evywahyuniAvatar border
TS
evywahyuni 
Kebaya, Fashion Abadi Sepanjang Jaman
Serba Serbi Kebaya Modern



Welcome to my thread

emoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Hai ... hai agan en sista yang santun dan baik hati terutama para fashionista yang cantik dan anggun. Ketemu lagi nih ma ane di sini dalam pembahasan trit yang berbeda. Semoga berkenan dan bisa mengisi lembar keanekaragaman kisah yang telah ada.

Kali ini ane bakal ngebahas soal kebaya modern yang kini bahannya beraneka corak dan rupa dan modelnya yang beraneka ragam menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di jaman milenial sekarang.




Dulu, kebaya hanya digunakan oleh orang-orang tertentu saja. Ane masih ingat Almh. Nenek ane di rumah dan mo ke mana-mana itu pakeannya ya kebaya itu, gan. Di rumah pake kebaya model kutu baru, kalo ke acara-acara tetangga atau pas lebaran juga pakaiannya ya itu lagi, kebaya. Pokoknya pakaian Almh. Nenek ane itu kebaya semua, gan. Apalagi beliau pinter ngejahit kebaya juga sih, jadi klop dah. Di padukan dengan sarung batik beraneka warna dan corak, maka tampillah beliau dengan anggunnya. Mana rambutnya kudu di konde juga, gan. Bukan konde yang disasak gitu rambutnya, tapi rambutnya yang panjang dijadikan konde lalu pakai kerudung, aiih ... cantiknya nenek ane, gan. Sayangnya beliau udah almarhumah.

Yaudah, malah ngomongin nenek ane, dah. Kuy, kembali ke topik pembahasan. Itu tadi sekedar pembahasan perbandingan antara kebaya jaman dulu dengan kebaya jaman sekarang, yang tentunya sudah sering agan en sista sekalian liat di mana-mana, bahkan koleksi kebaya kita juga pasti ada dalam lemari. Apakah itu kebaya saat ke pesta, saat wisuda, atau pada momen lainnya.




Kebaya modern, dari kebaya model seserhana sampai kebaya syar'i sekarang juga beragam modelnya. Kebaya yang dibuat untuk wanita yang berbadan gemuk sampai kebaya yang diperuntukkan untuk yang bertubuh minimalis juga beragam polanya. Sekarang sudah tidak susah lagi, penjahit bertebaran di sana-sini, untuk membuat pola kebaya modern juga sudah tidak susah lagi. Rata-rata tempat kursus juga sudah mulai mengajarkan pola membuat baju kebaya modern, sehingga tinggal kita sendiri aja yang memodifikasi bahan yang ada menjadi bentuk kebaya yang kita inginkan.

Bukan hanya untuk kalangan dewasa. Anak-anak pun pantas memakai kebaya modern ini, gan. Contohnya, ponakan ane nih. Di sekolahnya RA. PERWANIDA/TK. Islam Kolaka, waktu mengadakan upacara 17 Agustus, di sarankan memakai pakaian adat bebas rapi. Malah dianya pengen pakai kebaya, gan. Untung ibunya udah nyiapin baju sepasang dengan adiknya, maka jadilah mereka berdua ke sekolah memakai kebaya modern yang keren abis.


DokPri


Ternyata, bukan hanya kanak-kanak saja yang antusias memakai kebaya, yang ikut upacara 17 Agustus di lapangan juga dihadiri oleh para tamu undangan yang juga ikut memakai kebaya modern yang dipadu-padankan dengan kain batik dan juga kain adat asli suku tolaki di Kolaka.

Tak dipungkiri, kebaya memang pakaian yang terjaga kelestariannya hingga kapanpun. Jenjang usia pun tak mengekang pemakaian pakaian ini, apalagi sekarang sudah beragam model kebaya modern berjejel di galeri butik. Mau ke pesta pernikahan, ke kondangan aqiqahan, ke acara-acara kantoran, ataupun acara seremonial lainnya tak luput para ibu muda memakai kebaya andalan masing-masing.

Seperti Pakaian Seragam Resmi(PSR) ibu-ibu dharma wanita bhayangkari berikut ini, juga mengikuti model kebaya tradisional, kan? Bahkan pola kebaya pun dijadikan sebagai pakaian seragam resmi yang artinya dalam acara-acara resmi harus digunakan. Dari kiri ke kanan ; PSR khusus ibu hamil, PSR khusus untuk ibu berjilbab, dan PSR umum.




Masih soal kebaya, di jaman milenial ini kebaya juga sudah beradaptasi pada kalangan remaja, lihatlah contoh yang ane culik buat tambahan referensi tema kali ini, modis dan penuh gaya, kan? Walau berjilbab, tetapi kesan elegannya tampak sangat memukau.







Gimana, selera fashion yang cukup keren, kan? Nah bila dirasa ingin yang lebih nyaman bergerak dengan leluasa meski berjilbab, maka pola kebaya modern yang berikutnya juga tak kalah wow dari yang lain. Seperti mengadaptasi model baju kebaya kurung gitu deh, gan-sis. Namun, memakai bahan brokat dan tambahan kain bawahan yang di ambil dari kain adat atau batik elegan menjadikan pakaian kebaya ini layak digunakan di acara formal.




Kebaya modern juga bisa digunakan dalam acara formal lainnya, seperti untuk menghadiri wisuda atau malah digunakan untuk wisuda? Tentu sangat bisa, gan en sis. Seperti contoh di bawah, sangat elegan dan tentu saja masuk dalam syarat fashionista sekalian, kan?







Cuma pemilihan model dan bahan kebayanya kudu memperhatikan beberapa hal, pilihlah model yang sederhana serta cocok dengan warna kulit. Mengingat momen wisuda itu memakan waktu yang lama, jadi sebisa mungkin pakaian yang digunakan bisa membuat nyaman sekaligus membuat kita terlihat anggun dalam satu momen berharga.

Sekian kilas bahasan ane soal serba serbi kebaya modern, dari sudut pandang ane sendiri. Semoga bisa menginspirasi dan menambah kesyukuran kita atas kreatifitas dan inovasi serta modifikasi kebaya jaman now yang memang layak dan patut dibanggakan serta harus dilestarikan sepanjang masa.

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast



begundal
tudutcat
tata604
tata604 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
12.5K
435
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashionista
Fashionista
icon
2.2KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.