uratkumbangAvatar border
TS
uratkumbang
Membandingkan Gaji DPR RI dengan Negara Tetangga


Jakarta - Sebanyak 575 wakil rakyat telah resmi dilantik. Wakil rakyat ini nantinya akan mendapat gaji yang bisa dibilang biasa. Tapi jangan salah, anggota DPR bakal mendapat tunjangan yang luar biasa.

Berbeda dengan Indonesia, setiap negara memiliki perhitungan pendapatan seorang anggota legislatif nya sendiri-sendiri. Ini dia perbedaan pendapatan anggota legislatif di beberapa negara.

Indonesia

Berdasarkan catatan detikcom, gaji dan tunjangan anggota DPR dimuat dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No. KU.00/9414/DPR RI/XII/2010. Selain itu, diatur pula dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015

Di situ disebutkan, gaji pokok anggota sebesar Rp 4.200.000 belum termasuk tunjangan. Selain mendapat gaji pokok, anggota juga mendapat sejumlah tunjangan. Bila kita hitung secara keseluruhan (termasuk tunjangan), seorang anggota DPR dapat mengantongi sekitar Rp 48,7 juta ditambah tunjangan uang sidang/paket sebesar Rp 2.000.000. Ini masih di luar tunjangan sidang.

1. Malaysia

Negara tetangga Malaysia, untuk seorang anggota parlemen mereka dapat membawa pulang sekitar Rp 71 juta per bulannya.

Mengutip dari imoney.my pada Rabu (2/10/2019), gaji pokok anggota parlemen Malaysia sebesar RM 16.000 atau sekitar Rp 54 juta per bulan. Gaji tersebut belum termaksud dengan tunjangan yang mereka dapat.

Selain gaji pokok, mereka mendapat tunjangan seperti telepon, perjalanan dinas, supir, dan hiburan sebesar RM 5.100 atau sekitar Rp 17 juta. tidak hanya itu, anggota parlemen Malaysia juga mendapat tunjangan pertemuan. Untuk pertemuan parlemen mereka mendapat tunjangan sebesar RM 200 atau sekitar Rp 677.474 per hari, dan untuk pertemuan dengan agensi pemerintahan mereka mendapat tunjangan sebesar RM 150 atau sekitar 508.105 per hari.


2. Amerika Serikat (AS)

Berbeda dengan Indonesia dan Malaysia yang memiliki metode perhitungan pendapatan anggota parlemen yang pakem, Amerika Serikat tidak memiliki metode yang seragam untuk menentukan berapa banyak penghasilan legislator mereka. Setiap negara bagian memiliki perhitungan pendapatan anggota parlemennya masing-masing.

Mengutip dari businessinsider pada Rabu (2/10/2019), pendapatan terkecil untuk seorang legislator berada di negara bagian New Hampshire. Di sana seorang legislator digaji sebesar US$100 per tahun atau sekitar Rp 118.283 per bulannya.

Berbanding terbalik dengan New Hampshire, gaji seorang anggota legislator di California sebesar US$110.459 per tahun. Di Indonesia, gaji tersebut sekitar 1,5 miliar setahun atau 130 juta per bulannya.

Berbeda dengan negara bagian lainnya, di New Mexico, seorang anggota parlemen digaji sebesar US$ 0 alias tidak digaji. Mereka hanya mendapat tunjangan setiap kali mengikuti rapat. legislator di New Mexico menerima tunjangan US$ 161 (sekitar Rp 2 juta) setiap hari mereka berada di Capitol atau dalam pertemuan komite.


Sumur: https://m.detik.com/finance/berita-e...ngga/3/#search


Mantaabb yaah..emoticon-Traveller
kudanil.la
vly69
knoopy
knoopy dan 10 lainnya memberi reputasi
11
14K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.