selaluberitaAvatar border
TS
selaluberita
Jakarta Hujan Semalam, Sampah Menumpuk di Pintu Air Manggarai
Rabu 09 Oktober 2019, 05:48 WIB
Jakarta Hujan Semalam, Sampah Menumpuk di Pintu Air Manggarai
Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews



Jakarta - Hujan mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya semalam. Akibatnya, sampah menumpuk di Pintu Air Manggarai.

Informasi dari BPBD DKI Jakarta, petugas tampak membersihkan sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai pagi ini. Pembersihan tersebut diketahui dari akun Twitter resmi BPBD DKI Jakarta, @BPBDJakarta, seperti dilihat detikcom, Rabu (9/10/2019).

BPBD DKI mengunggah proses pembersihan Pintu Air Manggarai melalui foto yang bersumber dari Dinas SDA DKI Jakarta serta UPK Badan Air. Foto tersebut diunggah pada pukul 04.39 WIB pagi ini.

"Pantauan CCTV Penanganan Pembersihan Sampah limpahan Kenaikan Pintu Air Katulampa dan Depok di Pintu Air Manggarai, Pegangsaan, Jakarta Pusat," tulis BPBD DKI.

Sejumlah alat berat dikerahkan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut. Sampah yang dibersihkan di Pintu Air Manggarai diketahui merupakan limpahan dati Pintu Air Katulampa dan Depok.

BPBD pun terus menginformasikan naik-turunnya tinggi muka air di sejumlah pos pantau di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bendung Katulampa maupun Pos Depok sempat mengalami kenaikan tinggi muka air hingga mencapai status Siaga III dan Siaga II. Namun, seluruh pos pantau telah dinyatakan berstatus aman per pukul 03.00 WIB dini hari tadi.






Rabu 09 Oktober 2019, 06:53 WIB
Sampah Menumpuk di Pintu Air Manggarai, Pemprov: 2 Jam Sudah Terangkat
Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews



Jakarta - Pemprov DKI memastikan petugas di lapangan sudah bersiaga untuk membersihkan sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai setelah hujan yang mengguyur ibu kota semalam. Sampah diperkirakan terangkut dalam 2 jam ke depan.

"Dalam 1-2 jam ke depan sudah terangkat, tapi pengangkutan dari emplasemen perlu mobilisasi truk. Manuvernya tidak bisa terlalu banyak. Paling ada 5-6 truk besarnya. Tapi kita sudah siapkam petugas dari kemarin sore, begitu ada early warning system pasukan kami sudah siap di lapangan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih saat dihubungi, Rabu (9/10/2019) pukul 06.45 WIB.

Alat berat seperti ekskavator sudah dikerahkan untuk membersihkan sampah. Adapun sampah didominasi kayu-kayu.

"Ekskavator BEKO sama ekskavator yang berat. Sampah bambu, kemudian kayu-kayu, jadi kelihatannya dari pinggir kali di hulu," ujar Andono.

Andono mengatakan, petugas saat ini masih melakukan pengangkutan terhadap sampah. Truk-truk juga disiapkan untuk memindahkan sampah yang terangkut.

Seperti diketahui, Jakarta diguyur hujan semalam. Pada pukul 18.30 WIB, Selasa (8/10), tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa mencapai 150 cm.
(azr/dkp)


---

Semoga nggak banjir deh. 
davecchio
Fey1985
123lalalolo
123lalalolo dan 14 lainnya memberi reputasi
15
14.2K
210
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.