zhoelfikarAvatar border
TS
zhoelfikar
Cornell Paper dan Asumsi G30-S/PKI
Berbicara tentang sejarah Komunisme di Indonesia kurang lengkap jika tidak membahas salah satu buku yang berjudul "Cornell Paper" karangan DR. Ben Anderson, beliau ialah seorang sejarahwan dan pakar politik dunia. Karya nya yang paling terkenal ialah Imagined Comunities (1983). Kembali lagi ke Cornell paper, buku yang dirilis pada tahun 1971 ini merupakan kajian yang digunakan untuk menganalisa kejadian G30-S/PKI.


Cornell Paper sendiri berisikan peristiwa kudeta di Indonesia pada tahun 1965, melalui Cornell Paper ditulislah A Premiliniary Analysis of the October 1, 1965, Coup in Indonesia yang mengkaji gerakan ini bukanlah diinisiasikan oleh Partai Komunis Indonesia maupun Presiden Soekarno, bahkan mereka sendiri yang menjadi korban. Hal ini bermula dari konflik yang terjadi pada internal TNI AD dan beberapa konflik lainnya sesama Jendral. Menurut asumsi dari Ben Anderson sendiri bisa dikatakan Soeharto ikut terlibat dalam pembantaian, mengingat beberapa orang yang melakukan pembantaian tersebut merupakan anak buah dan teman Soeharto sendiri.

Mengapa Soeharto bisa dikatakan ikut terlibat tanpa ikut langsung operasi pembantaian ? Menurut sumber yang didapat, faktanya Soeharto sendiri mempunyai masalah dengan para jendral yang terbunuh seperti Jendral A.Yani, D.I. Panjaitan, dan Jendral A.H. Nasution ( Walaupun Jendral A.H. Nasution bisa menyelamatkan diri). Selain itu orang-orang yang merencanakan dan melalukan adalah orang dekat Soeharto sendiri yaitu : Sjam Kamaruzzaman, Kolonel Latief, Letkol Untung Syamsuri.

Menurut Ben Anderson, Seharusnya Soeharto bisa menghalau serangan terhadap para jendral dikarenakan orang-orang yang melakukan kudeta adalah anak buah Soeharto sendiri dan pada saat itu dikatakan bahwa Soeharto lah yang mempunyai tanggung jawab terhadap para jendral karena dia menjabat sebagai Pangkostrad dan mempunyai banyak anak buah untuk menghalau gerakan kudeta tersebut. Ben Anderson sendiri menduga bahwa gerakan penumpasan PKI sendiri dibantu oleh lembaga intilijen Amerika atau sering disebut CIA.

Dalam Cornel Paper dituliskan juga bahwa gerakan ini bertujuan untuk menyingkirkan jendral-jendral yang melakukan tindakan korupsi.
PKI sendiri di framing untuk menakuti public, padahal tidak semua anggota PKI mengetahui rencana ini, dan menurut sumber ini merupakan strategi yang Machiavelis untuk menghancurkan PKI sendiri dan mengkudeta Soekarno sebagai presiden.

Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin dituliskan, namun batre handphone TS sudah tidak bersahabat lagi, maka tulisan saya akhiri.
Tulisan diatas hanyalah asumsi dari beberapa sumber yakni :

Sumber 1 : Buku "Mengenal Siapa Soeharto" karangan Eros Djarot, terbitan tahun 1997.

Sumber 2 : https://www.anakmudacoo.net/2019/09/cornell-paper

0
1.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.