alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d914f2d28c991664d595bdf/pemda-wamena-berharap-pendatang-kembali-lagi-kalau-tidak-ekonomi-bisa-lumpuh
REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, Pemda Wamena tidak ingin warga pendatang termasuk yang berasal dari Sumbar untuk meninggalkan Wamena selamanya. Menurut Nasrul, selama ini Pemda Wamena menganggap kehadiran pendatang yang mayoritas sebagai pedagang memegang peranan penting dalam roda perekonomian di Wamena. "Respons dari Pemda Wamena, mereka ta
Lapor Hansip
30-09-2019 07:41

Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh

Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, Pemda Wamena tidak ingin warga pendatang termasuk yang berasal dari Sumbar untuk meninggalkan Wamena selamanya.

Menurut Nasrul, selama ini Pemda Wamena menganggap kehadiran pendatang yang mayoritas sebagai pedagang memegang peranan penting dalam roda perekonomian di Wamena.

"Respons dari Pemda Wamena, mereka tak mau para pendatang pulang selamanya. Karena peran penting dalam perekonomian. Sumber PAD banyak dari bisnis yang dilakukan pendatang, jika tidak ada ekonomi bisa lumpuh. Tidak ada pedagang, dokter, ataupun guru," kata Nasrul saat wawancara dalam siaran langsung melalui TV One, Ahad (29/9).

Nasrul tadi siang berkunjung ke Wamena Papua untuk bertemu langsung dengan perantau Minang yang mengungsi di Markas Kodim Wamena. Di sana ia menemui 300 pengungsi.

Setelah bertemu pengungsi di Wamena dan juga Jayapura, Nasrul menyebut total pengungsi yang merupakan warga keturunan Sumbar ada sebanyak 672 orang.

Dari jumlah tersebut, yang ingin kembali ke Sumbar ada 472 orang. Sisanya 200 orang memilih menetap di Jayapura dulu sementara dan akan kembali ke Wamena begitu situasi sudah kondusif.

"Yang 200 orang itu sudah lahir dan besar di Wamena. Justru mereka kalau balik ke Padang tidak tahu mau ngapain. Mata pencaharian mereka di Wamena selama ini," ujar Nasrul.

Nasrul juga mengamini keinginan Pemda Wamena agar warga pendatang tidak harus selamanya meninggalkan Wamena. Warga perantau dan Pemprov Sumbar, kata Nasrul, juga ingin meneruskan hubungan baik dengan Wamena dengan harapan situasi di kota tersebut segera kembali kondusif.


https://m.republika.co.id/amp/pyls3p...mpression=true


Diubah oleh Besi244besi244
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan galuhsuda memberi reputasi
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 2
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 08:42
Udah biarin aja dasar brengsek semua!!
Teriak2 diskriminasi, sendirinya kelakuan bar bar. Dikerasi teriak HAM, dibiarin bunuhin org!!
Terlalu banyak korban dari bangsa ini utk papua, diluar 33org yg d bantai sudah berapa puluh nyawa tentara dan polisi yg dikorbankan disana!! Jangan cuma tereak HAM tapi dia nya ngopi2 cantik di jakarta... Anjing
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 08:54
Mau ngadu jd korban ham kok nglanggar ham, gagal deh. Tunggu pebebe ksh ijin sedikit melanggar ham balik dgn sunyi senyap,
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 08:59
papua bakal merdeka kek nya
ane gak ngeliat hal hal menyakinkan dari rezim ini dalam menjamin keamanan para pendatang jika seandainya balik lagi ke sana
rezim skarang lebih sibuk soal urusan majuin hari pelantikan sama ngurusin demo demo dan karhutla ketimbang masalah kemanusiaan papua
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 09:11
Bukannya kaum kalian yang savage suka bakar2 lebih suka begitu? emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Bukannya kalian ingin berkuasa di tanah sendiri?
Diubah oleh tamtambun
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 09:11
baik kalian, orang yang mengabdi untuk berikan pelayanan kesehatan buat kalian selama 15 tahun kalian keluarkan dari mobil terus bakar hidup2 sampai beliau lompat ke parit

anak2 kecil kalian bacok pakai parang, perempuan kalian bakar beserta rumahnya dan keluarganya, dimana kalian saat itu, skrg baru tanpa dosa minta mereka kembali

kalian sesama aja yg tukar ubi, tukar babi, kan kalian ga butuh pembangunan
profile-picture
profile-picture
karikai04 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 09:15
negri ini sedang tidak baik2 saja, ayo jangan diam, suarakan kepada pemerintah dan publik, untuk segera menanganinya.. pemerintah jangan hanya memperkaya dirisendiri, rakyat butuh pertolongan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 09:27
Di papua klo mau aman yg hanya di biak dan numfor, karena pulau tersendiri, jadi tidak terpengaruh dgn cara berpikir mereka yg ada di pulau besar. Cuma itu daerah yg bebas konflik, aman, dan beda dgn provinsi lain.

Klo macam wamena kacau, bisa menyebar ke jayapura, marauke kemana2 sj pakai darat. Klo ke biak ngak bisa, atau serui
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 10:56
Quote:Original Posted By ronin1969
papua bakal merdeka kek nya
ane gak ngeliat hal hal menyakinkan dari rezim ini dalam menjamin keamanan para pendatang jika seandainya balik lagi ke sana
rezim skarang lebih sibuk soal urusan majuin hari pelantikan sama ngurusin demo demo dan karhutla ketimbang masalah kemanusiaan papua


cek lg putusan pbb papua fix bagian nkri... atobtanya langsu mentri luarnegri kita yg hebat
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 11:53
Kejadian Wamena ini udah mencoreng simpati rakyat pulau lain Indonesia terhadap papua. Karna mereka sengaja menyerang orang pendatang yang sudah tinggal bertahun tahun disana membantu rakyat papua bukan hanya dalam uang tapi juga kesehatan dan pendidikan.

Kalau dari papuannya sendiri gak ada usaha berubah ya, gak bakal akan ada yang kembali ke papua dan Papua kembali jadi sapi perah saja tanpa ada investasi karna tidak bakal Papua bisa merdeka karna Presiden Indonesia apapun gak bakal pernah mau tercoreng kasus Tim Tim sekali lagi.
profile-picture
GZuron memberi reputasi
1 0
1
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 13:19
Itu artinya wamena sendiri sangat terbuka thd warga masyarakat yg ingin hidup dan bekerja disana..naa entu udah jelas gitu..artinya semua bersaudara..pemerintah aja yg ngga peka..sibuk ngapain sii..para pejabat pemerintah yg berkompeten? Turun kek..kasih solusi..beraksi gitu loo...masak yaa ngga mudeng2 jugaa...
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 13:50
pgn tau kondisi papua sekarang..liat aja mdsosnya viktoria koman..... mngrikan...
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 13:56
Apakah harus bergantung sekali dengan orang luar, apakah papua akan lumpuh karena memperkerjakan penduduk aslinya, apakah segitu buruknya sdm yang sudah dikembangkan selama bertahun-tahun ini?
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
30-09-2019 19:48
kapok lu, liat sendiri kelakuan masyarakatmu thu, barbar
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
01-10-2019 05:22
pola ini sudah terjadi sejak masa orla di kalbar, sampai akhirnya orang lokal kapok karena ekonomi hancur, rusuh berhenti sendiri. jadi memang perlu fase dibuat kapok dulu supaya ada memori kolektif untuk kapok rusuh. jkt pun sama aja dengan mei 1998.
yang parah dalam kasus wamena ini adalah seluruh pendatang dibabat habis tanpa pandang bulu, anjloknya ekonomi bakal sangat terasa karena nggak akan ada substitusi pelaku ekonomi. ini yang nggak terjadi di kalbar atau jkt sekalipun.
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
01-10-2019 06:02
Quote:Original Posted By sibrorr
Dokter yg bantu kesehatan masyarakat sono aja dibakar hidup2,,minta pedagang balik

Suruh hidup sendirian dulu selama beberapa dekade,kalo masyarakatnya udah benar2 sadar dan aman baru balik


Oya, tapi dengan catatan tambah jumlah aparat disana,
Tapi nanti manusia model dandy laksono ngamuk gak karuan
aparat represif, brutal, dsbnya
0 0
0
Pemda Wamena berharap pendatang kembali lagi, kalau tidak ekonomi bisa lumpuh
01-10-2019 09:53
setor nyawa ?
ada yang mau ?
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.