih menggunakan instruksi 32-bit. Saat menjalankan aplikasi 32-bit, WOW64 akan menerapkan beberapa aturan khusus agar sistem tetap berjalan normal. Itu sebabnya beberapa aplikasi versi lama mungkin tidak dapat dijalankan pada Windows 64-bit.

Adanya fitur WOW64 membuat virus atau malware yang biasanya menginfeksi Windows 32-bit tidak dapat berjalan pada Windows versi 64-bit.
Sudah pakai Windows 64-bit, tapi masih kena virus ? emoticon-No Hope
Windows 64-bit Lebih Aman Ketimbang Windows 32-bit, Benarkah ?
Baik Windows 32-bit atau 64-bit tidak mungkin 100% kebal dari virus. Serangan virus akan selalu berkembang. Bahkan, mungkin akan semakin rumit dan ganas. Oleh, karena itu agan wajib melakukan tindakan pencegahan atau perawatan pada komputer.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melindungi komputer dari virus diantaranya
1. Gunakan Windows 64-bit dan aplikasi 64-bit yang orisinal/resmi
2. Hindari penggunaan cheat, crack, activator, atau tool pembobol keamanan lainnya
3. Update Windows secara rutin
4. Pasang antivirus atau anti malware yang juga rutin diupdate
5. Jangan pernah mengunduh atau install aplikasi dari sumber yang tidak jelas
6. Aktifkan fitur keamanan tambahan jika ada


Jadi, sudahkah agan/sista pakai Windows 64-bit ?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
cupluc dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
Lapor Hansip
08-10-2019 18:09
Balasan post sunkistparadise
Quote:Original Posted By sunkistparadise
untuk point DEP, afaik selama hardware dan software mendukung maka fitur tsb akan berjalan. jadi misalnya procie support DEP dan OS suppport DEP maka baik mau pake versi x86 atau x64 tak ada bedanya. so, cmiiw, DEP not exclusive for x64 windows and thus misleading


beda gan. untuk 64-bit processes DEP policy nya selalu enabled. satu2nya cara utk disable melalui BCD, itupun berlaku global (not recommended). untuk 32-bit processes DEP policy nya tergantung settingan (always on, always off, optin, optout, /nxcompat). dan area memori yg di-cover sama dep juga beda antara 32-bit windows dan 64-bit windows.
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
1
08-10-2019 18:14
64 bit itu kemajuan teknologi gan, jadi gak ada hubungannya sama Aman / Kurang aman, yg penting sesuaikan aja windows sesuai bajet, tapi bagus yg embel2 pro sih..
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
1
08-10-2019 18:20
Quote:Original Posted By PapinZ
Desktop di kantor ane kena malware, 64 bit windows 10 dan original.. Yg gue mau Tanya anti virus Gratis yg bagus dan bisa di update apa ya? Bagaimana dgn Windows defender? Gue kurang ngarti ginian tapi mestinya kan otomatis terinstal ya di O.S ori nya? Bagaimana cara mengoperasikannya... Mohon suhu2 disini penjelasannya gak pake Bahasa tingkat tinggi ya entar gue malah puyeng.


AV di windows 10 udh include gan, tapi cara aktivasi nya, cukup dengan ketik Defender, enter, Lanjut update, kalo udh warna hijau brrt aman... kalo malware, ini walaupun pake AV premium juga bisa kena, cara paling ampuh sih waspada aja gan jngn suka klik2 yg sifatnya instal instal,.
nambahin: instal adwcleaner, nanti scan bablas tuh malware gan
profile-picture
profile-picture
PapinZ dan Can354dra memberi reputasi
2
08-10-2019 20:00
Setelah 8 th macbook menemani ane (plus 4 th umur sebelumnya, krn ane beli second)...akhirnya macbook mokad jg.... Barusan meminang leppy udah diinstall Windows 10 ori 64bit. Semoga aman. Ane tambahanin antivirus ClamWin yg open source + SMADAV buat nangkis virus2 lokal bandel.
emoticon-Malu
Diubah oleh krisnasp
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
1
08-10-2019 20:49
Quote:Original Posted By stealth.mode
Bisa pake Avast atau MSE. Tp kalo untuk kantor sebaiknya pake yg berbayar karena banyak data penting yg dilindungi

Jgn kek kantor ane, sahamnya emang paling mahal (dibanding PT sejenis), tp fasilitas kayak tai emoticon-Ngakak


Hahaha iya juga sih, tar lah gue coba saran agan.
0
08-10-2019 20:52
Quote:Original Posted By PapinZ
Hahaha iya juga sih, tar lah gue coba saran agan.


Di toko online murah kok, cm 100 ribuan buat setahun
0
08-10-2019 20:55
Quote:Original Posted By khalerina27
Setau ane juga gitu sih defender itu udah auto ada. Cuman ga nendang itu, punya ane aja baru2 ini kena malware, sama defender ga kena emoticon-Ngakak

Ane udah males sih pake yg free gitu, ga nendang+repot download milih2 mana yg bagus emoticon-Ngakak (S)

Biasanya beli Bitdefender, paling murah Antivirus Plus 2019 56k/tahun/1 user (official store Bitdefender toped)


Murah ya ternyata.. Soalnya dulu pernah di tawari sales apa gitu produk anti virus untuk kantor (beberapa users) 50juta plus tiap tahun bayar 5 juta, gue sih gak masalah sebenernya cuma waktu itu kata pegawai gue mending jangan.. Kemahalan trus katanya takut di bajak sama dia hahahah asli gue gak ngarti dan alhamdulillah sih belum pernah kena sampe down gitu, paling virus2 malware biasa.
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
1
08-10-2019 20:56
Quote:Original Posted By Can354dra
Windows defender sebetulnya udah bagus asal diupdate tiap hari. Kalo mau lebih bagus lagi bisa pake antivirus berbayar macem kaspersky, avast, mcafee, dkk



Karena bisa akses resource yang lebih gede, makanya bisa support instruksi/fitur yang macem-macem, termasuk proteksi.


Siap. Makasih gan saran nya.. Cendol nyusul gak punya klonengan.
0
08-10-2019 20:57
Quote:Original Posted By coffeaddict88
AV di windows 10 udh include gan, tapi cara aktivasi nya, cukup dengan ketik Defender, enter, Lanjut update, kalo udh warna hijau brrt aman... kalo malware, ini walaupun pake AV premium juga bisa kena, cara paling ampuh sih waspada aja gan jngn suka klik2 yg sifatnya instal instal,.
nambahin: instal adwcleaner, nanti scan bablas tuh malware gan


Patut gue coba. Thanks gan.. Cendol nyusul ya.



Sorry gak bisa multiquote gak keluar.
Diubah oleh PapinZ
0
08-10-2019 21:31


Quote:Original Posted By coffeaddict88
64 bit itu kemajuan teknologi gan, jadi gak ada hubungannya sama Aman / Kurang aman, yg penting sesuaikan aja windows sesuai bajet, tapi bagus yg embel2 pro sih..


Justru pada teknologi baru tuh ditambahin fitur-fitur baru, termasuk proteksi.
0
08-10-2019 21:39
Quote:Original Posted By Can354dra
Justru pada teknologi baru tuh ditambahin fitur-fitur baru, termasuk proteksi.


ane tertuju sama judul nya aja gan, maaf... karena yg membedakan 64/32 itu di jumlah RAM aja gan, selebihnya masih stabil.
0
Lihat 1 balasan
08-10-2019 22:54
Ternyata ada beberapa fitur ekstra pada versi 64bit yah, ane pasang 64 taunya cuma biar support RAM >4Gb dan ada beberapa aplikasi yang mengharuskan jalan di 64bit emoticon-Hammer (S)
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
1
09-10-2019 07:42
saya menggunakan windwos 10 64 bit asli, alhamdulillah nyaman, aman dan tidak ada problem..
0
Lapor Hansip
09-10-2019 08:04
Balasan post coffeaddict88
Quote:Original Posted By coffeaddict88
ane tertuju sama judul nya aja gan, maaf... karena yg membedakan 64/32 itu di jumlah RAM aja gan, selebihnya masih stabil.
Ukuran register biasa.
Tidak berlaku untuk register luar biasa seperti yang dipakai oleh SSE atau AVX.
profile-picture
profile-picture
Can354dra dan coffeaddict88 memberi reputasi
2
Lapor Hansip
09-10-2019 08:29
Balasan post sunkistparadise
@aspectratio terima kasih untuk koreksinya. yang saya highlight sebenarnya adalah mislead seolah2 hanya x64 saja yang punya DEP padahal x86 juga bisa selama OS dan hardwarenya mendukung. jadi DEP bukan fitur xclusive utk x64 saja
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
1
09-10-2019 10:11
kena virus itu kebanyakan donlot/nonton bokep gan emoticon-Wkwkwk
0
09-10-2019 12:49
ane pake Windows yg 64 bit engga pernah pake antivirus ampe sekarang, cuma pake yg bawaan aja tapi rajin update terus. Sampai sekarang belom pernah ada masalah leptop aneemoticon-Cendol Gan , asal jangan install dan buka situs yg aneh" aja emoticon-Big Grin
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
1
11-10-2019 14:25
mantul gan
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.