CanduTeknoAvatar border
TS
CanduTekno
10 Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Ampuh 2019

Komputer kalian lemot? Atau sering lag? Nah bagi kalian yang memiliki komputer lemot dan sering lag, kalian masuk kedalam artikel yang benar, karena pada saat ini saya akan membahas tentang Cara Mengatasi Komputer Lemot.

Komputer yang lemot akan sangat mengganggu apalagi jika kalian sedang melakukan tugas penting dengan komputer itu tapi tiba-tiba komputer tersebut lag, sehingga menyebabkan keterlambatan tugas kalian.

Penyebab komputer lemot sendiri dipengaruhi banyak faktor, namun biasanya komputer akan lemot jika umurnya sudah tua dan tidak sanggup menjalankan tugas yang diberikan.
Bisa juga virus yang mempengaruhi komputer lemot, bisa juga karena memori penyimpanan hampir penuh, dan banyak software yang tidak terpakai, dan lainnya.

Nah bagi kalian yang sedang mencari solusi menangani komputer lemot, Silahkan simak artikel ini baik-baik.

10 Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Ampuh 2019

1.Cek Media Penyimpanan
Seperti yang saya katakan diatas, Penyebab Komputer Lemot bisa saja terjadi akibat memori penyimpanan penuh, sehingga file-file baru tidak bisa disimpan dengan baik hingga menyebabkan system crash.

Pastikan sisa memori kalian sebesar 15% agar ada sisa ruang yang tersedia untuk cache file, sehingga komputer kalian tidak akan lag.

Jika media penyimpanan kalian penuh, hapus saja file atau folder yang tidak berguna agar tidak memenuhi Hardisk kalian.

2.Stop Program Tidak Penting Pada Start Up

Saat pertama kali menyalakan komputer biasanya sudah ada program yang otomatis berjalan dilatar belakang, nah program-program inilah yang perlu kalian awasi.
Jika program tersebut tidak penting bagi komputer kalian, kalian bisa menutup program tersebut agar hemat RAM dan Memori Pemrosesan.

Bagi kalian pengguna windows kalian bisa melakukannya dengan cara dibawah ini.
Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka task Run.
Pada program Run, ketikkan “msconfig” lalu tekan Enter.

Selanjutnya akan muncul program baru yaitu “System Configuration”. Lalu kalian Pilih tab “Startup”.

Pada tab itu, kalian akan menemukan beberapa program yang akan aktif otomatis ketika Windows melakukan startup.

Hilangkan saja tanda centang pada software yang tidak penting bagi komputer kalian.
Setelah itu, klik OK, lalu kalian akan menemui 2 pilihan, mau langsung me-restart komputer atau mau keluar dulu dari program System Configuration tanpa restart.

Jika me-restart langsung, maka efeknya bisa langsung kalian rasakan langsung setelah restart.

3.Tambah Kapasitas RAM Komputer
Seperti yang kalian ketahui komponen RAM sangat penting bagi pemrosesan program komputer, semakin tinggi ukuran RAM yang digunakan maka semakin baik, selain ukuran ram kalian juga perlu memperhatikan Kecepatan RAM.

Semakin tinggi semakin baik, namun semakin mahal pula harganya, Nah bagi kalian yang akan meng-upgrade RAM pastikan hal RAM nya sesuai dengan kebutuhan kalian.

4.Menghapus Temporary File
Temporary File bisa kalian temukan pada harddisk kalian, dan file ini cukup besar ukurannya sehingga berpotensi menjadi sampah didalam harddisk kalian, Nah agar kapasitas memori kalian selalu terjaga, Maka kalian bisa menghapus File ini menggunakan Tool Disk Cleanup.

5.Gunakan SSD

Bagi kalian yang mengalami booting OS lambat atau transfer file lambat, kalian bisa meng-upgrade media penyimpanan kalian.

Jika sebelumnya kalian menggunakan Harddisk sebagai media penyimpanan, maka sekarang kalian bisa menggunakan SSD sebagai penggantinya agar Kecepatan Komputer kalian bertambah.

Saat ini banyak SSD murah yang dijual dimarketplace seperti tokopedia dan bukalapak, kalian bisa membelinya disitu.

6.Upgrade Prosesor Kalian
Nah, jika komputer lemot yang kalian alami sudah sangat parah dan mengganggu mental kalian, kalian bisa langsung melakukan upgrade pada prosesor kalian.

Biasanya komputer yang sering lemot itu prosesornya sudah tua dan usang, seperti prosesor pentium 4 atau prosesor i3 keluaran awal.

Prosesor lawas tersebut memang sudah mulai ditinggalkan saat ini, karena kecepatannya sudah berkurang dan tidak cocok digunakan untuk Tahun 2019, karena prosesor itu adalah otak dari komputer, jika otak kita sudah menua pasti kita akan semakin lemot nah hal ini juga berlaku pada prosesor komputer.

7.Defragment Harddisk Secara Berkala
Selain meng-upgrade media penyimpanan ke SSD, kalian juga bisa melakukan defragment harddisk secara berkala setiap bulan agar kesehatan harddisk kalian selalu terjaga dan kecepatannya stabil.

Letak file pada komputer tersimpan secara acak, nah hal ini mempengaruhi kecepatan proses data dari harddisk, untuk mengatasinya kita harus melakukan defragment harddisk agar data-datanya bisa dikelompokan kembali, sehingga proses pembacaan harddisk akan menjadi lebih cepat.

8.Hapus Software Yang Tidak Terpakai
Agar komputer kalian lebih rapi dan lebih smooth, kalian bisa mencoba menghapus Beberapa software yang sudah tidak kalian gunakan agar memberikan memori tambahan ke harddisk.

9.Install Antivirus

Sudah saya jelaskan diatas bahwa virus juga bisa memperlambat kinerja komputer, maka dari itu saya sarankan kepada kalian untuk meng-install antivirus agar komputer kalian terhindar dari virus yang memperlambat komputer kalian.

Banyak sekali antivirus gratis yang bisa kalian gunakan diluar sana, jadi kalian tidak perlu khawatir jika tidak memiliki uang untuk membeli antivirus.

Cukup install 1 program antivirus saja, karena program antivirus memakan RAM yang cukup besar.

Quote:


10.Ganti Pasta Prosesor dan Bersihkan Komputer
Selain virus, penyebab komputer lambat ternyata bisa berasal dari Panas prosesor komputer. Untuk itu kita harus selalu membersihkan komputer agar terhindar dari debu kotor yang masuk dari luar.

Jika pasta prosesor kita sudah kering, atau sudah tidak berfungsi dengan baik. Kita wajib menggantinya dengan yang baru, gunakan pasta prosesor yang agak mahal sedikit agar bisa memberikan performa pendinginan yang baik.

Selain itu kalian juga perlu memperhatikan airflow didalam casing komputer, agar hardware komputer kalian tidak kepanasan, pastikan Airflow In dan Out Take kalian seimbang.
Kesimpulan
Nah itulah cara memperbaiki komputer lemot agar kembali normal, cara diatas bisa kalian ikuti dan bisa bekerja dengan baik jika kalian melakukannya dengan benar.

Ikutilah cara diatas jika komputer kalian mengalami lag atau lemot, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian dalam menangani masalah komputer.

Jangan Lupa

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Imlekemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Diubah oleh CanduTekno 27-09-2019 03:52
adelianzw
rizkibimos
lonelinesssoul
lonelinesssoul dan 2 lainnya memberi reputasi
3
6.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.