irhayuayank
TS
irhayuayank
Cara Membuat Bagan di Microsoft Word Untuk Pemula
Microsoft Word adalah perangkat lunak yang bisa dibilang paling sering digunakan. Bukan hanya untuk mengetik naskah saja, bisa juga membuat Bagan Struktur.
Dalam suatu organisasi biasanya digambarkan dalam bentuk Bagan Struktur atau biasa juga disebut dengan Skema. Struktur organisasi berfungsi untuk mempermudah jalannya koordinasi antara setiap jabatan atau kedudukan tentang tugas masing-masing.
Membuat Bagan atau Struktur bisa menggunakan SmartArt. AganSis bisa menemukan SmartArt pada Microsoft Word, Excel, Powerpoint, atau dalam pesan email di Outlook. AganSis juga bisa memodifikasi tampilan Bagan SmartArt baik itu bentuk maupun teks. Dengan menambah efek bayangan, pantulan cahaya dan menambah efek 3 dimensi.
Berikut ini cara membuatnya
1. Silahkan AganSis buka Microsoft Word, kemudian klik blank dokument.
2. Kemudian pilih Tab Insert yang di dalam menunya terdapat sub menu SmartArt

3. Setelah itu, akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Lalu, AganSis bisa pilih jenis bagan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan

4. AganSis bisa klik OK

5. Kemudian akan muncul bagan yang diinginkan, dan AganSis bisa langsung mengetikkan isi di kolom yang bertuliskan Type your text here

6. Ini contoh bagan yang dibuat

Ada berbagai macam Struktur Bagan yang bisa dibuat termasuk Bagan Proses yang biasa digunakan untuk menjelaskan alur pada suatu proses. Ada juga Bagan Cycle, AganSis bisa menggunakannya untuk menjelaskan suatu masalah secara melingkar. Struktur Bagan Piramid, yang biasa digunakan untuk menjelaskan suatu tingkatan pada kasus tertentu.
Untuk lebih mudah lagi, AganSis dapat membuatnya menggunakan Sub Menu yang berada tepat di samping SmartArt yaitu Shape.
Shape adalah sebuah gambar dengan beraneka ragam bentuk untuk memudahkan membuat sebuah objek termasuk bagan. Dibanding SmartArt, Shape digunakan secara manual.
Berikut cara membuatnya
1. AganSis bisa mengikuti nomor 1 pada cara yang pertama tadi
2. Kemudian pilih Tab Insert yang di dalam menunya terdapat sub menu Shape
3. Ini gambarnya

AganSis bisa memilih bentuk mana yang akan digunakan serta garis atau tanda panah yang akan menghubungkan Bagan yang digambar
Hasilnya seperti ini

Ini adalah gambar buatan saya
Selamat Mencoba 🤗
aniesdayRetnoQr3nnoenlim
noenlim dan 22 lainnya memberi reputasi
23
15.6K
47
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread•10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.