elijawengAvatar border
TS
elijaweng
Kashmir wilayah paling militerisasi di dunia
Kashmir wilayah paling militerisasi di dunia

By mas ely Wednesday, 19 December 2018

Hometulisanku
Kashmir wilayah paling militerisasi di dunia
By mas ely Wednesday, 19 December 2018 Add Comment

halo agan agan semuanya, kali ini saya akan membuat posting tentang kashmir wilayah paling militerisasi di dunia, jangan lupa kunjungi blog ane yah gan [url= sumber [url]https://www.elysetiawan.com]blog[/url] ane[/url]

wilayah  Kashmir
Cantik dan indah, tetapi mematikan, Mungkin kata itu lah yang tepat untuk menggambarkan wilayah Kashmir. Sejak lepas dari kontrol Inggris, wilayah cantik ini menjadi medan tempur antara pihak India, Pakistan, dan RRT. Memiliki luas lebih dari 200,000 km2, Kashmir diapit oleh Pegunungan Himalaya di utara serta Pegunungan Pir Panjal di selatan. Membuat daerah ini sangat subur dan dialiri banyak sungai.
.


wilayah Kashmi

sejarah Kashmir
Sejak zaman kuno, wilayah ini adalah pusat perkembangan agama Hindu dan Budha. Dimana kerajaan Hindu kuat bernama Kakoța berdiri disini (625-885). Perkembangan Islam baru terjadi saat masa pemerintahan dinasti Shah Mir (1339-1561), dimana mereka mendatangkan seorang ulama dari persia untuk menyebarkan agama Islam ke penduduk lokal. Tahun 1568, Kekaisaran Mughal menaklukan Kashmir, lalu kembali berpindah tangan ke Kekaisaran Afghan tahun 1751, dan akhirnya jatuh kepada Kekaisaran Sikh tahun 1819, sekaligus mengakhiri 4 abad kekuaasan muslim. Kedatangan orang Inggris ke tanah India tentu mengancam keberadaan Kekaisaran Sikh. perang diwilayah Kashmir
Benar saja, tahun 1845 pecahlah Perang Anglo-Sikh yang menyebabkan daerah Kashmir berubah status menjadi kepangeranan Jammu & Kashmir dibawah kontrol Inggris. Tahun 1947 setelah kemerdekaan India dan pemisahan Bengal Barat dan Timur menjadi negara Pakistan, tanah Kashmir menjadi ladang sengketa kedua negara.

Baca Juga


.


Penduduk Kashmir
Penduduk Kashmir sendiri terbagi dua atas Kelompok Nasional yang menginginkan penyatuan dengan India dan Kelompok Muslim yang menginginkan penyatuan dengan Pakistan.


perang didaerah daerah Kashmir
Setelah terjadi perang antara India-Pakistan, tentara India berhasil memcaplok sebagian besar wilayah Jammu dan Kashmir, lalu Pakistan menguasai Azad Kashmir di wilayah utara dan Gilgit-Baltista. RRT sendiri menguasai wilayah Aksai Chin dan sempat terlibat perang perbatasan dengan orang India tahun 1962. Sebenernya, orang-orang Kashmir sekarang ini lebih menginginkan suatu negara merdeka daripada harus terbagi-bagi seperti ini. Namun tentu saja, mau India ataupun Pakistan pasti sangat menentang rencana tersebut.

panorama wilayah Kashmir
potensi wilyah Kashmir
Baca Juga


Berkah terbesar Kashmir adalah sungai. Sungai membuat sistem irigrasi terhadap banyak pertanian disana. Sehingga produksi padi, gandum, jangung, asparagus, kacang-kacangan, dan kembang kol adalah sumber perekonomian penting. Mereka juga memproduksi berbagai bahan pakaian, kain wol, serta industri kayu. Sektor Pariwisata juga menjadi salah satu sektor penting setelah pertanian, mengingat daerah Kashmir sering dijuluki "Surga di bumi"

 

pertanian wilayah Kashmir
Karena terpecah kedalam beberapa negara, wilayah Kashmir sulit menentukan demografi. sekitar 13 juta lebih penduduk mendiami wilayah Kashmir yang dikontrol India dan Pakistan, dengan hampir 70% lebih adalah pemeluk agama Islam dan sisanya adalah orang Hindu, Budha, serta Sikh. Penduduk asli lebih senang menyebut diri mereka dengan sebutan orang "kashmir" dan menjadi mayoritas, diikuti beberapa pendatang asal Pakistan dan India.

 Budaya dan tradisi orang kashmir kebanyakan adalah perpaduan antara budaya India, Tibet, Punjab, dan Gujarat. Masakan orang kashmir. umumnya berbahan baku nasi dan daging domba, hampir sama dengan masakan khas persia.
Sampai hari ini, Kashmir adalah zona paling militerisasi di dunia. Pihak-pihak negara yang bertikai terus menunjukan ambisinya untuk menguasai sepetak demi sepetak tanah, dan para penduduk lokal terus berusaha untuk menunjukan suara mereka tentang kemerdekaan. Kita doa kan saja semoga wilayah indah ini bisa segera damai setelah puluhan bahkan ratusan ribu orang meregang nyawanya.

sumber https://www.elysetiawan.com/2018/12/...risasi-di.html

0
2.6K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.