dsturridge15
TS
dsturridge15
Pengamat Politik: Kaget Masih Ada Anggota DPR Tamatan Diploma dan SMA
Pangi berpendapat, pendidikan merupakan indikator utama untuk mengukur kualitas dan kapabilitas seseorang.

AKURAT.CO, Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengaku kaget dengan adanya Anggota DPR periode 2019-2024 yang masih tamatan Diploma dan SMA.

Pangi berpendapat, pendidikan merupakan indikator utama untuk mengukur kualitas dan kapabilitas seseorang. Mestinya, Partai Politik yang menjadi kendaraan bagi politisi menuju Senayan, memperhatikan hal ini agar kualitas para Anggota DPR mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pangi tidak sependapat dengan pernyataan sebagian orang bahwa pendidikan tinggi tidak terlalu penting bagi Anggota DPR karena yang penting adalah pengalamannya. Menurut Pangi, memiliki tingkat pendidikan tinggi seperti Doktor serta memiliki pengalaman yang mumpuni, jauh lebih bagus dibandikan hanya punya pengalaman tapi pendidikannya masih rendah.

"Saya pikir juga keliru dan kurang pas ya, punya pengalaman yang bagus dan juga sekaligus Doktor itu juga jauh lebih hebat dibanding hanya sekedar tamatan SMA," kata Pangi kepada AKURAT.CO, Rabu (2/10/2019).

Pangi Syarwi Chaniago. ISTIMEWA

Lebih lanjut, Pangi memberikan apresiasi kepada PDIP dan PKS yang memiliki anggota DPR dengan tingkat pendidikan S3 atau Doktor. Ia berharap hal ini ditiru oleh partai politik lainnya, agar sumber daya manusia yang duduk di Parlmen benar-benar berkualitas.

"Kalaulah seandainya Partai Politik ingin menyelesaikan itu, ya mestinya mereka harus sekolah semua ya, agar yang S2 menjadi S3, yang S1 menuju ke S2. Begitu juga dengan yang Diploma dan SMA, sebaiknya sekolah lagi," kata Pangi.

"Karena jauh lebih penting itu adalah mereka juga punya kemampuan akademik, mislanya Doktor, punya pengalaman, punya jam terbang, mampu mengartikulasikan kepentingan, menyerap aspirasi, agregasi kepentingan dan bermanfaat bagi masyarakat," tambah Pangi.

Klasifikasi Pendidikan Anggota DPR 2019-2024

Diketahui, 575 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 sudah dilantik, Selasa (1/10/2019). Kursi terbanyak dipimpin oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yaitu 128 kursi. Sementara Partai Politik yang paling sedikit mendapatkan kursi yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 19 kursi.

Partai Politik peraih kursi terbanyak kedua di DPR yaitu Partai Gokar 85 kursi, disusul Partai Gerindra 78 kursi, Nasdem 59 kursi, PKB 58 kursi, Demokrat 54 kursi, PKS 50 kursi dan PAN 44 kursi.

Perolehan Kursi DPR RI. AKURAT.CO

Berdasarkan tingkat pendidikannya, DPR kali ini paling banyak diisi oleh mereka yang berpendidikan Sarjana atau S1, yaitu 42 persen. Sedangkan yang berpendidikan Master atau S2 sebanyak 32 persen. Sementara yang berpendidikan Doktor atau S3, yaitu 11 persen.

Tak hanya itu, DPR periode 2019-2024 juga diisi oleh mereka yang berpendidikan Diploma atau D III, yaitu 1 persen. Sedangkan yang tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajatnya, berjumlah 7 persen.

Partai Politik yang paling banyak memiliki Anggota Dewan tamatan S3 yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan persentase 22 persen atau 11 orang dari 50 kursi yang dimilikinya. Namun, jika dibandingkan secara jumlah, Anggota Dewan tamatan S3 dari PKS lebih sedikit dari Anggota Dewan tamatan S3 dari PDIP, yaitu 16 orang orang dari total 128 kursi, meski secara persentase hanya 13 persen.

Sedangkan Partai Politik yang memiliki Anggota Dewan tamatan SMA paling banyak yaitu PPP dengan persentase 16 persen atau 3 orang dari 19 kursi. Namun, secara jumlah, PPP memiliki Anggota Dewan tamatan SMA jika dibangkan beberapa partai politik lainnya, seperti PDIP sebanyak 7 orang meski secara persentase lebih sedikit yaitu 5 persen, Nasdem 7 orang atau 12 persen dari total 59 kursi, Partai Gerindra 5 orang dari 78 kursi atau 7 persen, PKB 5 orang dari 58 kursi atau 9 persen, Partai Demokrat 5 orang dari 54 kursi atau 9 persen dan PAN 5 orang dari 44 kursi atau 11 persen.

Tingkat Pendidikan Anggota DPR. AKURAT.CO

[url]https://m.akuraS E N S O R790881/pengamat-politik-kaget-masih-ada-anggota-dpr-tamatan-diploma-dan-sma[/url]

Lulus SMA/SMK memang ingin jd anggota dewan melihat motivasinya saja kelihat, karena gak mungkin kerja di swasta lulusan SMA bisa dpt jabatan enak, hanya jadi Dewan lah mereka punya kesempatan. Lucunya memang di Indonesia ketika senator lulusan SMA, di Amerika bakal ditertawakan kalo ada lulusan SMA jadi pejabat emoticon-Ngakakapalagi cuma lulusan SMA bisa jadi wapres dan jadi presiden emoticon-Ngakak di mata Internasional bidangnya kira kira apa ya, IT, Ekonomi, Hukum, Budaya , Pendidikan emoticon-Ngakak

Atau ongkang ongkang yg penting dapat fasilitas VIP dan gaji emoticon-Najis
Diubah oleh dsturridge15 03-10-2019 00:47
kudanil.laknoopyizzy713
izzy713 dan 17 lainnya memberi reputasi
14
12.4K
221
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.