• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Si Doel Anak Sekolahan, Hingga Si Oneng. Berikut Deretan Artis Lolos Ke Senayan

hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Si Doel Anak Sekolahan, Hingga Si Oneng. Berikut Deretan Artis Lolos Ke Senayan


Pada 31 Agustus 2019 lalu, melalui sidang pleno terbuka. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapakan sebanyak 575 anggota dewan yang berhak duduk di kursi parlemen. Di antara ratusan anggota itu setidaknya ada 14 orang yang berasal dari selebriti. Mereka berasal dari pendatang baru hingga incubment. Para artis ini berhasil meraup suara terbanyak di daerah pemilihannya (Dapil) sekaligus sebagai syarat utama untuk melenggang ke Senayan.

Berikut deretan artis yang berhasil menjadi anggota DPR-RI periode 2019-2024 :



1. Si Doel Anak Sekolahan 'Rano Karno
Aktor tampan pada masanya ini, berhasil meraih suara terbanyak sejumlah 274.294 suara dari dapil Banten III. Mantan gubernur Banten ini diusung oleh PDIP. Selain sebagai publik figur, ditambah pengalamannya di dunia politik adalah membuat Si Doel dengan mudah melenggang ke Senayan.



2. Desy Ratnasari
Pelantun lagu Tenda Biru ini berhasil kembali melengkah ke parlemen sebagai incubment. Dara manis kelahiran Sukabumi ini berhasil mengumpulkan 86.450 suara dari dapil Jawa Barat IV melalui fraksi PAN. Karier politiknya dimulai saat ia terpilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019.



3. Dede Yusuf
Siapa yang tak kenal aktor satu ini. Sempat menjabat sebagai wakil gubernur Jawa Barat periode 2008-2013, pria berwajah tampan ini kembali berhasil duduk di kursi parlemen untuk kali kedua dari partai Demokrat. Pria bernama asli Dede Yusuf Macan Effendi, ST ini mampu mengumpulkan suara sebanyak 165.182 melalui dapil Jawa Barat II.



4. RIEKE DIAH PITALOKA
Pemeran Oneng dalam serial film Bajaj Bajuri ini kembali berhasil mengukuhkan dirinya sebagai anggota dewan RI setelah berhasil mendaptkan jumlah suara sebanyak 169.729 lewat dapil Jawa Barat VII dengan diusung oleh PDIP.



5. PRIMUS YUSTISIO
Aktor yang dikenal dengan Panji Manusia Milenium ini berhasil menjadi anggota dewan dengan perolehan suara 86.983 dari dapil Jawa Barat V. Pria berdarah Iran tersebut diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Sempat gagal menjadi bupati Subang, ia tak patah semangat. Hingga kini, ia mencapai kesuksesannya.



6. ARZETI BILBINA
Mantan model berparas cantik ini, kembali berhasil menghiasi parlemen Senayan. Diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ia mampu meraup suara sejumlah 53.185 melalui dapil Jawa Timur I. Pada periode sebelumnya ia menjadi anggota dewan di komisi X.



7. EKO PATRIO
Pemilik nama lengkap Eko Hendro Purnomo ini lagi-lagi berhasil menjadi anggota parlemen dengan meraih suara sebanyak 104.564 lewat dapil DKI Jakarta I. Komedian satu ini, memang sudah dikenal lewat lawakannya yang kerap menggelitik sekaligus mengocok perut. Ternyata kepiawaiannya melawak menjadi berkah tersendiri, sebab ia mudah dikenali hingga mampu menghantarkannya ke Senayan.



8. NURUL ARIFIN
Pada masanya, perempuan satu ini kerap kali terlihat menjadi bintang film bersama Warkop DKI. Kecantikannya membuatnya mampu selalu mudah diingat. Karirnya di dunia politik rasanya tak perlu diragukan lagi. Saat ini menjabat sebagai wasekjen DPP Partai Golkar. Pengalaman membuatnya semakin matang. Hingga ia mampu menjadi anggota dewan selama dua periode. Pada pileg kali ini berhasil meraih perolehan suara sebesar 35.713 pada dapil Jawa Barat I lewat partai Golkar.



9. Muhammad Farhan
Mantan pembawa acara di beberapa stasiun televisi ini berhasil menjadi anggota DPR RI, setelah mendulang 52.033 suara lewat dapil Jawa Barat I dengan diusung partai Nasdem.



10. Rachel Maryam
Aktris cantik yang sudah menggunakan hijab ini, untuk kedua kalinya kembali menjadi anggota dewan. Pada pileg lalu, ia berhasil lolos ke Senayan setelah memperoleh 145.636 suara di dapil Jawa Barat II lewat partai Gerindra.



11. Nico Siahaan
Pembawa acara kuis kata berkait di salah satu stasiun televisi swasta ini, kembali melenggang ke Senayan lewat partai PDIP. Ia berhasil mengumpulkan 69.237 suara di dapil Jawa Barat I.



12. Krisdayanti
Mantan istri Anang Hermansyah ini, untuk kali pertama menjadi anggota legislatif periode 2019-2024. Diva pop Indonesia tersebut melangkah ke Senayan dengan membawa 132.131 suara. Ia menang di dapil Jawa Timur V dengan diusung PDIP. Sebagai publik figure memang menjadi daya tarik sendiri bagi perempuan kelahiran 1975 ini.



13. Tommy Kurniawan
Aktor tampan ini juga berhasil mengikuti jejak rekan artis lainnya. Sempat gagal pada pileg 2014, ia tak menyerah. Pada pileg tahun ini, ia kembali mencalonkan diri sebagai anggota dewan. Dan usahanya berhasil, setelah ia mampu mengantongi 33.988 suara dari dapil Jawa Barat V. Ia diusung oleh partai PKB.



14. Mulan Jameela
Istri Ahmad Dhani ini memang baru ditetapkan sebagai anggota dewan oleh KPU melalui surat keputusan bertanggal 16 September 2019 tentang perubahan atas keputusan KPU. Usahanya dalam memperjuangkan suaranya berakhir manis. Setelah gugatannya diterima pengadilan.

Itulah sederet artis atau selebriti yang dalam lima tahun kedepan akan menghiasi gedung parlemen. Semoga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan amanat terhadap tanggung jawabnya.

Di sini
Diubah oleh hvzalf 01-10-2019 17:11
swiitdebby
ceuhetty
zafinsyurga
zafinsyurga dan 50 lainnya memberi reputasi
51
106.4K
448
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.