TaraAnggara
TS
TaraAnggara
5 Makanan Khas Betawi Berikut Ini, Mana yang Pernah Agan Coba?
Makanan Khas Betawi yang Legendaris
sumber


Indonesia di kenal dengan surganya kuliner. Mulai dari makanan berkuah, kering, atau kue-kue tradisional yang semuanya banyak di kenal hingga ke mancanegara. Dari sekian banyak daerah di Indonesia masing-masing memiliki makanan khasnya tersendiri.

Nah, ngomong-ngomong soal makanan khas. Di trit ini aku ingin mengulas makanan khas dari salah satu daerah di Indonesia yaitu Betawi.

Sebenernya sih TS tidak berasal dari Betawi, tapi nggak ada salahnya kan? membahas makanan dari daerah lain untuk menambah wawasan.


Baiklah langsung saja, Ini Dia 5 Makanan Khas Betawi :

sumber

1. Kerak Telor

Kerak telor merupakan makanan yang cukup legendaris karena sudah di kenal sejak jaman penjajahan Belanda. Rasanya gurih, dan aromanya harum.

Kerak telor terbuat dari beras ketan putih, abon ebi, kelapa sangrai, telur ayam atau bebek, dan bawang goreng.

Cara buatnya cukup unik. Pertama, rendaman beras ketan di masukkan dalam wajan bergagang yang di letakkan di atas tungku kecil--jadi masaknya nggak pakai gas ya GanSist, tapi pake arang. Ini yang bikin kerak telor memiliki rasa yang khas. Langkah selanjutnya ratakan beras ketan kemudian masukkan abon ebi, srundeng, dan telor--untuk telornya bisa pesan sesuai keinginan konsumen, mau telor ayam atau telor bebek. Setelah itu ratakan kembali sampai adonan tercampur rata.

Jika sudah setengah matang, balik wajan di atas tungku. Jadi bukan kerak telornya yang di balik, dan menurutku ini yang bikin unik. Nggak usah takut kerak telor bakal jatuh karena sudah lengket di wajan. Tunggu beberapa menit, kalau warnanya sudah berubah jadi kecoklatan artinya sudah matang. Angkat, dan langkah terakhir taburkan srundeng dan bawang goreng.

Kerak telor siap disantap.



2. Kue Pancong

Kue pancong terbuat dari tepung beras, santan, kelapa, dan kelapa parut kasar.
Cara buatnya cukup mudah. Langkah pertama aduk semua bahan sampai tercampur rata, kemudian panggang di atas cetakkan berbentuk setengah lingkaran. Panggang sampai warnanya berubuah menjadi coklat.

Di Jakarta biasanya banyak penjual kue pancong keliling. Jualnya di dorong pakai gerobak. Kalau pas manggang, dari kejauhan aromanya sudah tercium. Hmmm ... nikmat deh pokoknya.



3. Gado-Gado

Gado-Gado terbuat dari campuran aneka sayur seperti kacang, kangkung, kecambah, kobis, dan mentimun. Semua sayur di rebus kecuali mentimun. Bisa juga di tambahkan tahu atau tempe goreng dan kerupuk.

Cara membuat gado-gado : uleg bumbu halus yang terdiri dari cabai, bawang putih, kacang tanah goreng, gula merah, dan jangan lupa garam. Jika bumbu sudah halus, masukkan air asam jawa lalu aduk-aduk. Langkah selanjutnya masukkan sayuran, tahu atau tempe goreng, dan kerupuk yang sudah di remas. Aduk kembali sampai semua sayuran tercampur rata dengan bumbu.

Jadi deh gado-gado betawi. Selain nikmat, gado-gado juga menyehatkan karena terbuat dari aneka sayuran yang bagus buat tubuh. Apalagi jika di tambah Tempe atau tahu yang merupakan sumber protein. Sehatnya dapat, nikmatnya juga dapat.



4. Ketoprak

Bumbu yang di gunakan untuk membuat ketoprak hampir mirip dengan gado-gado, hanya saja ketoprak tidak menggunakan asam jawa dan gula merah.

Bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat ketoprak antara lain : bihun, mentimun, kecambah, tahu, telor, ketupat, cabai, bawang putih, garam, kecap, dan kerupuk.

Cara membuat ketoprak : langkah pertama uleg bumbu yang terdiri dari cabai, bawang putih, kacang tanah dan garam hingga halus. Masukkan bihun, ketupat, dan telor--diiris-iris--setelah itu tuang kecap manis secukupnya, dan aduk sampai tercampur rata. Terakhir, jangan lupa beri remasan kerupuk pada bagian atas.



5. Nasi Uduk

Selanjutnya ada nasi uduk yang memiliki cita rasa gurih.

Cara membuat nasi uduk, mula-mula beras yang sudah di cuci bersih di karon dengan air santan, daun salam, dan laos. Jika air santan sudah mengering, nasi yang sudah setengah matang di kukus sampai benar-benar matang.

Lauk yang biasa di gunakan untuk makan bersama nasi uduk diantaranya orek tempe, ayam goreng, balado telor, kerupuk, dan yang suka pedas bisa di tambahkan sambal goreng.



Itu dia makanan khas Betawi yang Pernah TS coba. Kalau Agan dan Sista dari 5 makanan di atas mana yang pernah di coba, dan mana yang merupakan favorit kalian?

Sekian informasi mengenai makanan khas Betawi versi TS. Tentunya masih banyak makanan khas Betawi lainnya yang tidak bisa TS sebutkan satu persatu. Jika kalian berkenan yuk sebutkan yang lainnya di kolom komentar.



sumber lainnya



Cilacap, 29 September 2019
Diubah oleh TaraAnggara 01-10-2019 00:59
dalledalmintoceuhettytien212700
tien212700 dan 64 lainnya memberi reputasi
65
9.4K
226
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.