Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9aecdfaf7e9361441adecd/mengenal-fenomena-biofouling-yang-mengerikan-dan-menjijikan
Biofouling adalah suatu fenomena terdapatnya banyak sekumpulan agregat organisme pada benda-benda yang terendam lama di laut. Dampak yang dihasilkan cukup merugikan karena merusak keindahan benda-benda tersebut dan menyebabkan korosi.
Lapor Hansip
07-10-2019 14:44

Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan

Setiap benda-benda yang kita tinggal dilaut, lama kelamaan akan terbentuk agregat organisme yang bernaung dilapisannya. Agregat-agregat organisme tersebut terdiri dari bakteri, jamur, tumbuhan epifit, dan sekumpulan teritip yang tumbuh tidak beraturan membuat pandangan pertama kita menjadi tidak sedap dan membangkitkan perasaan gatal.

Fenomena tersebut lumrah dalam suatu perairan yang memiliki gelombang pasang yang kuat serta tinggi permukaan laut yang dangkal. Kerapkali kapal dan pinggiran pelabuhan menjadi target yang sering dihinggapi oleh sekumpulan agregat organisme penyebab biofouling tersebut. Yang jadi masalah disini biofouling bukan saja memperjelek tampilan kapal/pinggiran pelabuhan tetapi berdampak merusak karena beberapa teritip yang hinggap menghasilkan perekat yang korosif terhadap lapisan yang dihinggapinya.

Oleh sebab itu perlu dilakukan pencegahan terhadap fenomena biofouling ini agar kita tidak terkena dampak merugikan dari biofouling. Penasaran apakah biofouling itu dan bagaimana mencegahnya, yuk langsung saja check thread berikut!


Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Mengerikan Sekali Dampak Dari Biofouling Yang Terjadi Pada Baling-Baling Kapal


Apa itu Biofouling?
Biofouling adalah suatu fenomena terdapatnya banyak sekumpulan agregat organisme pada benda-benda yang terendam lama di laut. Dampak yang dihasilkan cukup merugikan karena merusak keindahan benda-benda tersebut dan menyebabkan korosi sehingga benda tersebut lama kelamaan korosi (untuk besi). Untuk benda-benda selain besi dampak yang ditimbulkannya juga serupa.


Mengapa Bisa Terjadi Biofouling?
Biofouling bisa terjadi karena benda-benda yang sering ditenggelamkan dilaut tersebut tidak dilapisi cat anti-fouling secara berkala, akibatnya benda tersebut mudah ditempeli oleh organisme pembentuk biofouling dan lama-kelamaan segera meluas hingga akhirnya benda yang dihinggapinya rusak. Cat anti-fouling sendiri berfungsi untuk melindungi benda dari bakteri pembentuk biofilm (tahapan awal dari biofouling) agar tidak dapat menempel sehingga tidak bisa menciptakan suksesi sekunder lainnya (pertumbuhan kapang, makroalga, dan teritip).

Apa saja dampak dari terjadinya Biofouling?
Quote:1. Merusak Keindahan Kapal
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Jelas sekali rasanya bila kita melihat permukaan kapal yang mengalami fenomena biofouling, keindahannya menjadi berkurang. Dan tak jarang menimbulkan pikiran seolah-olah tubuh kita menjadi gatal-gatal bahkan tidak mau menyentuhnya. Ya hal itu disebabkan pertumbuhan teritip yang tidak beraturan dan tumbuh secara acak belum lagi ditambah pertumbuhan lumut yang semakin memperjelek fenomena biofouling.

Quote:2. Merusak Fungsi Kapal
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Baling-baling kapal yang terkena biofouling kecepatannya berkurang dikarenakan biofouling memperberat baling-baling. Imbasnya kecepatan kapal menjadi berkurang. Selain itu baling-baling juga menjadi rusak karena terjadi korosi yang parah dipicu biofouling. Tak hanya baling-baling kapal yang bisa rusak, dalam tutupan biofouling yang sudah tergolong parah bisa membuat lambung kapal bocor.

Ada juga fungsi vital lainnya yang sering terganggu karena keberadaan biofouling ini yakni saluran masuk dan keluar air balas kapal menjadi makin sempit karena disumbat oleh biofouling membuat keseimbangan kapal terganggu. Selain itu karena banyaknya biofouling pada lambung kapal maka secara fisika menambahkan gaya hambat kapal yang artinya meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Quote:3. Merusak Alat-Alat lainnya.
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Sensor-sensor yang diletakkan terendam dibawah laut untuk digunakan sebagai pengukur pasang-surut, pengukur suhu, pengukur salinitas, pengukur kecepatan arus, dll, kerapkali ditumbuhi oleh biofouling sehingga alat tersebut menjadi rusak karena sekumpulan agregat organisme pada biofouling tersebut menghasilkan senyawa perekat yang sifatnya mengikis dan melubangi substrat. Pada gambar diatas bisa dilihat bagaimana dampak yang ditimbulkan biofouling terhadap peralatan penelitian.


Bisakah Kita Mencegahnya?
Tentu biofouling bisa dicegah yakni dengan melapisi cat antifouling pada kapal atau objek-objek yang diletakan dibawah laut. Pelapisan cat antifouling tersebut harus dilakukan secara berkala agar lapisan cat senantiasa terjaga karena dalam kurun waktu tertentu lapisan cat bisa terlepas/terdegradasi karena sering tergerus arus laut.
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Pelapisan cat antifouling harus dilakukan secara berkala agar tidak terjadi biofouling.

Lalu bagaimana jika kapal sudah terkena biofouling. Cara yang paling umum dilakukan yaitu memanfaatkan peran waterjet bertekanan tinggi untuk membersihkan kapal dari biofouling. Tapi tentunya musti berhati-hati sebab tidak semua lambung kapal bisa di-spray dengan waterjet bertekanan tinggi. Masing-masing jenis kapal harus harus disesuaikan spesifikasi waterjetnya sesuai ketebalan lambung kapal agar tidak bocor ketika di semprot waterjet. Atau diperlukan teknik khusus untuk melakukan pembersihan kapal dengan waterjet. Setelah kapal dibersihkan dengan water jet jangan lupa dilapisi cat antifouling kembali.
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Waterjet digunakan untuk membersihkan antifouling


Wah rupanya serem juga ya fenomena umum yang terjadi di lautan bernama biofouling ini. Oh iya sekedar informasi, biofouling akan lebih cepat terjadi dikapal-kapal yang terbuat dari besi. Sebab kapal besi menghasilkan ion Fe yang berguna sebagai faktor pembatas produktivitas primer (plankton tidak akan tumbuh bila kurangnya Fe) karena plankton sedikit maka teritip tidak akan hidup disana.


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ipan2204 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:32
aduhhh liat aja ajaa ngeres yaa berasa liat tryphobia huh.
profile-picture
profile-picture
diandraps dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Lapor Hansip
08-10-2019 20:33
Balasan post scoria07
Quote:Original Posted By scoria07



Bener bener... Ane liatnya juga bikin geli, hampir kaya kaya jamur ga sih? Apa emang termasuk jamur ya


campuran gan, dari mulai plankton bakteri, jamur dkk emoticon-Takut
Diubah oleh Ariwanas
profile-picture
profile-picture
scoria07 dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:34


Quote:Original Posted By agoenghidayat78
disamping perawatan rutin ... biasanya dipasang juga "catodic protection" ... sebagai indikator ... apabila "catodic protection" tersebut habis maka wajib masuk "docking" untuk perawatan ... maaf just share info saja

Mantap gan infonya...
Wah baru denger kalau catodic protection, ane taunya cuma corrosion inhibitor, tapi ya cuma maksimal di pencegahan korosi aja...

profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:35


Quote:Original Posted By durexz
Kalo ini termasuk biofouling juga ya?

Miris banget ngeliatnya gan emoticon-Frown itu pengaruh dari lingkungan laut yang kotor ga sih gan?
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:35
Kalo gak salah ada tuh iklan obat kumur Lestari'in...

Mengikis biofouling di gigi sekaligus yg ada di lambung kapal...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:36
ikan tiap hari kerendem kok nggak kena biofouling ya gan emoticon-Ngacir2
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:36
ternyata kapal korengan jugaemoticon-Wakaka
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:36
geli liatnya eeuy
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:40
Serem oey lihatnya...
Bisa kek kapalan begitu yah...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 20:57
dulu banget pas ane masih kecil di Bali sering liat penyu bertelur di pantai malem2 di punggungnya ada yg begituan tuh.. gatel rasanya pengen nyabutin
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:08
kapan kapan bahas waterjet nya bang emoticon-Embarrassment
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:14
dejavu
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:15
Quote:Original Posted By erynna
ikan tiap hari kerendem kok nggak kena biofouling ya gan emoticon-Ngacir2


mungkin bisa menjelaskan

itu kapal yg biasanya lama gk berlayar atau terlalu lama berlabuh

kn gk mungkin ikan diem bae
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:16
Kalau di darat baling2 kipas angin yang begitu,,tapi debu namanya emoticon-Ngakak
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:16
ngebersihinnya bisa pake sanblast nih
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:18
Bisa terjadi pada binatang laut juga kah? kasihan emoticon-Mewek
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:22
Ini tugas nya barnacleboy kan buat bersihin?
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:28
oh ane sering nih geli geli sendiri liat beginian di kapal kapal di pelabuhan tapi ane engga ngerti ini apaan..
baca trit agan nih baru ngerti beginian iiih kasian kapal dan alat alatnya jadi begitu. Ane yang ngeliat aja geli geli ih ribet lagi di bersihinnya
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 21:28
seperti gigi kalau males gosok dan ga secara teratur periksa k dokter gigi,, akan timbul karang😁
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
08-10-2019 22:37
suuweeee meringding bulu kuduk ane emoticon-Takut (S)
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia