agungdar2494
TS
agungdar2494
Banyak yang Menyesal, Jangan Sampai Kamu Jadi Salah Satunya, Bahagiakan Orangtua Yuk!


Beberapa Cara Sederhana Bikin Orangtua Bahagia

Bicara tentang kehidupan, tentu kita sadar bahwa sejatinya kehidupan adalah siklus yang selalu berulang. Lahir, tumbuh, dewasa, berkeluarga, tua, dan mati. Topik kematian, tak pernah menjadi favorit, bahkan seringkali dihindari. Namun sungguh, kematian perlu dipikirkan. Entah kita sebagai yang meninggalkan, ataupun yang ditinggalkan. 

Manusia adalah makhluk sosial, kita tumbuh besar adalah karena dirawat orangtua. Dengan semaksimalnya kesabaran, setulusnya keikhlasan, kita semua dirawat. Hingga jadilah kita yang hari ini. (Ane tahu bahwa tidak semua anak beruntung, tapi lanjut baca dulu ya? nanti kita diskusi lagi).

Hingga hari ini, sudah seberapa sering kita membuat orangtua bahagia? Sudahkan lebih banyak ketimbang kita bikin mereka naik darah? Nah selagi masih sempat, kuy bikin mereka bahagia dengan beberapa cara sederhana.

:welcome


Say Hai! Telepon Tanpa Sebab

Hal paling mudah tapi juga paling sering lupa untuk dilakukan. Entah karena sibuk, menyepelekan pentingnya komunikasi karena tidak ada yang perlu dibahas. Tak sedikit anak yang menghubungi orangtuanya hanya ketika perlu. Minta uang, hari besar, atau minta carikan dokumen penting yang ketinggalan di rumah.

Tak perlu komunikasi seperti kepada gebetan, cukup satu kali dalam sehari, atau satu kali dalam tiga hari. Coba katakan rindu pada orangtua, awalnya akan terasa aneh memang, namun percayalah, bahwa sekedar "Ayah, apa kabar?" akan membuat mood orangtua kita bahagia seharian. Lakukan hal ini hingga setiap kali kita telpon, tak ada lagi pernyataan "tumben, ada angin apa cah ganteng?"


Curhat Pekerjaan, Hubungan Percintaan, dan Cita-Cita

Lanjutan dari Say Hai, sesekali bahas sesuatu yang penting seperti percintaan, atau pekerjaan juga asik loh dibicarakan ke orangtua. Selain bisa menemukan solusi yang mungkin tidak kita pikirkan. Tentu juga akan membuat sang orangtua merasa amat bahagia. Mereka akan merasa bahwa sang anak masih butuh kehadiran mereka. Daripada curhat di medsos, kenapa tidak curhat ke manusia yang paling menyayangi kita apa adanya ini saja? 


Berbicara Pelan, dan Tidak Mengeluh Ketika Harus Mengulang

Menjadi suatu yang alami, bahwa seiring bertambahnya usia, maka kemampuan mendengarkan, mengingat dan sebagainya akan semakin terbatas. Tak sebagus dulu lagi. Hal ini tentu wajar jika mulai dialami oleh orangtua kita. 

Andai kita ingat, atau minimal mengamati seorang balita yang banyak tanya kepada orangtua, berulang kali menjelaskan hal yang sama. "Apa orangtua mengeluh?" tak akan, semurni itulah ketulusan cinta mereka untuk kita, anaknya. Lantas, kenapa kita kalah? Ayo patahkan stigma bahwa "1 orangtua mampu mengurus anak, sedangkan 10 Anak belum tentu mampu mengurus 1 orangtua".

Beri Hadiah Tanpa Alasan

Untukmu yang sudah mampu menghasilkan uang sendiri. Hadiah sederhana di tanggal random, bolehlah sesekali diberikan ke ayah ataupun ibu. Tak mesti barang yang mahal dan branded, apapun itu pasti akan mereka terima dengan hati suka cita. 


Mendoakan

Berdasarkan suatu hadis, bahwa amal yang takkan terputus, salah satunya adalah doa dari anak yang sholeh. 

Tak pernah kita ketahui, bisa saja orangtua kita selalu bangun disepertiga malam, berbisik ke bumi, bisa jadi sambil menangis. Mendoakan kita, anaknya. Agar sehat, dimudahkan, dan bahagia setiap hari. 

Bisakah kita menjadi anak sholeh itu? Tentu bisa, mari mulai dari hari ini.


 

Sumber foto : Google
Opini Pribadi



Catatan Untuk yang Terlebih Dulu Ditinggalkan, Sebelum Membalas Kebaikan

Jangan pernah bersedih, selama mentari esok pagi masih terbit, maka engkau belum terlambat.

Selagi udara masih begitu mudah kita hirup dan keluarkan, maka kita belum terlambat.
Doakan mereka.

Catatan Untuk yang Merasa Memiliki Orangtua Kurang Baik

Boleh egois sedikit? Supaya cukup kamu saja yang merasa demikian.
Anakmu kelak, tolong jangan!
Diubah oleh agungdar2494 03-10-2019 10:48
danQekankenkinkunkonamanda2ajaya
amanda2ajaya dan 57 lainnya memberi reputasi
58
12.3K
146
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.