ningdidien
TS
ningdidien
Menulis tak Serumit Kisah Asmaraku, Tips Sederhana Menulis ala Newbie
Dokumen Pribadi


Membahas soal Asmara memang tiada habisnya, karena kehidupan percintaan selalu menarik untuk dibahas.


Ketika kita memulai sebuah kisah cinta, tentunya berharap akan Happy Ending, meski kenyataannya perjalanan kisah asmara tak selalu mulus seperti yang kita harapkan.


Eiiiitz.. tapi thread ku kali ini bukan untuk membahas kehidupan asmara, melainkan perjalanan untuk memulai menulis sebagai newbie dalam sebuah tips sederhana versiku.. Yuuk simak tipsnya..

Dokumen Pribadi


Tips mudah memulai menulis untuk newbie, berdasarkan pengalamanku:



1. Catat apa yang terlintas di benakmu

Ide itu biasa muncul secara tiba-tiba, ntah dari pengalaman, pengamatan,membaca, dan lain sebagainya yang biasanya dengan mudah pula akan cepat menghilang.
Untuk itu kita perlu mencatat sebelum ide itu pergi menghilang.
Hal ini telah kulakukan dari bangku sekolah dulu, namun seiring berjalannya waktu mulai berubah menulis di snap medsos yang akan menghilang dalam 24jam. emoticon-Malu


"Tulis Din, Tulis.. tulis.. dan Tulis.." kalimat motivasi yang sering diucapkan oleh sosok hebat untuk mendorongku menulis. Banyak yang ku pelajari darinya sekalipun dengan padatnya kegiatan, beliau selalu menyempatkan untuk menulis. Inilah yang memotivasiku untuk mencatat setiap ide yang terlintas.

Dokumen Pribadi


2. Mengembangkan ide
Mengembangkan ide memang butuh keahlian dan pengalaman khusus.
Seringkali banyak anggapan menulis itu sulit, menemukan ide itu susah, merangkai kata itu rumit, dan lain sebagainya. Aku pun merasakan hal yang sama bahkan hingga saat ini, tapi bukankah akan lebih terasa sulit ketika kita tidak mencobanya?emoticon-Malu


Berbeda dengan sosok perempuan yang memotivasiku untuk menulis, sebagai penulis senior beliau bisa menulis dimana saja dan kapan saja tanpa perlu membuat catatan kecil. Sedangkan aku sebagai pemula, menulis itu sesuai dengan mood atau suasana hati. Ketika muncul ide harus langsung ditulis, kalau tidak begitu seiring berubahnya mood maka akan berubah pula keinginan untuk menulis.


3. Buat jadwal atau rutinitas agar konsisten dalam menulis


Langkah awal memang sulit tapi akan lebih sulit ketika kita tidak pernah memulainya.


Hal ini aku pelajari dari teman menulis yang masuk kreator ngetop. Aku coba mengorek tips menulis padanya. Bagi dia menulis bukan hanya sekedar hoby, namun sudah menjadi kebutuhan, sehari saja tanpa menulis bagaikan sehari tidak makan. emoticon-Wow


Memang terasa sulit, namun hal ini yang sementara coba ku terapkan dengan menciptakan rutinitas untuk menulis.emoticon-cystg

Dokumen Pribadi


4. Tulis Dan Lupakan aturan

Guru sekaligus mentor di komunitas menulis online yang ku ikuti sering mengucapkan kalimat itu, "tulis dan lupakan aturan" benar saja kalimat sederhana dari guru yang lebih sering dipanggil "Suhu" itu memang dapat memberi sugesti pada diri kita bahwa menulis itu mudah.


Kuncinya adalah memulai menulis lalu curahkan saja apa yang ada dibenakmu.
Selanjutnya ketika kita mulai menulis, ide itu akan mengalir kemudian perlu sedikit sentuhan perbaikan agar lebih baik. emoticon-2 Jempol


5. Rencanakan apa yang ingin ditulis

Berbeda dengan pernyataan Suhu, "Menulis dan Lupakan aturan" ketika kita mulai menulis tentu kita mulai menata kata-kata. Kita tidak akan bisa menulis sesuatu yang tidak kita pikirkan terlebih dahulu, selama berpikir seseorang bisa mengembangkan imajinasinya.


Ketika kita menginginkan menjadi penulis profesional tentu kita berharap tulisan kita bisa dinikmati sepanjang masa, itulah kenapa perlu adanya perencanaan.


6. Menulislah sesuai karaktermu

Aku pribadi belum bisa menggali bagaimana ciri khas tulisanku, tapi ketika mulai menulis dengan bahasa yang baku seolah ide itu justru menghilang.
Namun satu catatan penting, kita menulis itu untuk dibaca orang lain, jadi sebisa mungkin bahasa yang kita gunakan harus komunikatif agar mudah dipahami oleh orang lain.


Untuk membuat tulisan yang komunikatif sesuai karakter pun perlu latihan, semakin sering menulis akan semakin mudah. Ibarat pisau perlu diasah agar menjadi tajam.


Aku pribadi lebih suka membaca gaya tulisan yang menggunakan gaya santai, meski gaya tulisanku masih terkesan kakuemoticon-Cape d...
ada pula yang menggunakan gaya baku dan serius, tapi intinya harus bisa dimengerti oleh pembaca.
"Bisa karena terbiasa" emoticon-Malu

Dokumen Pribadi


8. Perbanyak membaca

Poin ini lebih tepatnya diletakkan di awal, karena seperti kata bijak "buku itu jendela dunia" semakin sering kita membaca akan semakin luas wawasan kita. Maka membaca menjadi hal yang sangat penting ketika kita ingin menjadi penulis.


Bacaan yang baik akan menjadi pedoman yang baik pula. Baca juga bacaan diluar genre penulisan kita untuk menambah wawasan terkait gaya kepenulisan.


Hal ini pula yang akan mempermudah kita dalam menulis, bukan hanya menambah wawasan saja terkadang juga bisa memotivasi dan memberikan inspirasi bagi tulisan kita. Dari membaca Kita juga bisa membangun gaya bahasa kita sendiri dengan belajar dari tulisan yang kita baca.emoticon-Malu


9. Mintalah teman untuk membaca tulisanmu dan memberi saran perbaikan.

Ketika kita mulai menulis, harus bisa membuka diri untuk menerima segala kemungkinan, terutama dalam menerima kritik dan saran.
Kalau aku pribadi lebih senang dikritik dari pada dipuji.emoticon-Shakehand2


Seperti kata Suhu, "orang yang memberikan kritik itu tentunya membaca tulisanmu".
Kita harus banyak bersyukur, karena untuk untuk mengedit sebuah tulisan itu sulit, betapa beruntungnya ketika ada yang memberikan kritik.

Kalau bisa mintalah kritik dan saran pada orang yang berpengalaman kemudian jadikan kritik dan saran itu untuk berkembang lebih baik.


10. Mengedit dan merevisi kembali tulisan kita

Banyak yang beranggapan bahwa mengedit merupakan hal yang membosankan karena akan menyita waktu. Benar saja, tapi inilah yang membedakan tingkatan penulis itu.

Disini kita memang perlu banyak belajar.
Setelah kita menulis diamkan tulisan itu sejenak kemudian baca ulang, pasti kita akan menemukan ejaan yang salah maupun kalimat yang kurang pas.

Dokumen Pribadi


Tentunya masih banyak lagi yang mesti kita pelajari ketika ingin menjadi penulis profesional.

Menjadi penulis dituntut memiliki integritas penuh dan komitmen terhadap pekerjaan. Seperti pengalaman temanku sebagai seorang jurnalis yang selalu dikejar deadline.

Menjadi penulis merupakan pilihan serius.
Sama halnya dalam sebuah kisah asmara, dibutuhkan sebuah komitmen untuk berhasil mengarunginya, pun dalam menulis dituntut memiliki integritas penuh dan komitmen dalam menulis.


Kuncinya memulai, ketika kita telah memulai maka akan menemukan jalan.



emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Jangan lupa kasih krisannyaemoticon-Shakehand2

Penulis : Ningdidien
Sumber: Opini Pribadi
zafinsyurgasomplaktajir13aryanti.story
aryanti.story dan 29 lainnya memberi reputasi
30
6.9K
149
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.