• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Mengenal San Marino, Negara Dengan Peringkat Sepak Bola Terburuk Di Dunia

powerpunk
TS
powerpunk
Mengenal San Marino, Negara Dengan Peringkat Sepak Bola Terburuk Di Dunia


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) baru saja merilis peringkat sepak bola negara - negara di dunia yang menjadi anggotanya. Indonesia sendiri menempati peringkat ke -167 dari 210 negara anggota FIFA, turun sebanyak tujuh peringkat dibanding data yang dirilis pada bulan Juli lalu. Posisi ini masih jauh lebih baik ketimbang posisi terendah timnas pada 2015 yang lalu yang sempat merosot tajam ke peringkat ke 179 dunia.


Sementara itu, timnas Belgia menduduki peringkat pertama dengan 1752 poin, disusul Perancis dengan 1725 poin, lalu Brasil dengan 1719 poin. Lantas, siapa yang menduduki peringkat paling buncit? Diperingkat ke - 210 atau posisi paling buncit ditempati oleh negara dengan kode FIFA SMR, yakni San Marino dengan 835 poin. Lalu, bagaimana sih kiprah timnas San Marino hingga bisa menduduki posisi paling buncit di klasemen FIFA?

Wajar jika negara yang terletak di Benua Eropa dan dibawah konfederasi UEFA ini menjadi negara dengan peringkat terendah didunia. Populasi penduduk yang sangat kecil mungkin menjadi salah satu penyebab sehingga sepak bola di negara ini juga kurang berkembang. Meski demikian, tetap saja mereka tak bisa dipandang sebelah mata. Sebagaimana dikutip dari Wikipedia,sepak bola San Marino pernah meraih posisi terbaiknya pada bulan September 1993 dengan meduduki peringkat ke 118, jauh lebih bagus ketimbang posisi sepak bola Indonesia saat ini.

Negara yang telah bergabung dengan FIFA sejak tahun 1998 ini menjalani pertandingan resmi perdananya pada Kualifikasi Piala Eropa tahun 1992 melawan Swiss. Kala itu San Marino kalah empat gol tanpa balas. Masih dikutip dari Wikipedia, satu - satunya kemenangan terbesar timnas ini yakni kala mereka mampu mengalahkan timnas Liechtenstein dengan skor 1 - 0 pada saat pertandingan persahabatan yang berlangsung pada bulan April 2004. Sedangkan kekalahan terbesarnya adalah kala takhluk dari timnas Jerman 13 gol tanpa balas pada bulan September 2006.



Meski Federasi Sepak Bola San Marino sendiri telah ada sejak tahun 1931 namun mereka baru membentuk timnas pada tahun 1986. Setelah bergabung dengan FIFA, mereka pun diberikan kesempatan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Dunia. Pada kesempatan pertamanya tersebut, San Marino berada satu group dengan negara - negara yang punya sejarah sepak bola bagus. Dipertandingan pertama, San Marino harus menelan kekalahan 10 - 0 dari Norwegia. Meski begitu, dipertandingan berikutnya timnas ini mampu mencetak gol pertamanya kala melawan Turki meski pertandingan diakhiri dengan kemenangan timnas Turki dengan skor 4 - 1.

Tak cukup sampai disitu. Pada kualifikasi tersebut, San Marino bahkan mencetakkan sejarah dengan menceploskan gawang ke timnas Inggris saat pertandingan baru berjalan sekitar 8,3 detik; meski pada akhirnya harus takhluk dengan skor akhir 7 - 1. Kala itu, gol cepat tersebut merupakan rekor gol tercepat sepanjang sejarah kualifikasi Piala Dunia. Pada tahun - tahun berikutnya, San Marino selalu mengikuti kualifikasi Piala Dunia maupun Piala Eropa meski selalu meraih hasil buruk. Dengan prestasinya tersebut, pemain dengan jumlah gol terbanyak di timnas ini diraih oleh Andy Selva dengan total jumlah hanya 8 gol dari 65 kali penampilan bersama timnas sejak tahun 1998, disusul kemudian dengan Manuel Marani yang mencetak 2 gol dari 34 kali penampilan bersama timnas.


Pada 2017, timnas ini bahkan menorehkan sejarah dengan konsisten tak pernah sekalipun menang dalam 13 tahun penampilannya. Selama 13 tahun tersebut, sebanyak 75 pertandingan mereka ikuti, 74 pertandingan berakhir dengan kekalahan dan 1 pertandingan lainnya berakhir imbang. Sehingga tak heran, timnas ini selalu menjadi bulan - bulanan timnas lain, dengan siapapun mereka bermain. Dan tak heran pula jika mereka mendapat ranking timnas terburuk dari federasi sepak bola dunia, FIFA.





Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini, Ini, Ini, dan Ini





Diubah oleh powerpunk 28-09-2019 16:30
endryashscreamo37davecchio
davecchio dan 6 lainnya memberi reputasi
7
14.7K
126
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.8KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.