News
Batal
KATEGORI
link has been copied
89
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d90c60b349d0f20164e5295/presiden-diminta-tahan-diri-terbitkan-perppu-kpk
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo diminta menahan diri untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atas Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK) karena penerbitan Perppu itu jangan sampai menyesatkan presiden dan masyarakat. Mantan pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji mengatakan hal itu mena
Lapor Hansip
29-09-2019 21:56

Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK

icon-verified-thread
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK

Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo diminta menahan diri untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atas Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK) karena penerbitan Perppu itu jangan sampai menyesatkan presiden dan masyarakat.

Mantan pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji mengatakan hal itu menanggapi rencana Presiden Jokowi untuk menerbitkan Perppu KPK, di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, syarat penerbitan Perppu tidak dapat dilakukan secara serampangan, tetapi harus memenuhi syarat konstitusional sesuai Pasal 22 UUD 1945 dan syarat yudisial dalam Putusan MK No138/PUU-VII/2009.

"Presiden hanya bisa menerbitkan Perppu apabila ada kegentingan yang memaksa," kata Indriyanto dalam keterangan tertulisnya.

Artinya, lanjut dia, Perppu dikeluarkan apabila terjadi keadaan atau kebutuhan mendesak untuk menyelesaikan masalah hukum secara cepat berdasarkan undang-undang.

Selain itu, undang-undang yang dibutuhkan tersebut belum ada sehingga terjadi kekosongan hukum, atau ada undang-undang tetapi tidak memadai.

"Kekosongan hukum tersebut tidak dapat diatasi dengan cara membuat undang-undang secara prosedur biasa karena akan memerlukan waktu yang cukup lama. Sedangkan keadaan yang mendesak tersebut perlu kepastian untuk diselesaikan," kata Wakil Ketua Pansel Capim KPK ini.

Indriyanto menambahkan, dalam pemahaman dan persyaratan konstitusional, tidak ada kegentingan yang memaksa yang mengharuskan Presiden Jokowi menerbitkan Perppu atas revisi UU KPK.

"Jadi, dalam kaitan revisi UU KPK, presiden bukan dan tidak dalam kapasitas menerbitkan Perppu, sehingga Presiden diharapkan tidak terjebak melanggar konstitusi dan hukum untuk menerbitkan Perppu terhadap revisi UU KPK," ujarnya.

Dengan demikian, saran menerbitkan Perppu adalah solusi menyesatkan dan memosisikan Presiden dalam jebakan dan penerbitan Perppu secara substansial melanggar konstitusi dan hukum.

"Ada rekayasa politik yang menghendaki Presiden memasuki lubang hitam pelanggaran konstitusi dengan tujuan akhir 'legally impeachment'. Pola menyesatkan ini sebagai modus yang tidak bijak," tegasnya.

Jalan terbaik bagi polemik revisi UU KPK sesuai hukum dan konstitusional, kata dia, adalah memberikan media solusi hukum melalui permohonan uji materiil ke MK yang konstitusional, atau presiden dapat menunggu putusan MK terhadap uji materiil revisi UU KPK yang diajukan sejumlah komponen masyarakat, sidang perdananya akan digelar Senin (30/9).
sumber

☆☆☆☆☆☆☆☆

Bagai mendapat buah simalakama.
Dimakan, ibu mati.
Gak dimakan, bapak mati.
Dikasih ke orang, anak mati.

Presiden Jokowi terjebak dalam permainan untung rugi mantan Menkumhamnya dan anggota DPR periode 2014-2019. Dan Presiden Jokowi seakan dibiarkan bertempur sendirian, menghadapi gelombang unjuk rasa dan drama para pimpinan KPK beserta seluruh elemennya.

Pengamat politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi menilai penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang terkait UU KPK bisa menjadi preseden kurang baik dalam sistem ketatanegaraan Indonesia jika satu produk UU belum apa-apa, sedikit-sedikit di-perppu-kan.

Dilain pihak, ada pengamat yang mengatakan bahwa penerbitan Perppu perlu kajian terlebih dahulu dilihat dari faktor daruratnya.

Sementara ada lagi yang menyatakan bahwa publik menginginkan Presiden jokowi mengeluarkan Perppu, meskipun Perppu bersifat sementara dan tidak bisa menggantikan UU KPK yang telah disahkan.

Perang pendapatpun tak dapat dihindari antara yang anti perppu dengan yang pro perppu. Yang anti UU KPK dengan yang pro UU KPK.

Masalahnya, beban berat justru ada dipihak yang pro UU KPK atau yang anti Perppu. Berapapun banyaknya kajian berdasarkan data dan logika, mereka terlanjur dicap sebagai pendukung koruptor dan menginginkan KPK lumpuh. Sementara yang pro perppu atau yang anti UU KPK, merasa diatas angin, karena publik hanya tahu bahwa KPK tengah digembosi, tanpa mau sedikitpun menerima seluruh kajian yang pro UU KPK.

Ini ibarat kata, bagi yang menolak kelompok agama, dianggap sebagai komunis. Semudah itulah. Semudah membalik telapak tangan.

KPK sudah dianggap sebagai ladang jihad. Seluruh pimpinan KPK sudah dianggap sebagai manusia suci.

DPR sendiri, lembaga yang paling berkepentingan dengan UU KPK merasa telah selesai melepas beban. Mereka masa bodo dengan kejadian unjuk rasa para mahasiswa, meskipun jika dicermati, dari seluruh kalimat-kalimat di kertas karton ya g dibawa mahasiswa hampir seluruhnya mengkritisi R KUHP.

Jokowi jelas bimbang. Jika Jokowi mengeluarkan Perppu, bisa menjadi pintu masuk impeachment. Jika tidak mengeluarkan perppu, maka bersiap-siaplah didemo mahasiswa yang bisa jadi akan lebih besar dari ummat 212.

Berpikirlah yang jernih Bapak Presiden.
Jangan sampai keluar dari mulut buaya, masuk ke mulut harimau.
Makin cepat mengeluarkan Perppu, makin cepat diimpeachment.
Makin lama mengeluarkan Perppu, makin besar gelombang unjuk rasa. Ini akan dimanfaatkan para pendompleng dengan agenda tersendiri yang sekarang sudah kasat mata.

Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 05:55
Ane tunggu laporan aja gimana akhirnya

profile-picture
profile-picture
samsol... dan rob.pedro memberi reputasi
2 0
2
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 06:10
enak bener jadi anggota hewan perwakilan bangsad, tinggal lempar bola panas ke presiden, ongkang2 kaki, dapet pensiun pula
profile-picture
profile-picture
samsol... dan rob.pedro memberi reputasi
2 0
2
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 06:18
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Terbitin perpu aja
tapi tunggu anggota dewan terhormat yang sekarang diganti dulu
toh cuman bentar lagi

Lempar lagi ke DPR bola panasnya
ane ngakak aja baca berita Fadli Zon ceng-ceng-in Joko soal ketemu dengan mahasiswa. Padahal dia andil juga dalam pengesahan RUU KPK.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
codimo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 06:50
Gerak salah, gak gerak juga salah. Serba salah memang kalau jadi pemimpin di negeri ini. Oraang-orang yang kelihatan membantu pada dasarnya juga ingin mencari keuntungan sendiri. Sama-sama gerak sendiri-sendiri dah
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 07:21
Quote:Original Posted By bolang30076
KPK itu ibarat pisau yang tajam, dimana tergantung penggunanya, jika yg menggunakan pisau tersebut orang baik maka hasilnya akan baik, digunakan untuk mengolah makanan, jika berada di tangan orang jahat maka bisa digunakan untuk menyakiti orang lain.. yg jadi masalah adalah apakah orang2 KPK itu semuanya baik?? tidak ada yg tahu, karena tidak ada yg bisa "mengaudit" KPK, semuanya hanyalah manusia biasa yg bisa melakukan kesalahan dan khilaf.. yg mgkn bisa dilakukan adalah rotasi orang2 KPK agar tidak memegang kekuasaan terlalu lama, itu bahaya..


setujuh...wong inspektorat daerah pemda ajah bisa kongkalikong sama pemda, soalnya mereka ada yg eks pemda juga.
Pengetahuan soal penggembosan apbd (pas masih di pemda) bukannya dipake buat nangkapin koruptor, malah dipake buat ngelit dari BPK emoticon-Hammerhammer

Klo kek gitu, yang audit harus dari satuan tugas khusus untuk audit ya keknya?emoticon-Malu
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 08:43
ehe... gmn ini negara
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 08:55
Maju mundur mentok emoticon-Big Grin
Ini lah sulitnya menjadi wayang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
rob.pedro dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 09:12
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Terbitin perpu aja
tapi tunggu anggota dewan terhormat yang sekarang diganti dulu
toh cuman bentar lagi

Lempar lagi ke DPR bola panasnya
ane ngakak aja baca berita Fadli Zon ceng-ceng-in Joko soal ketemu dengan mahasiswa. Padahal dia andil juga dalam pengesahan RUU KPK.

emoticon-Ngakak


tanggal 1 udah diganti dpr yg lama hehe
tetapi sami mawon muka lama masih mendominasi, yg saya kutuk saat pemilihan dpr semua cuek sama orangny g mles nyari background , saat dpr merancang ruu kuhp semua mnghujat padahal pilihan orang di dpr y hasil pencoblosan kita
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 09:57
Kemaren beliau sudah mengatakan bahwa akan mempertimbangkan masukan dari tokoh2 dan ahli2, kemudian akan di kalkulasikan dalam tempo secepat nya, supaya bs diputuskan.
Kita tunggu saja hasil nya
profile-picture
profile-picture
rob.pedro dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 10:01
Quote:Original Posted By gini23
Kadung ditolak tuh, gimana dong? Solusi laennya apa gan?


nggak ada gan kecuali memutuskan ruu kuhp di batalkan bukan di tunda ....

Kalo uu kpk rada riskan tuk di olah lagi kecuali ada putusan mk

Setidaknya itu bisa meredakan situasi sementara emoticon-Ngakak
Diubah oleh samsol...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caseopia dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 10:18
Cara koruptor
Klo orang kpknya aparat & pns kan enak ngaturnya tinggal vc aj bereslah emoticon-Betty
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 10:19
Tumben nih gada memenyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jokermainstream dan rob.pedro memberi reputasi
2 0
2
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 10:28
Quote:Original Posted By RTAK.II
dilema jokowi
terbitkan perpu membuat dewan dan partai marah dan akan mengganggu hubungan legislatif dan eksekutif kedepannya
tidak terbitkan perpu dan mengabaikan demo bisa2 mahasiswa yang marah dan kecewa gabung sama 212 untuk memperbesar kekuatan dan tuntutannya bukan lagi tentang revisi uu
benar kata masinton amatiran semua pembantu jokowi
kenapa revisi uu kpk langsung disahkan bukannya ditahan dulu sambil lempar isu revisi kpk ke publik dan lihat reaksi publik untuk menjadi alasan disahkan atau tidak disahkan revisi uu kpk


Inilah yg disebut dengan senjata makan tuan gan emoticon-Betty
Siap2 korban jiwa aj ini keknya
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rob.pedro dan jokermainstream memberi reputasi
2 0
2
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 12:43
Quote:Original Posted By kingoftki
nunggu kpk sebagus mk ditangan akil mohtar


hah??? emoticon-Bingung
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 13:01
Percayakan saja ke presidennya, dia sendiri bisa melihat situasi kan emoticon-Ngacir
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 15:46
pusing juga ya gan klo gini, Jokowi kaya makan buah simala kama. duku mahasiswa gak bakal dimusuhi parlemen. dukung parlemen bakal didemo lebih gede.
jadi berapa persen kemungkinan mahasiswa bisa menggagalkan pengesahan RKUHP dan RUU yang lainnya?
atau berapa persen kemungkinan Mahasiswa dapat kesepakatan yg bagus dengan presiden?
profile-picture
profile-picture
samsol... dan rob.pedro memberi reputasi
2 0
2
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
30-09-2019 16:27


Quote:Original Posted By primawidhie
Tumben nih gada memenyaemoticon-Leh Uga


Agan tau sendiri kan resiko nya apa emoticon-Takut
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Presiden diminta tahan diri terbitkan Perppu KPK
01-10-2019 00:27
Quote:Original Posted By iorveth
Ya gak lah. DPR kan isinya bkn cuma gerindra dan pks. Lebih banyak lg yg dukung jokowi. Masa iya mereka mau presiden terpilih kader partai yg belum lg dilantik sdh digulingkan duluan. Rugi bandarrr


Namanya juga cocoklogi bang, jangan dibawa serius wkwkw...
Btw bang, emang ngaruh ye ke calon DPR yg satu kapal sama presiden yg digulingin? Kirain klo calon DPR dah kepilih wlpn presiden satu tim koalisi gak bakalan ngaruh, udah ngcup kursi gitu
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia