benben1404Avatar border
TS
benben1404
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
Selain menambah ilmu, hal yang paling ane suka dari membaca buku adalah kemampuannya membawa kita ke mana aja melalui imajinasi yang tanpa batas, tanpa harus beranjak dari tempat kita duduk.




Membaca buku pun nggak bakal bikin bosan, karena ada banyak banget jenis atau genre yang bisa kita pilih sesuai mood. Kalo lagi lelah berimajinasi ke dunia fantasi, kita bisa baca buku fiksi kontemporer yang lebih relatable, atau bahkan non-fiksi, yang bisa sekaligus menambah wawasan kita. Kalau lagi pingin memicu adrenalin, tinggal pilih buku misteri atau thriller.

Meski kita sering mengeksplorasi berbagai genre, pasti ada satu genre yang nyantol dan jadi favorit kita; genre yang ‘gue banget’ dan yang selalu jadi tujuan kita setiap kali kita bingung mau baca apa. Nah, tau nggak Gan, ternyata jenis bacaan yang kita gemari itu bisa dikaitkan sama kepribadian kita. Jadi, nggak cuma dari jenis kopi yang dipesan, atau serial TV yang digemari, kita pun bisa mengetahui karakter seseorang dari jenis buku yang sering dia baca.



Hal ini diungkapkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas. Menurut penelitian tersebut, jenis hiburan yang dipilih seseorang nggak hanya ditentukan oleh umur, gender, atau tingkat pendidikan, tapi juga oleh kepribadian seseorang. Keterkaitan antara kepribadian seseorang dan preferensi bacaan mereka membuktikan kalau orang-orang cenderung memilih jenis hiburan yang mecerminkan diri mereka sendiri.

Seperti apa contohnya?

1. Fantasi



Si penggemar fantasi menyukai cerita dengan dunia yang kompleks, di mana imajinasi mereka bisa  berjalan seliar mungkin. Orang yang menyukai fantasi biasanya orang yang ekspresif, kreatif, tapi suka melamun dan berkhayal. Dalam hal pertemanan, mereka akan menghargai sahabat-sahabat mereka, karena biasanya kisah fantasi dalam novel melibatkan sekelompok pertemanan yang erat, seperti dalam serial Harry Potter, Percy Jackson atau The Lord of the Rings.

2. Fiksi Sejarah



Fiksi sejarah atau historical fiction adalah karya sastra yang melibatkan latar belakang sejarah yang benar-benar terjadi, namun dengan karakter-karakter fiktif. Penggemar novel jenis ini biasanya nggak terlalu suka kejutan. Mereka suka segala sesuatu yang direncanakan, tapi tetap nggak takut kalau harus melakukan kegiatan secara spontan.  Mereka cenderung perfeksionis, suka memperhatikan orang dan situasi di sekitar, dan suka mendengar orang lain bercerita tentang kisah-kisah sejarah, atau kisah mereka di masa lampau.

3. Horor



Bagi kalian penggemar novel-novel Stephen King, kalian adalah orang yang nggak mudah takut, dan bagi kalian memicu adrenalin itu adalah sesuatu yang bikin nagih.  Kalian adalah si pengambil risiko, dan biasanya jadi yang paling depan saat antre di wahana menegangkan di taman hiburan. Kalian juga yang paling jago bercerita di antara teman-teman kalian, terutama cerita-cerita horor tentunya.

4. Misteri / Thriller



Kalian yang gemar bacaan misteri, seperti Sherlock Holmes, atau Thriller seperti Gone Girl, pasti jago menemukan petunjuk dan menebak alur sebuah cerita. Meski belum nonton sampai habis, kalian bisa dengan mudah menebak ending sebuah film. Kalian memandang hidup sebagai sebuah misteri, dan selalu mencari arti di balik segala hal. Kalian cenderung lebih pendiam dari orang-orang di sekitar kalian, karena kalian suka mengamati detail.

5. Non-fiksi



Pembaca non-fiksi biasanya adalah pendengar yang baik. Mereka suka mempelajari hal-hal baru yang mereka dapat dari orang lain.  Mereka  nggak mudah puas dengan diri mereka yang sekarang, sehingga mereka terus mencari cara-cara baru untuk memperbaiki diri mereka sendiri.
  
6. Romance



Bagi penggemar romance, sebuah cerita belum lengkap rasanya kalau nggak dibumbui kisah percintaan. Orang-orang ini biasanya penuh gairah, dan selalu bersedia melakukan segalanya untuk orang yang mereka cintai. Mereka biasanya orang yang positif dan optimis, dan percaya kalau semua akan berakhir baik.

7. Fiksi ilmiah



Buku bergenre fiksi ilmiah atau sci-fi biasanya memuat cerita yang sarat akan ilmu pengetahuan, dan penelitian atau teknologi terbaru. Penggemar Sci-fi adalah orang-orang yang selalu ingin tahu, dan suka mencoba hal-hal baru . Mereka juga tidak akan keberatan dan kesulitan dalam menghadapi sebuah perubahan. Biasanya, mereka punya ide-ide hebat yang seringkali takut untuk diungkapkan.
 
Itu tadi, Gan, beberapa genre buku yang bisa mencerminkan kepribadian para pembacanya. Agan sendiri paling suka baca buku jenis apa nih?


Spoiler for sumber:


Diubah oleh benben1404 03-10-2019 02:23
qoni77
danQe
izzy713
izzy713 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
11.2K
162
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.