alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
76
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d920de4b41d3077cd64bc29/perjalanan-waktu-proses-revisi-uu-kpk-komisi-pemberantasan-korupsi-ada-disini
KPK dari tahun ke tahun بِسْمِ اللهِ الرحْمَنِ الرحِيم السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Jika kita melihat demo-demo yang terjadi di Jakarta tentang revisi Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang KPK yang tau-tau heboh. Akan tetapi sebenernya revisi Undang-undang ini telah di bahas oleh para anggota DPR-RI sej
Lapor Hansip
30-09-2019 21:15

Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!


KPK dari tahun ke tahun
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!



بِسْمِ اللهِ الرحْمَنِ الرحِيم

السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Jika kita melihat demo-demo yang terjadi di Jakarta tentang revisi Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang KPK yang tau-tau heboh. Akan tetapi sebenernya revisi Undang-undang ini telah di bahas oleh para anggota DPR-RI sejak zaman pemerintahan bapak Susilo Bambang Yudhoyono lho, atau tepatnya pertengahan di masa jabatan anggota DPR 2009-2014 di tahun 2010. Berikut ini akan saya merangkum moment-moment penting revisi Undang-undang nomer 20 tahun 2003 yang berisi tentang KPK. Keep reading ya...

Awal 2010 Hingga Akhir 2011


Sebenarnya sejak zaman bapak presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono sudah pernah mengusulkan revisi Undang-undang nomer 20 ini. dipimpin politikus Partai Demokrat, Benny K Harman mengusulkan revisi Undang-undang ini agar diangkat dan di bahas. Walaupun berhasil masuk dalam prolegnas (prioritas Program Legislasi Nasional ) tahun 2011 akan tetapi dalam pelaksanaannya revisi Undang-undang no 20 tentang KPK tidak di bahas Sama sekali.

Benny Kabur Harman
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!


2012

Undang-undang nomer 20 tahun 2003 kembali lagi prolegnas (prioritas Program Legislasi Nasional ). Akan tetapi di tolak keras oleh ketua KPK pada saat Itu Abraham Samad dengan statementnya yang saya inget sekali, "Kalau penuntutan maupun penyadapan dipereteli, mendingan KPK dibubarkan saja".

Susilo Bambang Yudhoyono
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!



Setelah itu ada kejadian cicak vs buaya pada zaman presiden Susila Bambang Yudhoyono yang membuat revisi Undang-undang no 20 tahun 2003 tidak memungkinkan lagi, karena chaosnya hubungan kepolisian dan KPK pada saat itu.

Akhirnya bapak presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan pernyataan yang menyetop pembahasan soal UU nomer 20 tersebut. Pemikiran dan rencana revisi UU KPK sepanjang untuk memperkuat dan tidak untuk memperlemah KPK sebenarnya dimungkinkan.

Tetapi, saya pandang kurang tepat untuk dilakukan saat ini. Lebih baik sekarang ini kita tingkatkan sinergi dan intensitas semua upaya pemberantasan korupsi. Yang akhirnya pembahasan Undang-undang soal KPK tidak di bahas lagi oleh pemerintah hingga masa jabatan bapak Susilo Bambang Yudhoyono berakhir.

2015-2016

Setelah di awal tahun pemerintahan bapak Jokowi di tahun 2014 gagal memasukan upaya revisi UU KPK menjadi prolegnas (prioritas Program Legislasi Nasional ). Akhirnya pada 2015 berhasil menjadikan revisi UU ini menjadi salah satu Prolegnas akan tetapi hingga akhir tahun tidak dibahas dan tidak terjadi apapun.

Sedangkan pada tahun 2016 walaupun ditolak oleh fraksi Gerindra akan tetapi revisi Undang-undang soal KPK tetap berjalan. Dan salah satu poin yang sangat mencolok adalah pemberian kewenangan kepada KPK untuk menerbitkan SP3, pengaturan kembali kewenangan menyadap, keberadaan penyidik independen, dan pembentukan badan pengawas KPK. Setelah poin-poin ini keluar bukan hanya Fraksi Gerindra yang menolak akan tetapi PKS dan Demokrat juga Ikut menolak.

2017

Karena menguasai suara mayoritas di DPR pembahasan Undang-undang nomer 20 tahun 2003 soal KPK terus berjalan. Bahkan telah sampai uji publik tertutup di dua kampus ternama yaitu Universitas Andalas dan Universitas Nasional.

Firli Bahuri
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!


Setelah sukses di dua kampus tersebut sosialisasi serta uji publik kembali lagi diuji dan disosialisasikan lagi di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Sumatera Utara. Poin-poin yang di sosialisasikan dan diuji sama persis seperti draf yang di bahas di Prolegnas tahun 2016.

2019


Sempat mandek pembahasan Undang-undang no 20 tahun 2003 soal KPK di tahun 2018 karena para anggota DPR lebih sibuk di kasus E-KTP pada tahun ini pembahasan UU ini mencapai klimaks. Seperti bom yang tau-tau meledak pada tanggal 5 September tahun 2019 tahu-tahu DPR mengadakan rapat paripurna tentang revisi Undang-undang ini.

Demo KPK
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!


Yang akhirnya menimbulkan kericuhan dan pro kontra di masyarakat karena pasal-pasal yang direvisi dianggap sangat melemahkan KPK, dan juga selain itu karena pas sekali di masa jabatan anggota dewan ini seakan aji mumpung dan kejar waktu di injury time masa jabatan mereka.

Nah, GanSist. Ternyata sudah banyak yang KPK lalui dalam jangka waktu yang tidak sebentar ini, bukan? Semoga kedepannya menjadi lebih baik, amanah, sesuai dengan tugasnya. Memberantas korupsi yang tidak akan punah, mungkin sampai kiamat!

 وَ السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Written by @yukinuraref : disini


Diubah oleh yukinura
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rirandara dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
03-10-2019 21:18
sundull
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1 0
1
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
04-10-2019 07:40
Quote:Original Posted By dewakere
Sek baru bangun

Baru bangun aku mbak.e
Kok ga bangunin


Ts jawab wkwkwk ...


Udah page 4 ternyata emoticon-Hammer (S)

Bantuin jawab ya, Akak sibuk. emoticon-Betty (S)
0 0
0
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
04-10-2019 07:41
Quote:Original Posted By rirandara
emoticon-Sundul Up


Quote:Original Posted By iissuwandi
sundull


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
perihbanget dan Uddineses memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
04-10-2019 08:38
Bullshit ada 1 lembaga suci di dunia ini.
Kpk juga perlu pengawas supaya tidak terjadi abuse of power.
Justru UU ini menguatkan integritas dan lembaga KPK, tapi akan melemahkan oknum di KPK

Kalo bersih knapa takut? emoticon-Cool
Diubah oleh malibuuuu
0 0
0
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
Lapor Hansip
31-10-2019 16:37
Balasan post yukinura
wah, mbakyu kemana aja nih 27 hari jarang aktif, tau-taunya udah merah merona aja reputation-nya..
emoticon-Matabelo
0 0
0
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
01-11-2019 07:07
Quote:Original Posted By malibuuuu
Bullshit ada 1 lembaga suci di dunia ini.
Kpk juga perlu pengawas supaya tidak terjadi abuse of power.
Justru UU ini menguatkan integritas dan lembaga KPK, tapi akan melemahkan oknum di KPK

Kalo bersih knapa takut? emoticon-Cool

emoticon-Mad
Quote:Original Posted By perihbanget
wah, mbakyu kemana aja nih 27 hari jarang aktif, tau-taunya udah merah merona aja reputation-nya..
emoticon-Matabelo


Trauma
Diubah oleh dewakere
0 0
0
Lihat 1 balasan
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
Lapor Hansip
01-11-2019 08:26
Balasan post dewakere
trauma kenapa mbah?
emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
01-11-2019 08:59
Quote:Original Posted By perihbanget
trauma kenapa mbah?
emoticon-Bingung (S)


Ts yang edit ituu ...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
Lapor Hansip
01-11-2019 09:01
Balasan post dewakere
maksudnya?
edit komen?
0 0
0
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
01-11-2019 09:02
Quote:Original Posted By perihbanget
maksudnya?
edit komen?


Iyaaaa ...
Kalau kangen apa yang di sampaikan ...
Nanti dia bacaaa emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
Lapor Hansip
01-11-2019 09:04
Balasan post dewakere
sumpah ane gak paham mbah..
emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
01-11-2019 09:06
Quote:Original Posted By perihbanget
sumpah ane gak paham mbah..
emoticon-Bingung (S)


Yang edit komen tadi tsnya ...
Dia tau passwordku mbah ...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
Lapor Hansip
01-11-2019 09:10
Balasan post dewakere
sempet kepikiran gitu sih, tapi masih ragu..
oalah gitu ternyata..
emoticon-Embarrassment
0 0
0
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
01-11-2019 09:33
Quote:Original Posted By perihbanget
sempet kepikiran gitu sih, tapi masih ragu..
oalah gitu ternyata..
emoticon-Embarrassment


Guyon akuk..
profile-picture
yukinura memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
Lapor Hansip
01-11-2019 09:43
Balasan post dewakere
hm, seperti ada konspirasi..
emoticon-Cool
0 0
0
Perjalanan Waktu Proses Revisi UU [KPK] Komisi Pemberantasan Korupsi Ada Disini!!
01-11-2019 09:44
Quote:Original Posted By perihbanget
hm, seperti ada konspirasi..
emoticon-Cool


Anggap aja seperti itu ...
Rasakan dengan naluri dewker asli sama kw yang ngomong
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.