iissuwandi
TS
iissuwandi
Kurang Populer, 7 Sayuran Ini Ternyata Enak dan Berkhasiat!


Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, semoga enggak bosen main di thread ane, sebelum membahas tentang sayuran ane mau pengen tau, bagaimana kabar Agan dan Sista hari ini? Semoga selalu dalam kondisi sehat dan sejahtera, ya.

Tanah Indonesia adalah tanah yang subur, terbukti banyaknya ragam jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan mudahnya, bahkan saking suburnya, tongkat kayu bisa berubah jadi tanaman. Jadi inget lagu jadul yang legendaris.

Ane mau mengulas beberapa tanaman yang kurang familiar di masyarakat, tetapi kaya akan manfaat pastinya rasanya endolita.

1. Siomak


Tanaman ini masih saudaraan ama selada, GanSist. Mirip, kan? Bentuknya agak panjang dan ramping, warnanya hijau segar. Di daerah Sulawesi siomak ini lebih dikenal dengan nama selada pandan, karena baunya yang mirip dengan daun pandan. Oh, iya, siomak juga terkenal dengan nama wangi. Usut punya usut siomak lebih terkenal di luar negeri karena jarang ditemukan di Indonesia. Di China sayuran ini amat mudah ditemukan di kedai-kedai makanan di sana. Siomak cocok untuk dijadikan salad, kalo di Indonesia enak buat lalapan, ya, GanSist, tinggal cocol sambel terasi, mantap. Sayuran ini juga enak ditumis.

2. Genjer


Mungkin buat masyarakat pedesaan tanaman ini sudah tidak asing, ya, GanSist. Bentuknya agak mirip eceng gondok, tapi tidak mengapung di air melainkan di perairan dangkal atau di sawah. Tanaman ini juga dikenal dengan nama paku rawan. Batangnya yang masih muda memiliki tekstur renyah, sedangkan batang yang tua cenderung pahit. Genjer selain ditumis juga enak untuk diolah menjadi urap dengan campuran parutan kelapa.

3. Daun Ginseng


Tanaman ginseng jawa ini adalah varian lain dari tanaman ginseng. Tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan kinerja sistem seksual. Bentuk daunnya oval dan berwarna hijau dengan warna bunga ungu. Ginseng jawa ini biasanya diolah dengan cara ditumis. Semua bagian bisa dikonsumsi, dari akar, batang, daun, dan bunga.

4. Bunga Bawang


Bagi masyarakat daerah Brebes pasti sudah tidak asing dengan jenis sayuran ini, karena Kota Brebes terkenal dengan julukan Kota Bawang. Bunga bawang memiliki rasa dan aroma yang mirip kucai, tetapi lebih renyah. Sayuran ini biasa dijadikan tumisan, pepes, atau kotokan atau dimasak dengan santan. Bunga bawang kaya akan serat yang penting bagi pencernaan.

5. Bunga Turi


Kalo sayuran yang satu ini masih banyak di tempat ane, GanSist. Bunga Turi ada dua jenis, Turi berwarna putih dan Turi berwarna merah. Untuk rasa menurut ane sama saja, hanya kalo untuk pengobatan biasanya yang dicari Turi berwarna merah. Bunga Turi dipercaya dapat mengobati sariawan, radang tenggorokan, dan disentri. Biasanya kembang Turi selain dibuat tumisan, bisa juga untuk campuran urap atau pecel, atau dikukus untuk lalapan.

6. Daun Beluntas


Bagi GanSist yang punya masalah bau badan, bisa dicoba untuk mengkonsumsi daun Beluntas. Selain mengatasi bau badan, juga untuk melancarkan pencernaan dan mengobati batuk. Daun Beluntas bisa diolah untuk tumisan, urap, botok, dan juga bahan jamu tradisional. Baunya emang rada gimana gitu, ya, GanSist. Abaikan baunya, ambil manfaatnya.

7. Lompong


Ane punya kalo tanaman ini, sering ane konsumsi juga. Bagian batang yang masih muda yang biasa dikonsumsi. Buat yang belum pernah mencoba, sebaiknya hati-hati dalam mengolahnya, karena jika salah mengolahnya bisa menyebabkan rasa pedih dan gatal di lidah. Selain ditumis, lompong juga dapat diolah dengan campuran santan atau dibuat gulai. Rasanya lembut dan endolita pastinya.

Agan dan Sista sudah pernah mencicipi yang mana? Sayuran-sayuran di atas memang sudah sulit ditemukan di beberapa daerah. Kalah pamor juga dengan bayam, sawi, kangkung, kol, dan teman-temannya yang lain.

Ane pamit undur diri, sampai ketemu lagi di thread ane selanjutnya. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Jangan lupa jejak cendol, rate, dan subscribe-nya. Jika berkenan monggo di-follow akun ane. Terima kasih atas apresiasinya. Salam hangat, selamat beraktifitas.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

Sumber: Link
Diubah oleh iissuwandi 01-10-2019 07:57
andrabedyagungdar2494ceuhetty
ceuhetty dan 17 lainnya memberi reputasi
18
8K
153
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.